3 Panduan Diet Sehat Golongan Darah O yang Perlu Anda Ketahui

Discussion in 'General Lifestyle' started by melisa, May 15, 2019.

  1. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Program diet sangat familiar di telinga kita, namun pernahkan Anda mendengar diet golongan darah? Diet golongan darah merupakan diet yang dilakukan dengan menerapkan pola makanan tertentu sesuai golongan darah yang dimiliki seseorang.

    Diet golongan darah digagas oleh seorang dokter naturopati bernama Peter D’Adamo dalam bukunya “Eat Right for Your Type: The individualized diet solution to staying healthy, living longer & achieving your ideal weight”.

    Menurut Peter, golongan darah dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Setiap golongan darah mencerna secara berbeda kandungan lektin atau sejenis protein pada makanan.

    Kandungan lektin pada makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan golongan darah, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti metabolisme menjadi lambat, perut kembung, dan munculnya penyakit. Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkan diet yang disesuaikan dengan golongan darah yaitu diet sehat golongan darah O, A, AB, dan B.

    Diet sehat golongan darah membahas berbagai makanan dan olahraga yang baik untuk masing – masing tipe golongan darah serta makanan dan jenis olahraga yang harus dihindari. Simak yuk bagaimana cara melakukan diet sehat golongan darah O berikut ini.

    [​IMG]
    3 Panduan Diet Sehat Golongan Darah O yang Perlu Anda Ketahui

    Umumnya, orang yang memiliki golongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi.

    Nah, untuk menerapkan diet sehat golongan darah O, Anda perlu mengetahui makanan yang baik dikonsumsi, makanan yang harus dihindari, serta olahraga yang direkomendasikan seperti berikut ini:

    [​IMG]

    1. Makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O

    Makanan yang baik untuk dikonsumsi pemilik golongan darah O adalah makanan tinggi protein. Makanan yang tinggi protein diantaranya daging, ikan, seafood, kacang – kacangan, susu, telur, keju, dan yoghurt. Daging dan ikan menjadi sumber protein hewani terbaik untuk menerapkan diet sehat golongan darah O.

    Konsumsi biji – bijian seperti padi dan kacang – kacangan sebaiknya dibatasi. Sayuran yang direkomendasikan untuk golongan darah O diantaranya bayam, buncis, kangkung, daun bawang, daun seledri, dan brokoli. Buah yang bagus untuk dikonsumsi golongan darah O adalah pisang dan mangga.

    Nah, makanan terbaik untuk menurunkan berat badan golongan darah O yaitu hati, daging merah, seafood, brokoli, bayam, dan kangkung.

    [​IMG]
    2. Makanan yang harus dihindari oleh golongan darah O

    Walaupun daging dan ikan direkomendasikan untuk dikonsumsi golongan darah O, ada beberapa jenis daging dan ikan yang perlu dihindari,yaitu daging babi, bacon (daging babi asap), ikan lele, ham, salmon asap, gurita, dan kaviar.

    Jenis biji – bijian dan kacang – kacangan yang perlu dihindari diantaranya jagung, gandum, kacang, merah, dan kacang navy. Sementara sayuran yang perlu dihindari yaitu kol, kentang, terong, sawi hijau, bunga kol, dan jamur shiitake.

    Buah – buahan yang perlu dihindari yaitu jeruk, melon, melon madu, kiwi, blewah, stroberi, jeruk, dan kelapa.


    3. Olahraga yang sesuai dengan golongan darah O

    Jenis olahraga yang cocok dengan golongan darah O adalah olahraga yang memerlukan ketahanan seperti berlari.

    Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Golongan Darah O?

    [​IMG]


    Hanya dengan menerapkan pola makan sesuai daftar yang telah disebutkan di atas tidak menjamin berat badan Anda langsung turun seketika. Namun, ada hal – hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu:

    - Saat mengonsumsi makanan sesuai daftar di atas, Anda tetap harus memperhatikan jumlah kalori dan keseimbangan nutrisinya.

    - Melakukan olahraga sesuai golongan darah dengan rutin.

    - Menerapkan pola makan dan olahraga dengan konsisten.

    - Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, Anda harus mengonsultasikannya dulu ke dokter.

    Nah, sekianlah pembahasan mengenai diet sehat golongan darah O dan semoga saja artikel diatas dapat bermanfaat yah, dan jika Anda ingin mencari informasi serupa maka bisa dilihat di website Gaya hidup pria dan wanita, selamat berpuasa.
     
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    109
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Ternyata tiap golongan darah pasti beda beda ya caranya?
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,196
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Golongan darah saya O, tapi saya gak mau kalau disuruh menghindari ikan lele, kalau yang lain, boleh lah,,,,
     
  4. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya bener gan beda beda porsi diet nya, tapi klo ane mah makan aja selagi makanan itu sehat dan kenyang ;)
     
  5. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Menurut ane mah selagi makanan itu sehat dan gak bikin alergi ya makan aja Gan, apalagi makanan itu udah jadi makanan favorit agan ;)
     
Loading...

Share This Page