5 Cara Mengedit Video yang Mudah Dilakukan, Cobain Yuk!

Discussion in 'Video' started by andiharamain, Sep 9, 2021.

  1. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Kemampuan dalam mengedit video saat ini semakin banyak dibutuhkan, terutama dalam industri kreatif. Di tengah pesatnya perkembangan era digital seperti sekarang ini, konten video seakan menjadi raja di tengah jenis hiburan lainnya.

    Terbukti, akun content creator populer di YouTube saat ini rata-rata telah memiliki jutaan subscribers. Karena itu, banyak yang ingin mulai belajar cara mengedit video agar dapat menciptakan konten video yang menarik dan menghibur.

    Jika kamu ingin mencobanya, berikut adalah cara mengedit video secara mudah terutama untuk pemula. Simak uraiannya berikut ini.

    Belajar Program Edit Video

    Pertama, kamu tentu membutuhkan program atau aplikasi ngedit video di laptop untuk mulai mengedit video. Ada banyak pilihan aplikasi edit video yang dapat kamu gunakan, seperti Adobe Premiere Elements atau Wondershare Filmora yang cukup mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Jika sudah menguasainya, kamu bisa secara bertahap mencoba versi yang lebih advanced, yaitu Adobe Premiere Pro.

    [​IMG]

    Sebenarnya, apa pun aplikasi yang digunakan, yang terpenting adalah kamu sudah menyusun ekspektasi akan seperti apa video kamu nanti. Tentunya, kamu membutuhkan referensi dengan menonton banyak video kreatif lainnya dan tentu juga disesuaikan dengan materi raw video-nya.

    Apakah kamu akan menciptakan video high resolution untuk keperluan marketing sebuah produk atau video sinematik yang memiliki alur cerita tersendiri? Tentu akan berbeda penanganannya.

    Pastikan Semua Materi Video Tersusun Rapi

    Saat mengedit video, kamu tentu membutuhkan banyak footage dari raw video-nya untuk melalui proses editing dalam satu video. Agar kamu tidak kesulitan, pastikan semua materi tersusun rapi. Buat dengan penomoran atau nama yang berbeda untuk memudahkan kamu menemukan materi yang sesuai.

    Selain itu, setelah kamu selesai mengedit, buat penomoran baru lagi agar tidak bingung mencarinya. Pastikan kamu membuat folder untuk menyimpan file video yang sudah diedit. Kamu bisa memisahkan file yang masih mentah (raw material) dan file yang sudah edited dalam folder yang berbeda. Kamu juga bisa memisahkan setiap footage per scene untuk memudahkan kamu menyusunnya nanti. Ini berlaku untuk short video maupun feature video.

    Susun Sequence

    Di aplikasi video mana pun, kamu diharuskan menyusun sequence video. Dalam Adobe Premiere Pro, misalnya, akan ada dua format file dalam satu panel sequence, yaitu video dan audio. Kedua file ini disatukan agar padu dan membentuk video yang sempurna. Kamu bisa menambahkan musik, footage video, serta editan yang kamu inginkan di sini. Hasilnya pun dapat kamu putar dan ulang hingga kamu menemukan editan yang pas.

    Rendering

    Jika proses mengedit sudah selesai, selanjutnya kamu melakukan proses rendering. Hal ini harus dilakukan karena file video yang sudah kamu edit dalam aplikasi editing video belum perlu disatukan menjadi video utuh. Proses ini disebut render dan wajib dilakukan untuk mendapatkan file video menjadi format .mp4 .avi, dan lain-lain.

    [​IMG]

    Rendering biasanya memakan waktu yang cukup lama, tergantung spesifikasi laptop yang kamu gunakan dan juga seberapa panjang videonya. Karena itu, saat rendering berlangsung, penting untuk menjaga laptop tetap menyala, karena proses rendering dapat berlangsung hingga berjam-jam. Pastikan juga kamu tidak membuka aplikasi lain saat rendering berlangsung karena ada kemungkinan proses rendering gagal akibat kesalahan sistem.

    Jangan Takut Mencoba

    Terpenting saat kamu mengedit video di laptop adalah jangan takut mencoba. Apa pun hasilnya, hasil video tersebut adalah bagian dari usaha kamu dalam menguasai proses editing video. Semakin banyak berlatih mengedit video, kamu akan semakin mahir dan mudah melakukannya.

    Jika saat mengedit kamu merasa ada transisi yang kurang pas, lakukan proses editing lagi sampai terasa pas. Ingat, mengedit video adalah proses yang panjang dan dibutuhkan ketekunan untuk menguasainya.

    Itulah cara mengedit video untuk pemula yang dapat kamu coba. Selain menguasai program edit video, kamu juga perlu memiliki laptop yang mampu mendukung kebutuhan edit video kamu. Seperti Acer Swift 3ˣ yang memang dirancang untuk para pekerja kreatif. Dilengkapi dengan layar yang dilengkapi fitur rentang warna hingga 72% untuk keakuratan warna dan daya tahan baterai hingga 16 jam, sudah pasti kamu dapat memaksimalkan proses mengedit video tanpa kendala.

    Yang paling penting, laptop ini juga disematkan kartu grafis Intel® Iris® Xe MAX Graphics dengan performa 30% lebih baik berkat 4GB Dedicated Memory and Intel® Deep Link Technology yang mampu memberikan pengalaman terbaik dan merealisasikan kreasi video kamu menjadi maksimal. Laptop Acer Swift 3ˣ bisa kamu dapatkan di Acer e-Store, e-commerce, dan retail tertentu.
    Itulah kelima cara mengedit video yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Yuk, maksimalkan kreativitas editing video kamu dan semakin maksimal dengan laptop Swift 3ˣ.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,830
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Aplikasi adobe premier tidak gratis ya
    software edit video yang gratis dan ringan apa ya, selama ini kalau bikin video pake aplikasi smartphone
     
  3. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ada banyak kok yang gratis, tp memang secar fitur gk selengkap dari premier, ini salah satu yang sy rekomendasiin :
    1. iMovie
    2. VSDC
    3. Shotcut
    4. Filmora
    5. Blender
     
    blackking and ziuma like this.
  4. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,533
    Likes Received:
    230
    Trophy Points:
    63
    terima kasih infonya mas @andiharamain
    selama ini saya ngeditnya di video editor bawaan dari windows 10

    tapi kayaknya harus coba yang lain lagi. saya baru belajar edit video untuk content youtube
     
  5. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    siap bang, semoga membantu, memang klo bawaan dari windows 10 agak lebih ringan penggunaanya karena emng compatible bgt di windows 10, tp klo mau improve lg skill editing emng mesti belajar lg software yg lain
     
  6. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  7. Ibnu Ayun

    Ibnu Ayun New Member

    Joined:
    Apr 15, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pake VN di HP juga lumayan gan. mudah dipakenya
     
Loading...

Share This Page