Cara Hemat Makan Anak Kost

Discussion in 'General Lifestyle' started by Rasyid99, Nov 8, 2021.

  1. Rasyid99

    Rasyid99 Member

    Joined:
    Jul 9, 2016
    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Anda mengalami sebagai anak kost yang mengonsumsi nasi hanya dengan satu jenis lauk saja? Jika ya, maka itu merupakan hal wajar. Bahkan pernah juga hanya makan mie instan selama beberapa hari. Itu juga hal umum. Anda sendiri dalam mengelola keuangan saat ngekost. Cegah hal-hal yang bisa membuat uangmu cepat habis.

    Oleh karena itu, Anda wajib menjalankan strategi khusus agar anggaran atau uang anda tidak kebobolan. Apalagi saat di penghujung bulan. Berikut ini ada beberapa cara hemat makan anak kost yang semoga dapat membantu.

    1. Tulis di Buku Semua Belanja Anda

    Sebagian orang masih mengabaikan hal ini. Namun, bagi Anda yang ingin berhemat saat ngekost, maka mencatat pengeluaran atau belanja adalah hal penting. Anda bisa mengetahui secara pasti dan jelas aliran uang anda. Dari catatan tersebut, anda bisa menilai apakah uang yang anda keluarkan memang untuk kebutuhan atau hanya keinginan saja.

    Rutin mencatat pengeluaran baiknya setiap hari agar bisa konsentrasi dalam merekam hal yang anda lakukan pada hari itu. Lakukan secara cermat dan teliti. Dengan ini anda bisa memikirkan lagi apa saja yang memang menjadi kebutuhan utama. Selalu sesuaikan dengan dana yang anda peroleh dalam waktu tertentu.

    2. Siapkan Fast Food

    Makanan cepat saji ternyata dapat membuat anda berhemat. Karena makanan itu bisa anda simpan di dalam kulkas dalam beberapa hari. Otomatis anda tidak perlu repot belanja makanan di luar atau pesan makanan via online. Namun sebagai anak kost, anda tetap wajib mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur mayur.

    3. Biasakan Memasak Sendiri

    Anda yang bisa memasak harusnya sudah dapat menghemat pengeluaran. Karena dengan memasak sendiri, maka uang yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding anda membeli makanan di luar sebanyak 3 kali sehari. Anda bisa memasak bahan makanan olahan yang berada di kulkas.

    Uang yang dibutuhkan untuk bahan-bahan masakan lebih murah sehingga anda dapat berhemat.

    4. Membawa Bekal Makanan ke Kampus atau Kantor

    Siasat jitu untuk hemat makan anak kost adalah selalu membawa bekal makanan ke tempat kuliah atau kerja anda. Anda bisa memasak di kost dan bawa serta ke tempat kuliah atau kantor. Anda dapat menghemat uang dan tenaga saat istirahat. Anda tidak khawatir antri beli makanan di kantin atau warung.

    Siapkan makanan yang hendak dijadikan bekal pada saat pagi atau malam. Bila malam, maka anda bisa menyimpannya dulu di kulkas, kemudian di pagi harinya dipanaskan sebentar.

    Itulah tadi tips atau cara hemat makan anak kost. Semoga bermanfaat.

     
    Last edited: Nov 9, 2021
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Sewaktu masih di jakarta dan mengontrak kamar untuk tidur, makan beli beras masak sendiri pake magic jar
    lauknya kadang beli kadang bikin sendiri, paling mudah telor dadar
     
  3. M. Iqbal A.

    M. Iqbal A. New Member

    Joined:
    Jun 3, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Dulu tahun 2003 waktu ngontrak jaman kuliah di Depok pernah bikin anggaran Rp3.500 per minggu:
    - puasa setiap hari
    - tiap hari beli nasi uduk Rp500 buat dimakan sahur dan buka

    Pada akhirnya ada pilihan lain yang juga murah tapi juga tidak seekstrem itu yaitu bawa kentang kering pedas dari rumah lalu dicampur nasi buat makan tiap hari. Pernah juga nasi campur margarine.
     
  4. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ingat waktu masih kos jaman kuliah dulu, biasanya saya makan warteg di siang hari, alhamdulillah selalu kenyang dan tidak lapar sampai malam. Caranya saat makan itu setiap 1 suap lauk, usahakan diimbangin dengan nasi 3-4 suap hahaha
     
  5. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Anak kost apalagi yang masih mengandalkan jatah dari orang tua memang kudu pintar-pintar mengatur keuangan. Untuk menghemat anggaran makan, dulu sama teman satu kosan masak bareng. Menu lauknya ala kadarnya dengan tahu tempe sebagai menu wajib. Meski asupan gizinya kurang yang penting perut kenyang hahaha...
     
Loading...

Share This Page