Antara Konveksi Dan Garment

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by ratu galeri, Jul 23, 2014.

  1. ratu galeri

    ratu galeri New Member

    Joined:
    Jul 7, 2014
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Antara Konveksi Dan Garment

    Sampai saat ini tak banyak orang yang tahu apa arti sebenarnya dari sebuah konveksi. Sebagian hanya mengartikan bahwa bisnis konveksi merupakan suatu proses produksi barang dalam skala besar saja namun mereka hanya beranggapan bahwa barang yang diproduksi oleh konveksi adalah barang barang tertentu, dan cakupan barangnya sangat terbatas. Barang yang dihasilkan konveksi itu sendiri sebenarnya berupa pakaian, assesoris, perlengkapan dan lain sebagainya yang tentunya diproduksi dalam jumlah banyak serta dipasarkan dalam keadaan siap pakai, ini tidak diukur oleh banyaknya pesanan namun berdasarkan ukuran yang sudah di tentukan. Dalam hal ini Biasanya Bisnis konveksi disebut juga dengan Perusahaan Pakaian jadi. Produk unggulan yang dihasilkan oleh konveksi adalah pakaian/kaos/seragam yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

    Berbeda dengan proses garment, bisnis garmen merupakan suatu proses dimana kain atau barang setengah jadi dirubah menjadi barang jadi yang siap untuk dipakai. Prosesnya terdiri dari 3 bagian besar, yaitu proses pemotongan kain sesuai dengan pola pakian yang dinginkan, proses menjahit, dan yang terakhir proses perapian serta pemasang mata kancing, pemberikan bordir dan lain sebagainya. Dalam konveksi pun sama cara proses pembuatanny, yaitu memotong, menjahit dan merapikan, namun perbedaanya terdapat dalam skala pemproduksiannya, luas wilayah, serta jumlah barang produksi.
    [​IMG]
    Namun ada sedikit perbedaan lagi dari proses produksi garment dan konveksi seragam. Pada Garment, proses produksi dilakukan berdasarkan jenis prosesnya jadi memfokuskan satu kegiatan untuk dikerjakan banyak orang. Misalnya, ketika sedang menjahit lengan di baju, maka seluruh pekerja akan membuat (menjahit) lengan baju. Dan kemudian ketika proses memasuki tahapan membuat body baju, maka seluruh pekerja juga akan membuat body baju tersebut dan seterusnya. Sedangkan dalam konveksi, proses produksi dilakukan keseluruhan tiap-tipa pekerja berbeda-beda. Satu pekerja akan menjahit satu baju mulai dari lengan hingga body baju, dan seterusnya hingga menghasilkan satu pakaian utuh. Lalu setelah itu mereka akan menjahit potongan kain berikutnya hingga menjadi satu pakaian utuh lagi.

    Banyaknya pelaku bisnis yang memutuskan untuk menjadikan konveksi seragam atau jaket murah sebagai salah satu usaha yang ditekuni merupakan salah satu bukti nyata yang mengatakan bahwa minat mayarakat cenderung ke kegiatan konveksi dibandingkan dengan garment. Hal ini dikarenakan sebab usaha garmen tergolong sebgai usaha yang lebih besar dibandingkan dengan konveksi, dan tentunya secara otomatis pula dana yang disiapkan semakin besar dibandingkan dengan usaha konveksi. Banyaknya aspek bahan produksi yang dihasilkan juga membuat usaha konveksi sebgai usaha yang bisa diandalkan seperti seragam, kaos, celana, baju, busana muslim ,tas dan lain sebagainya
     
  2. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,409
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    enakan konveksi, temen saya ada tuh yang buka konveksi bikin tas. katanya lumayanan..
     
  3. aliefrezki

    aliefrezki New Member

    Joined:
    Dec 7, 2013
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya konveksi kenalnya di ..... *merokok2*, yang perpindah panas zat cair kan ?*ketawa4*
     
  4. dani11

    dani11 New Member

    Joined:
    Jul 26, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Milih konveksi juga aku, soalnya konsumen lebih suka belanja di konveksi sebab bisa nyesuain design dan ukurannya sendiri
     
  5. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Yang Penting Ulet dah gan, belajar dari pengalaman
     
  6. firman

    firman Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    335
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    mantap gan kalau bisnis konveksi
     
  7. outpost

    outpost Member

    Joined:
    Apr 11, 2014
    Messages:
    208
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    haduhh sekranga konveksi susah broo, byk masalahnya, karyawan keluar masuk, karyawan minta bayarin tinggi, karyawa gak betah karena konflik ama sesama karyawan dll, harga TDL naik trus, pendapatan dan tenaga yang dikeluarkan gak sebanding.
     
  8. Yogaferi

    Yogaferi New Member

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  9. Olin Collection

    Olin Collection New Member

    Joined:
    Oct 27, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    dulu aku kira sama antara konveksi dan garment, eh ternyata beda :)
     
  10. rinawati

    rinawati New Member

    Joined:
    Nov 18, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ooo..jadi itu ya bedanya,,,jadi tahu saya sekarang..
     
Loading...

Share This Page