4 Skill untuk Berkarir di Digital Marketing

Discussion in 'Internet Marketing' started by Abu Ubaidillah, Jul 10, 2021.

  1. Abu Ubaidillah

    Abu Ubaidillah New Member

    Joined:
    Apr 14, 2019
    Messages:
    30
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Dewasa ini, dunia bergerak ke arah digital. Hal yang paling terasa adalah semakin gencarnya berbagai perusahaan melakukan aktivitas pemasaran melalui dunia digital, yang kita kenal sebagai digital marketing. Para pelaku digital marketing pun harus mengetahui sejumlah skill dasar agar berhasil dalam usaha memasarkan produk dan jasa.

    Nah, jika kamu baru saja lulus kuliah alias fresh graduate dan ingin berkarir di dalam dunia digital marketing, kamu tentu juga harus mengetahui berbagai skill dasar tersebut. Kali ini, ChatAja merangkum enam kemampuan yang harus kamu miliki untuk bekerja di dunia digital marketing.

    1. Memahami Prinsip SEO

    Salah satu skill utama untuk berkarir di dunia digital marketing adalah dengan mengetahui prinsip dasar dari Search Engine Optimization atau SEO. Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website yang kita miliki pada mesin pencarian.

    Sebagai permulaan, kamu harus mengetahui bagaimana fungsi keyword atau kata kerja dalam meningkatkan traffic pada sebuah website. Oleh karena itu, kamu harus mencari keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak website yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tahap keyword research, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools dan masih banyak tools cek backlink domain lainnya.

    Jika kamu memiliki pengetahuan teoritis dan pengalaman dalam SEO, kamu bisa memulai karir dalam dunia digital marketing sebagai SEO Specialist!

    2. Kemampuan Menulis

    Hal yang juga tidak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan menulis dan bercerita, atau dalam bahasa kerennya: copywriting dan storytelling.

    Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentu akan menarik sejumlah pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak bisa muncul begitu saja.

    Oleh karenanya, kamu harus memulainya sedini mungkin. Selain membiasakan diri membaca, beberapa caranya adalah dengan membuat sebuah blog pribadi dan menulis cerita atau ide yang kamu punya. Mengirimkan tulisan ke media juga bisa membantu kamu mempertajam skill yang penting ini.

    Jika kamu merasa unggul dalam bidang ini, kamu bisa memulai karir kamu sebagai Content Writer!

    3. Analisis Data dengan Google Analytics

    Skill yang juga tidak bisa dilepaskan dari dunia digital marketing adalah kemampuan menganalisis data atau data analytics. Kemampuan ini penting kamu miliki, mengingat data yang tersedia ketika kamu bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Adapun tool yang umum digunakan dalam digital marketing adalah Google Analytics.

    Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari sebuah website. Dengan Google Analytics, kamu bisa mengetahui data terkait session duration, pages per session hingga bounce rate dan lainnya. Dari data yang disediakan, kamu juga bisa mengetahui behaviour atau kebiasaan pengunjung website sehingga kamu bisa mengatur strategi untuk meningkatkan conversion pada website kamu.

    Kalau kamu merasa cocok dengan aktivitas menganalisa data, kamu bisa bekerja sebagai Data Analyst!

    4. Menguasai Media Sosial

    Dalam digital marketing, website bukan satu-satunya media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran. Kegiatan promosi melalui media sosial (medsos) juga menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Medsos digunakan mulai dari membangun awareness terhadap produk yang kita pasarkan, hingga menggaet calon pembeli ke halaman transaksi produk kita.

    Kamu bisa menggunakan berbagai platform medsos seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk menawarkan produk kamu kepada para pengguna. Apalagi, platform tersebut telah menyediakan fasilitas berupa akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa. Kamu juga bisa mengatur target audience untuk menyesuaikan profil pengguna medsos dengan produk yang kamu tawarkan.
     
  2. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    109
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    informasi yang sangat bermanfaat gan
     
Loading...

Share This Page