4 Fungsi Akuntansi yang Amat Berguna Bagi Pengusaha UMKM Pemula

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by vorex, Oct 23, 2017.

  1. vorex

    vorex New Member

    Joined:
    Oct 9, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Akuntansi bukan sekedar sebagai pencatatan keuangan bagi perusahaan maupun usaha. Namun ada banyak hal penting yang bisa diperoleh dari perhitungan akuntansi, terutama bagi usaha kecil dan menengah atau yang lebih dikenal UKM. Meskipun, hingga saat ini banyak pelaku UKM yang belum sadar untuk melakukan proses akuntansi dan menjalankan fungsi akuntansi pada usahanya.

    Padahal, peranan akuntansi cukup penting dalam menjalankan setiap usaha. Agar usaha bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka Anda diharuskan untuk melakukan pencatatan dengan baik dan benar. Karena, dengan begitu Anda bisa memantau kondisi akuntansi keuangan usaha dengan sebaik mungkin.

    Berikut beberapa hal penting mengapa UKM harus melakukan proses akuntansi dan menjalankan fungsi akuntansi dengan baik.

    • Mendapatkan Modal Usaha

    Dengan memiliki catatan akuntansi yang baik, maka akan mudah dalam mendapatkan modal usaha baik dari pemerintah maupun dari kreditur serta dari investasi.

    • Alat Pengambil Keputusan

    Selain itu, dalam pencatatan akuntansi yang baik dan benar, catatan tersebut dapat dijadikan sebagai alat pengambil keputusan bagi keberlangsungan usaha yang Anda jalankan.

    • Untuk Mengembangkan Usaha

    Catatan akuntansi yang berupa laporan keuangan bisa dijadikan sebagai alat pertimbangan untuk pengembangan usaha. Disinilah pentingnya akuntansi.

    • Mengetahui Kondisi Keuangan Usaha

    Dengan memiliki catatan akuntansi, maka Anda bisa melihat seberapa jauh kondisi keuangan usaha Anda pada setiap periode. Berbeda, jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, maka Anda akan sangat sulit untuk memantau keuangan usaha milik Anda.

    Ada beberapa alasan, mengapa software pembukuan atau software akuntansi menjadi alasan tepat untuk membantu usaha Anda.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,757
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Wah ternyata akutansi itu penting yah, padahal istri saya menjadi guru akutansi jasanya berarti besar menjadi guru akutansi membuat para calon akuntan mendorong usaha menuju yang lebih baik
     
  3. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kalau saya sendiri sih ga spesifik pake akuntan banget, yg penting karyawan bisa nulis kuitansi dan laporan uang masuk dan keluar
     
    AyuRahmawati likes this.
  4. bakul degan

    bakul degan New Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    bener ka utk membangun bisnis, administrasi itu penting, krn utk melihat seberapa bagus manajemen usaha kita...
     
    Kurniawati likes this.
  5. AyuRahmawati

    AyuRahmawati Member

    Joined:
    Nov 2, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    itu masuk akuntansi dasar juga ko, jadi lebih sederhana dari system akuntansi perusahaan
     
  6. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Kalau difikir" sih memang penting banget ya adanya pembukuan akuntansi yg rapi, bisa untuk acuan ambil keputusan juga sebagai Pengusaha
     
  7. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Bener banget, dengan pembukuan keuangan yg bagus, pemilik usaha jadi lebih tahu untung, rugi, dan perkembangan perusahaan, sehingga bisa membantu dalam mengambil keputusan penting
     
  8. EuisTea

    EuisTea Member

    Joined:
    May 28, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    kebanyakan orang tidak menggunakan cara di atas...
     
  9. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    belum banyak orang yang paham dengan sistem akutansi
     
  10. Intan Wulandari

    Intan Wulandari Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Setuju, UKM pemula startup perlu melakukan pembukuan yg bagus yaa biar lebih profesional
     
  11. masdeal

    masdeal Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Betuul,, administrasi dan accounting itu sangat penting, gak peduli apakah dia hanya pelaku usaha kecil, atau bahkan pelaku usaha yang masih pemula.
    Setelah berkembang, dan nanti pencatatan keuangan secara manual dirasa sudah keteteran, baru bisa beralih menggunakan software accounting.
     
  12. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Akutansi memang penting sih dalam berusaha. Dengan akutansi kita akan menjadi tahu berapa keuntungan dan juga kerugian yang kita dapatkan. Nah dalam melakukan hal ini, butuh juga ketelitian yang tinggi juga. Kalau gak mau ribet, boleh pakai aplikasi atau software juga kok. Sudah banyak yang bermunculan hehehe
     
  13. Surya Semesta

    Surya Semesta Member

    Joined:
    Jul 11, 2018
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    akuntansi adalah kunci atau indikator yang sangat penting bagi bisnis
     
  14. Budi Mahadana

    Budi Mahadana New Member

    Joined:
    Jul 4, 2018
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bagus ini infonya untuk org yang buat bisnis sendiri juga
     
  15. adiproject

    adiproject Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    115
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page