5 Cara agar Gaji Tak Numpang Lewat

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, Sep 28, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    094764100_1474346944-Hemat-maksimal.jpg

    Jakarta -
    Apa yang biasanya Kamu perbuat saat baru gajian? Sebagian orang langsung menyisihkan uang untuk bayar tagihan. Ada yang langsung memakainya untuk membeli barang yang telah lama diidamkan.

    Apapun prioritas Anda, jangan hingga gaji bulanan hanya numpang lewat. Membikin biaya sebelum menerima gaji dapat membikin Kamu menikmati gaji lebih lama. Bakal tetapi bagaimana caranya? Simak trik supaya gaji selain numpang lewat semacam dikutip dari www.cekaja.com, Senin (26/9/2016):

    1. Bagi-bagi

    Bukan berarti Kamu membagi-berikan gaji Kamu ke orang lain. Tetapi segera seusai menerima gaji, bagilah pendapatan menjadi berbagai tahap antara lain cicilan, kenasiban sehari-hari, tabungan, amal, serta hiburan. Kemudian tentukan presentase dari setiap tahap.

    Menurut perencana keuangan, porsi yang pas untuk mengatur gaji merupakan menyisihkan 40 persen untuk keperluan pokok, 20 persen untuk simpanan masa depan, serta 10 persen untuk pengeluaran tidak terduga, 10 persen untuk amal serta investasi, serta 10 persen untuk hiburan.

    2. Memilih prioritas

    Membayar cicilan atau utang merupakan prioritas utama karena jika tidak langsung dibayar, Anda akan dikenai denda. Setelah mengurangi untuk cicilan, prioritas kedua biasanya terdapat pada kebutuhan sehari-hari seperti uang makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan lain sebagainya.

    3. Pisahkan tabungan

    Supaya uang tabungan tidak terpakai, sebaiknya pisahkan rekening tabungan dengan rekening uang belanja. Bila tidak mau uang tabungan terpotong uang administrasi setiap bulannya, saat ini sudah ada produk perbankan syariah tanpa biaya administrasi dan bunga.

    Karena murni sebagai dana simpanan, Anda tidak perlu membawa kartu ATM rekening tabungan ke mana-mana. Ini untuk menghindari agar Anda tidak tergoda memakai uang tabungan tersebut.

    4. Menyiapkan dana cadangan

    Salah satu hal yang membuat gaji numpang lewat adalah saat terjadi kejadian tak terduga. Misalnya Anda jatuh sakit dan asuransi kesehatan tidak menanggung biaya, maka mau tidak mau Anda harus merogoh kocek sendiri. Oleh karenanya, penting untuk memiliki dana cadangan supaya uang tabungan tidak terkuras.

    5. Menyisihkan untuk amal dan berinvestasi

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sisihkan lima persen untuk investasi dan lima persen untuk amal. Misalnya untuk membantu masyarakat yang tidak punya akses kesehatan, kegiatan keagamaan, dan sumbangan untuk bencana alam.

    Kemudian supaya masa depan keuangan Anda makin terjamin, salurkan 10 persen gaji melalui saluran investasi, deposito, atau unit-link.

    Jika Anda tipe konservatif, pilihlah reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang. Sedangkan jika Anda suka risiko, belilah reksa dana saham atau saham.

    Selain mempraktikkan kelima tips di atas, hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah konsisten dan disiplin. Jadi, sudah bukan alasan lagi kalau jadi cuma numpang lewat.
     
  2. yamor xi

    yamor xi Member

    Joined:
    Jun 6, 2015
    Messages:
    55
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    keren tips nyaa *keren1*
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    bagus nih tipsnya, saya bookmark
     
  4. naninaneo

    naninaneo New Member

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    tips yang bagus banget meskipun gaji gue gk umk tetep bermanfaat tipsnya
     
  5. hanum18

    hanum18 Member

    Joined:
    Apr 8, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
  6. Galih87

    Galih87 Member

    Joined:
    Oct 3, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Nyoba nabung yg ga ada atmnya..
    HTML:
    
    
     
  7. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    sebagian gaji saya, saya sisihkan untuk investasi biar ga cpt habis
     
Loading...

Share This Page