5 Cara Mahasiswa Agar Hidup Makmur Hingga Akhir Bulan

Discussion in 'General Internet' started by Samuel Samuel93, Nov 9, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kehidupan Mahasiswa (sumber: shutterstock.com)​

    Ada banyak sekali masalah dan keluhan mahasiswa setiap akhir bulan. Banyak dari mereka yang mengeluhkan menipisnya uang saku dan bahkan habis. Hal ini menyebabkan banyak sekali mahasiswa yang terpaksa mengkonsumsi makanan instan seperti mie instan. Namun sayangnya mie instan sangat berbahaya jika dikonsumsi terus menerus atau dalam jangka panjang.

    Masalah mahasiswa di akhir bulan adalah masalah yang wajar, dan bahkan masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah asalkan ada kemauan. Jika seorang mahasiswa memiliki kemauan yang besar untuk hidup lebih sejahtera. Berikut ini adalah 5 cara simpel agar mahasiswa bisa hidup makmur hingga akhir bulan:

    Buat Daftar Pengeluaran


    Cara pertama yang harus dimiliki mahasiswa adalah membuat daftar pengeluaran. Cara ini memang agak remeh namun bisa bermanfaat bagi mahasiswa, sehingga mereka bisa mengatur keluar masuknya uang setiap minggu. Dahulukan kebutuhan yang benar-benar penting seperti makan, buku, dan pulsa. Mahasiswa membutuhkan 3 hal tersebut untuk menunjang kelangsungan hidupnya, sehingga wajib bagi mereka untuk memprioritaskan kebutuhan tersebut.

    Menabung Setiap Hari


    Menabung adalah sebuah kebiasaan yang harus dilakukan semua orang, tidak mengenal usia, pekerjaan ataupun gender. Bagi seorang mahasiswa, menabung bisa dijadikan sebuah jalan keluar untuk meminimalisir kehabisan uang saku di akhir bulan. Dengan menabung mahasiswa bisa memiliki simpanan uang hingga akhir bulan.


    Seorang mahasiswa bisa menabung paling tidak Rp. 3000,- hingga Rp. 10.000 per hari. Kalikan saja uang tabungan itu selama 25 hari, tentu hasilnya bisa dipergunakan untuk makan hingga tutup bulan. Cara ini bisa membantu mahasiswa untuk terhindar dari uang saku yang defisit tentunya, sehingga mereka tidak perlu berhutang pada teman-temannya lagi.


    Buka Bisnis Bersama Teman


    Membuka bisnis adalah sebuah ide yang bagus dan bisa direalisasikan bersama teman. Mahasiswa memiliki banyak sekali peluang bisnis, namun banyak sekali dari mereka yang tidak menyadarinya. Bisnis kecil-kecilan bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk membuat hidup mahasiswa lebih baik dari sisi finansialnya. Bahkan banyak sekali mahasiswa yang membuka bisnis, mampu untuk menghidupi diri mereka sendiri tanpa ada campur tangan orang tua. Tentu hal ini akan sangat membanggakan serta sangat bermanfaat di masa mendatang.


    Jika tidak ada waktu untuk mengurus bisnis kesana kemari, maka mahasiswa juga bisa menyiasatinya dengan membangun bisnis online. Manfaatkan gadget dan platform gratis, karena media tersebut akan sangat membantu seorang mahasiswa untuk mampu hidup mandiri dari segi ekonomi. Mereka bisa membangun sebuah bisnis online, dan bahkan menggunakan sistem dropshipper. Bahkan menjadi seorang pebisnis online untuk produl-produk tertentu tidak membutuhkan modal untuk berjualan, melainkan kepiawaian dalam berbicara dan menjelaskan tentang spesifikasi produk dengan baik.


    Bekerja Part-Time


    Bekerja part-time mampu memperbaiki kondisi finansial seorang mahasiswa, terutama pada akhir bulan alias di tanggal tua. Mahasiswa bisa bekerja part-time di kafe atau bahkan di kampus. Paling tidak mereka mampu menghasilkan uang walaupun hasilnya tidak sama dengan pegawai kantoran atau pekerja full-time.


    Dengan bekerja part-time mahasiswa juga bisa mulai mengenal dunia kerja dan sedikit mencicipi bagaimana bentuk sebuah profesionalisme dalam dunia kerja. Selain itu dengan bekerja part-time, mahasiswa juga bisa belajar untuk mampu bekerja di bawah tekanan. Hal ini juga didukung oleh banyaknya lowongan kerja sebagai part-time atau sebagai seorang freelancer yang sudah tersedia secara online.


    Hindari Hutang


    Hutang bisa kamu lakukan jika benar-benar mendesak, namun jangan jadikan hutang sebagai jalan keluar dalam masalah keuanganmu. Sebaiknya seorang mahasiswa menghindari meminjam uang pada teman, karena hal ini akan memperburuk kondisi finansial jika dilakukan secara terus-menerus. Jika kebutuhan benar-benar sudah mendesak dan harus segara dipenuhi, sebaiknya carilah jalan keluar dengan bekerja part-time atau bisa meminta uang kepada orang tua jika memang tidak ada jalan lain. Bekerja dan mengatur pengeluaran akan jauh lebih baik dan lebih membantu perekonomian, ketimbang harus meminjam uang kepada teman atau orang tua.


    Jika kamu seorang mahasiswa yang merantau dan jauh dari orang tua, sebaiknya pandai-pandailah dalam memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada. Jadilah mahasiswa yang kreatif dan inovatif, agar nantinya mampu berkembang pesat ketika sudah bergabung dalam dunia kerja. Jadilah mahasiswa yang mampu memanfaatkan peluang bisnis, dan status mahasiswa juga tidak akan mengahalangimu untuk menjadi seorang pengusaha. Karena menjadi seorang pengusaha muda, merupakan salah satu cara mahasiswa agar hidup makmur hingga akhir bulan. Semoga Bermanfaat!
     
  2. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Wah kayanya ini sih pengalaman banget ya hihi, bener juga tuh mending hindari deh hutang, karena wajib dibayar loh jangan mudah tergiur suasana sekitar, harus hidup prihatin agar tidak menyusahkan orang tua
     
  3. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Kerja part time jadi ojek online saya rasa cocok untuk mahasiswa
     
Loading...

Share This Page