5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Discussion in 'General Lifestyle' started by Septiano Pratama, Apr 29, 2021.

  1. Septiano Pratama

    Septiano Pratama New Member

    Joined:
    Feb 4, 2021
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagaimana cara meningkatkan daya ingat anak? Daya ingat atau Memori adalah bagian penting dalam membangun fondasi yang kokoh untuk pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas. Memiliki daya ingat yang baik dapat membantu anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah, berprestasi dalam ujian, dan mencapai nilai yang lebih baik.

    cara-meningkatkan-daya-ingat-anak.jpg

    Tetapi keterampilan ingatan yang tajam bukanlah sesuatu yang dimiliki sejak lahir — keterampilan ini berkembang dan meningkat semakin sering digunakan. Seperti keterampilan lainnya, latihan membuat menjadi sempurna.

    CARA MENINGKATKAN MEMORI KERJA BAGI SISWA
    Memori yang efektif dipecah menjadi dua bagian:
    • Ingatan jangka pendek
    • Ingatan jangka panjang
    Memori jangka pendek membantu siswa memproses dan mengingat informasi baru sehingga mereka dapat menangani tugas yang ada.

    Informasi ini ditransfer ke memori jangka panjang siswa, yang membantunya mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suatu topik.

    Siswa yang kesulitan mengingat biasanya mengalami kesulitan dalam mengatur informasi dan mengembangkan pemahaman yang bermakna tentang suatu topik. Hal ini dapat menyebabkan anak-anak tertinggal di kelas, yang menyebabkan pergumulan yang berkelanjutan di dalam kelas.

    5 CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK
    Gunakan 5 latihan dan tip berikut untuk cara membantu meningkatkan daya ingat anak Anda.

    MENDORONG PERTANYAAN
    Memahami suatu subjek adalah langkah awal untuk dapat mengingat materi. Mendorong anak Anda untuk mengajukan pertanyaan membantu memastikan dia mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tersebut. Ini juga membantu siswa mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah.

    BUAT RHIM DAN LAGU
    Bantu anak Anda membuat sajak, puisi, atau lagu dari informasi yang dia pelajari. Otak kita terhubung untuk mengingat musik dan pola, jadi menggunakan musik atau sajak dapat membantu anak Anda meningkatkan ingatan dan daya ingatnya.

    BUAT BELAJAR MENARIK
    Dorong antusiasme anak Anda dalam belajar dengan melakukan perjalanan ke perpustakaan untuk melihat-lihat buku atau video tentang berbagai subjek. Anda juga bisa mengunjungi museum atau galeri seni. Jika anak Anda tertarik dengan materi yang dia pelajari, akan lebih mudah untuk mengingatnya di kemudian hari.

    MENDORONG PEMBELAJARAN AKTIF
    Jadikan pembelajaran lebih menarik bagi anak Anda dengan mengadakan diskusi tentang berbagai topik, bertanya kepada anak Anda apa yang dia pikirkan. Hal ini mendorong siswa untuk menyimpan informasi dalam pikiran mereka cukup lama untuk menjawab pertanyaan tentangnya, membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis sambil meningkatkan daya ingatan.

    GUNAKAN BANTUAN VISUAL
    Dorong anak Anda untuk menggunakan alat bantu visual untuk membantunya mengingat informasi yang baru saja dibaca atau didengar. Buat kartu flash yang berisi kata atau gambar — ini dapat digunakan untuk latihan mencocokkan atau untuk mempraktikkan definisi kata.

    Baca selengkapnya: http://bit.ly/cussons-kids
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,728
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Sepertinya ini adalah tips yang bagus untuk guru TK, SD,SMP
    Mengingatkan dulu teman SD sampai kelas 3 belum bisa baca, tapi di kelas 5 dan 6 justru dapat rangking di kelas.
     
Loading...

Share This Page