5 Cara Merawat Gigi yang Benar dan Sering Disarankan Dokter Gigi

Discussion in 'Health & Medical' started by jagain, Jun 28, 2023.

  1. jagain

    jagain Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    69
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Perawatan gigi wajib dilakukan dengan hari hari agar tidak merusak lapisan gigi dan membuat gigi berlubang. Untuk mencegah gigi dari berbagai masalah, anda perlu menerapkan kebiasaan perawatan yang tepat mulai dari menyikat hingga memeriksanya secara rutin. Berikut cara apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat gigi sesuai dengan anjuran para dokter.

    Tips Merawat Gigi agar Tidak Berlubang

    1. Menggosok Gigi

    Seperti yang diketahui bahwa menggosok gigi ialah salah satu cara yang tepat dalam merawat gigi. Kegiatan ini perlu dilakukan secara teratur sebanyak 2 kali sehari selama 2 menit. Kebiasaan ini bisa dimulai setiap pagi setelah sarapan. Akan tetapi, sangat disarankan untuk menunggunya sekitar 30 hingga 60 menit sebelum menggosok gigi khususnya setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam.

    Dengan menunggu selama beberapa menit, anda dapat mencegah gigi dari enamel atau lapisan pelindung gigi dari kikisan. Sebab, makanan atau minuman yang bersifat asam tidak akan terangkat ketika menggosok gigi. Selain itu, menggosok gigi sebelum tidur di malam hari bisa menghilangkan kuman serta plak sisa makanan atau minuman.

    2. Memilih Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

    Pemilihan pasta gigi yang tepat wajib dilakukan dengan penuh pertimbangan agar perawatan gigi bekerja secara maksimal. Dalam hal ini, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride agar pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang terhambat. Disamping itu, kandungan fluoride mampu memperkuat enamel sehingga gigi tahan terhadap plak dan asm penyebab kerusakan gigi.

    3. Menggunakan Obat Kumur dengan Tepat

    Obat kumur atau cairan pembersih mulut dapat membersihkan sela-sela pada gigi yang sulit dijangkau oleh benang gigi atau sikat gigi. Disamping itu, berkumur dengan obat kumur antiseptic mencegah pembentukan plak serta penyakit gusi. Sebaiknya, penggunaan obat ini dilakukan satu kali sehari.

    4. Tidak Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Manis Berlebihan

    Perawatan gigi perlu disertai dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman manis. Sebab, makanan atau minuman manis dapat meningkatkan produksi asam yang merusak enamel. Disamping itu, kebiasaan tidak menggosok gigi setelah makan atau minum yang manis membuat sisa-sisanya menempel pada gigi lebih lama. Hal inilah yang merusak gigi lebih cepat dan wajib dihindari.

    5. Memeriksa Gigi secara Rutin

    Meski telah melakukan berbagai perawatan gigi, pemeriksaaan gigi ke dokter gigi secara rutin juga sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan plak yang terlewat ketika menggosok gigi atau dengan benang gigi. Dokter akan melakukan scalling untuk menghilangkan karang gigi yang sulit dibersihkan secara berkala.

    Itulah tips apa saja yang perlu dilakukan dalam merawat gigi mulai dari menggosok gigi, memilih pasta gigi, obat kumur hingga pemeriksaan gigi secara rutin ke klinik dokter gigi terdekat. Pemeriksaan gigi dapat berjalan secara maksimal jika anda telah memilih dokter gigi yang terpercaya. Anda dapat memilih Damessa sebagai klinik gigi berkualitas dan berpengalaman.

    Reservasi sekarang juga di website Damessa di sini : https://damessa.id
     
    Last edited by a moderator: Jul 1, 2023
Loading...

Share This Page