3 Solusi Bagi yang Tidak Mampu Bayar Cicilan Mobil

Discussion in 'General Business' started by OmAgus, Apr 23, 2015.

  1. OmAgus

    OmAgus New Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pembukaan: Kita tahu musibah dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika sedang berusaha melunasi cicilan mobil. Tapi yang belum banyak diketahui, menjual dengan oper kredit ke orang lain, apalagi membiarkan mobil diambil kembali oleh kreditur, bukan lah solusi mutlak.

    Lantas apa solusinya?
    Selain oper kredit, masih ada jalan lain yang bisa ditempuh seperti restrukturisasi kredit dan refinancing. Yuk intip rincian masing-masing cara yang sudah tersedia di banyak bank kenamaan:



    Restrukturisasi Kredit
    atau penyusunan kembali mekanisme kredit
    Apa saja yang bisa disusun kembali?
    1. Suku bunga - dapat diturunkan.
    2. Jangka waktu kredit - dapat diperpanjang.
    3. Fasilitas kredit - misalnya pengurangan tunggakan.

    Permohonan restrukturisasi tak bisa diajukan sembarang orang. Bank akan meneliti dulu masalah kredit debitur. Karenanya debitur harus menjelaskan seterang-terangnya soal kondisi keuangan dan kesulitan yang dialami.

    Jadi siapa saja yang bisa mengajukan restrukturisasi kredit?

    Kriteria penilaian layak-tidaknya seseorang menerima restrukturisasi* adalah sebagai berikut:

    1. Memiliki kesulitan membayar kewajiban pokok dan atau bunga kredit.

    2. Punya niat baik dan kooperatif, alias tidak akan lari dari kewajiban. Kalau kelihatan ogah-ogahan membayar, tentunya bank emoh.
    3. Punya prospek usaha yang baik danatau terlihat mampu membayar setelah kredit disusun ulang.

    *Tercantum dalam peraturan BI Nomor 14/15/PBI/2012


    Refinancing Kredit
    alias mengajukan kredit dengan perhitungan baru
    untuk mengganti kredit lama
    Jadi gali lubang tutup lubang dong?
    Memang hampir seperti itu. Tapi bila diperhitungkan dengan benar, refinancing bisa jadi solusi untuk cicilan mobil yang tidak bisa kita bayar.

    Keuntungannya:

    • Terhindar dari risiko masuk blacklist Bank Indonesia karena gagal bayar kredit
    • Nominal angsuran lebih kecil untuk masa pembayaran yang lebih panjang, sehingga membayar terasa lebih ringan
    • Dapat dana segar sebesar paling tidak 80% harga pasaran mobil yang sedang dicicil
    Kekurangan refinancing kredit:
    • Suku bunga yang ditetapkan lebih besar dari suku bunga kredit sebelumnya
    • Terdapat macam-macam tambahan biaya untuk komisi pengurusan refinancing
    • Dikenakan denda dobel (dari kredit baru plus kredit lama) kalau kesulitan mengangsur lagi

    Angsuran lebih kecil tidak menjadikan refinancing solusi yang murah. Rasanya memang lebih ringan karena masa pembayaran yang lebih panjang. Tapi dengan bunga lebih besar serta biaya ini-itu jumlah pinjaman Anda jadi lebih besar. Jadi, p
    astikan kondisi keuangan Anda cukup kuat untuk membayar beban utang baru. Banyak-banyak berkonsultasi sebelum memutuskan untuk refinancing

    Oper Kredit
    alias menjual mobil kepada orang lain
    yang akan meneruskan membayar cicilan

    Kelebihan Oper Kredit:

    • Lebih mudah dan cepat dibanding refinancing atau restrukturisasi kredit.
    • Dapat dana segar dari hasil penjualan.

    Kekurangan Oper Kredit:

    • Harga mobil jatuh bahkan bisa jauh lebih rendah dari harga pasaran. Meski ada uang hasil penjualan, Anda tetap rugi sebab hasil penjualan tidak menutupi jumlah yang sudah dikeluarkan untuk membayar cicilan mobil tsb.
    • Tentunya mobil tidak jadi milik Anda lagi

    Akhir Kata…
    Terlepas dari adanya pilihan solusi atas masalah cicilan mobil itu, sebaiknya kita memang berhati-hati sebelum memutuskan beli mobil baru lewat kredit. Hitung secara cermat pendapatan dan pengeluaran per bulan untuk menyesuaikan pembayaran cicilan. Sebab, sekali bermasalah dengan cicilan, meski ada solusi, proses untuk mengatasi masalah itu akan menyedot waktu, pikiran, dan tenaga yang tidak sedikit.

    Diskusi bisa membuka wawasan dan mencerahkan pikiran. Jangan sungkan-sungkan untuk sampaikan pendapat atau bertanya-tanya. Yuk kita bahas sama-sama.

    Sumber:
    blog.duitpintar.com/tidak-mampu-bayar-cicilan-mobil-ini-solusinya
     
    Last edited: Apr 23, 2015
  2. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,530
    Likes Received:
    229
    Trophy Points:
    63
    kalau untuk kredit mobil kayaknya susah untuk diperpanjang, soalnya umur mobil kan juga terbatas.
    paling lama kredit mobil mungkin 4 tahun, karena harganya akan cepat turun. beda kalau kredit rumah mungkin bisa jangka panjang.

    yang paling enak itu memang KTA
    Kredit Tanpa Angsuran he he he
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,151
    Likes Received:
    2,701
    Trophy Points:
    413
    @OmAgus tentunya nggak pernah kredit. Lihat FP-nya beruang :D
    Saya nggak berani kredit takut dgn debtcollector-nya.
     
  4. Jarkone

    Jarkone Member

    Joined:
    Mar 31, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Ampun dah, ketimbang ngeredit. mending beli langsung saja.. *ketawa4**ketawa4**ketawa4*
     
  5. OmAgus

    OmAgus New Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Haha setuju Bro @ziuma mengenai Kredit Tanpa Angsuran. Itu pastinya jadi impian semua orang.

    Restrukturisasi memang jalur yang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. Biasanya ini jadi pilihan orang yang tidak mau kehilangan mobil karena kredit macet.

    @Kang Andre, hahaha iya nanti saya ganti FP. Tapi takutnya foto asli lebih nyeremin dari beruang itu, Kang. Anyways, sebenernya kredit ga semenyeramkan itu kok. Asal kita cek dulu, ada jaminan fidusianya atau tidak, seperti yang sudah diatur di UU No 42/1999 Hindarkan Jasa Mata Elang. Kalau mau lebih jelas bisa baca di sini, Kang.

    Amiiiin.. Semoga kita diberi rejekinya ya.
     
  6. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    kalau kredit ampe telat bayar, ini sebenarnya udah bener2 amsyong. Solusi akhirnya cuma diperpanjang sih
     
  7. Nurdiansyah

    Nurdiansyah New Member

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalau uang banyak pasti beli lah, masalahnya itu kita gaji pas"an tapi pengen punya mobil segala, hihii
     
  8. Rian Wijaya

    Rian Wijaya New Member

    Joined:
    Feb 18, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Betul gan , tapi kan ya namanya juga keinginan, jadi pengen lah punya mobil semua orang itu, masalahnya ada yg sabar ada yg ingin Instan hihi
     
  9. Ridwan Ramadhan

    Ridwan Ramadhan New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Aku juga pengen banget bisa punya mobil baru yg fresh hihi, selama ini pake mobil bekas pakai, udah tua lagi,, tapi alhamdulillah aja deh cukup ga kepanasan gak kehujanan
     
  10. Yuli Yulianti

    Yuli Yulianti New Member

    Joined:
    Feb 25, 2018
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah itu bagus, lebih baik bersyukur dibandingkan ingin tampil mewah tapi hati dan kehidupan jadi Susah, enak sih pake mobil baru tapi ya itu, cicilannya ga tahan deh
     
  11. Mozaix

    Mozaix Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    ini solusi paling tsakep
    hahahaha
     
  12. adrizal

    adrizal Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    51
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Klo belum mampu kredit mobil, mending kumpulin dulu uangnya trus langsung beli cash wkwk
     
  13. Glenn

    Glenn New Member

    Joined:
    Dec 25, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips ini bisa bantu banyak orang sih. Tapi menurutku lebih baik menabung buat beli mobil baru ketimbang berutang. Tentunya ini cara yang lebih ideal.
     
  14. Nusatour

    Nusatour Member

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    ane belum mampu beli .
    belum mampu ngerdit juga ane hanya mampu menerima kaalo ada yg ngasih

    Sent from my [device_name] using Bersosial.com mobile app
     
  15. Mohammad Nashiruddin

    Mohammad Nashiruddin Member

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    83
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Biaya buat kredit mobil mending ditabung deh, ketimbang ada perkara dikemudian hari.

    Lihat juga : LINK NGAWUR !!!
     
    Last edited by a moderator: Oct 5, 2018
  16. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    215
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Heemmm,... jadi inget kidah masa lalu ane nih,...
     
Loading...

Share This Page