4 Alasan Mengapa Bisnis Online Perlu Membuat Konten Video

Discussion in 'Online Business' started by Webpraktis, Apr 5, 2016.

  1. Webpraktis

    Webpraktis New Member

    Joined:
    Mar 15, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]


    Belakangan ini, penggunaan konten video sebagai strategi digital marketing mengalami peningkatan yang drastis. Banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton video di Youtube. Sehari-harinya, Anda juga dapat melihat konten video yang dibagikan melalui social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path hingga media chatting seperti Line dan WhatsApp. Sebagai pebisnis online, Anda harus peka terhadap perkembangan zaman. Terlebih lagi Anda berkecimpung di dunia bisnis online yang sangat dinamis dan mengikuti perilaku para pengguna internet. Membuat konten video memang tidak mudah, untuk itu Anda perlu mengetahui 4 alasan mengapa bisnis online perlu membuat konten video berikut ini.

    1. Video dapat dilihat kapan pun dan di mana pun. Saat ini, para pengguna internet tak hanya mendapatkan informasi suatu produk atau layanan melalui televisi saja. Perkembangan zaman membawa teknologi yang digunakan semakin berkembang. Salah satunya adalah video yang bisa dilihat dimana-mana. Hanya perlu perangkat yang memiliki koneksi internet, para pengguna internet bisa melihat sebuah informasi. Di rumah, di jalan, di kantor, ataupun sedang melakukan aktivitas. Jadi, menggunakan sebuah video untuk melakukan story telling dengan pelanggan adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan promosi bisnis online.

    2. Konten video dapat mencipatakan hubungan emosional dengan siapapun yang melihatnya. Sebuah konten video dapat membawa seseorang menangis atau menginspirasi mereka hanya dengan menyaksikannya. Walaupun dengan durasi yang singkat, gambar, audio dan narasi yang digabungkan dalam bentuk video akan menjadi pengalaman yang menarik dan menyampaikan pesan yang lebih nyata. Sebagai pebisnis online, Anda perlu menyadari alasan mengapa bisnis online perlu membuat konten video tersebut agar dapat terhubung dengan pengguna internet dan dapat membangun kredibilitas merek dan daya tarik jangka panjang.

    3. Video dapat meningkatkan branding. Sebuah konten video yang baik tentunya menyertakan informasi mengenai brand Anda. Dengan menciptakan konten video yang menceritakan tentang kisah inspiratif mengenai kelebihan brand Anda, hal ini dapat menjadi bahan pembicaraan bagi orang yang menyaksikannya sehingga tercipta interaksi yang diinginkan. Video yang Anda buat kemudian menjadi semakin bernilai jika Anda dapat menyediakan pengetahuan yang berguna bagi para penikmat videonya.

    4. Konten video yang Anda buat dapat menggapai pasar yang lebih luas. Pengunjung Youtube dan lainnya tentu saja datang dari berbagai kalangan dan umur yang memiliki kepentingan masing-masing. Sebelum membuat konten video, pastikan bahwa Anda telah memiliki target market yang jelas dan spesifik karena Anda juga bisa mempromosikan konten video bisnis online Anda ke berbagai social media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya. Social media tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka dari itu buatlah konten video yang sesuai dengan follower social media Anda.

    Setelah mengetahui alasan mengapa bisnis online perlu membuat konten video, kini mulailah belajar untuk membuatnya. Membuat konten video saat ini sudah sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan skill dan software khusus, bahkan orang awam sekalipun bisa membuatnya hanya dengan menggunakan aplikasi video pada smartphone yang dimilikinya.


    Oleh Webpraktis
     
  2. sulistya

    sulistya Member

    Joined:
    Mar 21, 2016
    Messages:
    93
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    saya juga masih sangat bingung untuk membuat sebuah video tutorial padahal memang sangat penting untuk mencoba berpromosi melalui video apalagi dapat di monetize *peace*
     
  3. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Masih belum bisa bikin video bgtu, gaptek
     
  4. Hape

    Hape Member

    Joined:
    Jan 20, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Video emang penting den, tapi buatnya yang susah hehee
     
Loading...

Share This Page