Menulis adalah Jalan Ninjaku

Discussion in 'Education' started by Tomii, Sep 11, 2022.

  1. Tomii

    Tomii New Member

    Joined:
    Sep 5, 2022
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Hello everyone my name is Tomii, this is my first thread here on this forums. Today, I want to try talk about communications in my first article. I hope it will be a nice impression for me, I'm so sorry if my first paragraph using English, it's just for have fun, so enjoy it guys.

    Menurut artikel dari Prodi Ilmu Komunikasi, Fisipol Universitas Medan Area mengenai jenis komunikasi, terdapat 4 kategori utama gaya komunikasi. Di antaranya yaitu lisan, nonverbal, tulisan dan visual.

    1. Lisan
    Komunikasi lisan merupakan jenis komunikasi yang paling umum terjadi di masyarakat. Konsep komunikasi lisan atau verbal yaitu mentransfer informasi melalui proses berbicara secara langsung.

    2. Nonverbal
    Jenis komunikasi kedua yaitu nonverbal, yaitu bentuk komunikasi dengan bahasa tubuh untuk menyampaikan informasi. Bentuk komunikasi ini paling sering digunakan oleh seseorang yang tuna wicara.

    Walaupun demikian, umumnya semua orang pernah melakukan komunikasi secara nonverbal. Contoh komunikasi nonverbal misalnya senyum, mengangguk, alis berkerut, dll.

    3. Visual
    Jenis komunikasi ketiga yaitu komunikasi visual. Konsep komunikasi dalam mentransfer informasi dilakukan melalui media berupa visual seperti foto, gambar, dll. Dalam beberapa kasus, komunikasi visual akan lebih mudah dipahami.

    Namun dalam kasus lain, mungkin tidak semua orang dapat memahami cara komunikasi dengan cara visual. Sebagai contoh, dalam grafik dan chart mungkin sebagian orang akan mudah memahami maksudnya.

    Tetapi dalam bentuk lukisan, tidak semua orang dapat menafsirkan maksud yang ingin disampaikan oleh pelukis dalam lukisannya.

    4. Tulisan
    Terakhir, salah satu jenis komunikasi yang umum digunakan yaitu dalam bentuk tulisan. Konsep dari komunikasi ini yaitu mentransfer informasi melalui tulisan.

    Dalam beberapa kasus, berkomunikasi dengan media tulisan biasanya dilakukan seseorang yang tidak terlalu baik dalam berkomunikasi lisan, visual maupun nonverbal.

    Menurut saya pribadi, menulis adalah jalan ninjaku untuk menyampaikan informasi. Hal ini karena dengan menulis, energi yang saya perlukan lebih sedikit daripada harus berbicara secara langsung.

    Di sisi lain, imajinasi pun tidak cukup baik untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui visual. Oleh karena itu, untuk dapat menyampaikan informasi kepada khalayak saya lebih tertarik menulis dalam blog pribadi Blog Mas Tom maupun nitip tulisan di Halotom.

    Bagaimana denganmu, apakah menulis juga menjadi jalan ninjamu?
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Kalau seluruh thread pakai bahasa Inggris mungkin akan dihapus karena ini forum khusus bahasa Indonesia. Dulu ada versi internasional full bahasa Inggris (pakai domain lain) :D
     
  3. Tomii

    Tomii New Member

    Joined:
    Sep 5, 2022
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Tapi kalau pembukaan doang sekalian buat ngasah kemampuan menulis bahasa Inggris gapapa lah ya KangAndre? hehe
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau telepati termasuk jenis komunikasi bukan ya.
     
  5. Tomii

    Tomii New Member

    Joined:
    Sep 5, 2022
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Menarik, kira-kira masuk gk yaa??
    Jika mengacu kepada hasil riset yang telah dilakukan orang, telepati diyakini ada, tetapi pembuktian secara ilmiah masih perlu dilakukan.

    Adapun alasan dari kemungkinan telepati itu dapat dilakukan karena dalam diri manusia itu terdapat elektromagnetik. Untuk lebih lengkap bisa dibaca artikel berikut di sini, atau publikasi jurnal internasional berikut ini.
     
    blackking likes this.
  6. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    312
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    kirain ini thread supaya bisa jadi ninja *boring*tapi lumayan sih jadi belajar soal komunikasi.. semoga menjadi ninja eh penulis yang hebat *kerja*
     
Loading...

Share This Page