Menyambangi Pulau-pulau Cantik di Teluk Lampung

Discussion in 'Tourism' started by layakbaca, May 16, 2014.

  1. layakbaca

    layakbaca Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa ini rasanya cocok saat Anda berkunjung ke Lampung. Cukup sehari menjelajah wisatawan bisa mengunjungi beberapa pulau cantik sekaligus di Teluk Lampung.

    [​IMG]

    Wisata laut dan pantai biasanya identik dengan Bali dan Lombok. Padahal di Lampung, tak jauh dari Jakarta, terdapat berbagai pulau cantik yang bisa Anda singgahi hanya dalam satu hari.

    Adalah Pulau Pahawang, Pahawang Kecil, Tanjung Putus, Kelagian, Balak, Loh dan Lunik, deretan pulau-pulau kecil di Teluk Lampung yang bakal menyuguhkan pemandangan luar biasa bagi wisatawan. detikTravel berkesempatan mengunjungi pulau-pulau tersebut beberapa waktu lalu.

    Tujuan utama kami adalah Pulau Pahawang Kecil. Pulai ini kini dikelola oleh seorang warga negara asing. Pulau tanpa penghuni ini tidak terlalu besar, dipenuhi oleh hutan magrove dan pantai pasir putih yang sebagian tertutup serpihan karang.

    Yang paling terkenal dari Teluk Lampung adalah Pulau Pahawang. Berbeda dengan Pulau Pahawang Kecil, Pulau Pahawang dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga. Pulau ini dikenal dengan hutan mangrovenya dan pantai pasir putih yang panjang. Pantai pasir yang memanjang akan timbul seperti pulau pasir di Pahawang Lunik bila air laut sedang surut.

    Pulau Pahawang sering dikunjungi untuk snorkeling atau sekedar santai di pasir putih. Keindahan terumbu karang dan ikan laut bisa dilihat hanya beberapa meter dari pinggir pantai. Perjalanan menuju Pulau Pahawang dapat dicapai melalui Dermaga Ketapang selama 40 menit. Jika wisatawan ingin menginap, beberapa rumah penduduk juga disediakan untuk homestay.

    Pulau lain yang menjadi primadona di Teluk Lampung adalah Pulau Tanjung Putus. Pulau ini dikenal karena ikan-ikannya yang narsis. Betapa tidak, wisawatan bisa menyapa ikan-ikan cantik tanpa harus snorkeling atau menyelam

    Pulau ini disebut Tanjung Putus karena dahulunya menyatu dengan daratan. Erosi membuat ujung daratan terputus membentuk pulau yang hanya dipisahkan beberapa meter saja. Selat kecil yang memisahkan pulau lantas banyak digunakan untuk budidaya ikan laut dalam keramba, dikarenakan arus dan ombak yang tenang. Salah satu dermaga menyajikan atraksi ikan yang serta-merta berkumpul bila ditaburkan makanan roti kering. Tanjung Putus juga merupakan base camp dari perkumpulan penyelam yang tergabung dalam club Corona Diving.

    Untuk sampai ke sana, ada dua pilihan perahu yang bisa disewa wisatawan, yakni perahu biasa dengan harga Rp 400 ribu dan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, dan perahu speed boat dengan harga Rp 500 ribu yang waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit jika langsung menuju Pulau Tanjung Putus.

    Pulau-pulau yang tak kalah cantik adalah Pulau Balak, Loh dan Lunik, yang terletak tak jauh dari Pulau Tanjung Putus. Ketiga pulau kecil ini mempunyai pasir pantai yang bersih dan putih. Beberapa spot snorkeling terdapat di antara Pulau Balak dan Loh. Dermaga tersedia di Pulau Balak, sedangkan di Loh dan Lunik tidak tersedia.

    Beberapa pulau ini bisa disambangi sekaligus dalam satu hari. Namun Anda butuh waktu lebih lama bila ingin lebih akrab dengan ikan-ikan cantik di Teluk Lampung dan mencoba snorkeling di beberapa spot.

    Perjalanan menuju pulau-pulau cantik di Teluk Lampung sendiri menjadi bagian dari wisata yang sangat menyenangkan. Apalagi jika perjalanan dilakukan menjelang matahari tenggelam. Pemandangan sunset menjadi hal yang begitu menyenangkan untuk diabadikan dalam foto.

    sumber
     
  2. Travel Umroh

    Travel Umroh Guest

    di indonesia banyak temapt-tempat berwisata yang sangat bagus dan indah tapi belum banyak di ekpos sama pemerintah
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    indonesia kaya akan tempat wisata yang sangat mempesona...
     
  4. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
  5. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    867
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Indonesia memang indah banget . . .
     
  6. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Ciman bisa bilang keeeereeen
     
  7. firman

    firman Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    335
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Di Lampung memang banyak pantai yg bagus
     
Loading...

Share This Page