6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

Discussion in 'General Lifestyle' started by Lucky2807, Apr 1, 2022.

  1. Lucky2807

    Lucky2807 Member

    Joined:
    Feb 3, 2019
    Messages:
    51
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak - Meningkatnya kebutuhan hidup serta tingginya harga segala sesuatu membuat banyak orang semakin membutuhkan pengajuan kredit. Dan diantaranya adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan pinjaman jaminan gadai BPKB motor ke leasing. Proses pengajuan yang begitu cepat dan mudah menjadi alasan bagi mereka yang ingin mengajukan kredit dengan KTA. Anda hanya perlu melengkapi persyaratan serta mengisi formulir pengajuan saja sambil menunggu hasil persetujuan dari pihak bank.

    [​IMG]

    Akan tetapi, pernahkah pengajuan kredit Anda di tolak tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini tentu saja membuat Anda penasaran. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit pastikan Anda ketahui 6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak berikut ini.

    Penyebab dan Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

    Gagalnya Verifikasi

    Di dalam pengisian formulir pengajuan kredit, Anda pasti akan diminta menuliskan biodata diri Anda serta nomor telefon yang bisa di hubungi. Baik itu nomor telefon tempat Anda bekerja maupun nomor pribadi Anda. Pastikan nomor yang Anda tulis dalam formulir itu benar dan bisa dihubungi. Nomor ini nantinya akan digunakan oleh pihak bank untuk memverifikasi data diri Anda. Gagalnya verifikasi terjadi karena pihak bank tidak bisa menghubungi nomor yang Anda berikan. Jadi selalu pastikan memberikan nomor telefon yang siap menjawab dan dapat memberikan informasi yang valid mengenai data diri Anda.

    Penipuan atau Fraud
    Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk memalsukan data diri ketika Anda akan mengajukan kredit. Apabila Anda melakukan penipuan, bisa dipastikan pengajuan kredit Anda ditolak, karena pihak bank akan memverifikasi terlebih dahulu sebelum pengajuan kredit Anda disetujui. Untuk itu, pastikan seluruh data informasi serta dokumen yang Anda cantumkan harus benar adanya.

    Dokumen Tidak Terbaca
    Meskipun semua dokumen yang diminta oleh pihak bank sudah Anda berikan, pengajuan kredit Anda tetap tidak akan bisa berjalan jika ada dokumen yang tidak bisa di baca dengan jelas. Hal ini terjadi karena adanya masalah ketika proses fotocopy. Oleh karena itu, pastikan hasil fotocopy dokumen harus terbaca dengan jelas sebelum Anda memberikannya kepada pihak bank.

    Jumlah Kredit Terlalu Besar
    Besaran limit kredit tidak bisa Anda tentukan dengan seenaknya. Jumlah limit kredit ini akan disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Bank akan melihat seberapa besar penghasilan Anda serta kemampuan Anda untuk membayar cicilan tersebut. Apabila jumlah kredit yang akan Anda ajukan terlalu besar, maka kemungkinan bank akan menolak pengajuan kredit Anda.

    Adanya Tunggakan Tagihan Kartu Kredit
    Jika pihak bank sudah berhasil melakukan verifikasi, semua data tidak ada manipulasi, dokumen juga sudah terbaca dengan jelas serta jumlah kredit yang diajukan juga sudah sesuai dengan kondisi finansial Anda, selanjutnya pihak bank akan melakukan rekam jejak terhadap pemakaian kartu kredit Anda. Pengajuan ini akan lebih mudah untuk disetujui jika Anda selalu disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit. Dengan adanya rekam jejak kartu kredit ini, pihak bank dapat mengantisipasi resiko kredit sejak awal.

    Riwayat Kredit Buruk
    Bank juga akan mempertimbangkan pengajuan Anda terhadap sejarah kredit yang Anda lakukan. Ketika Anda melakukan pengajuan, pihak bank akan memeriksa sejarah kredit Anda sebelumnya melalui BI Checking. Di dalam BI Checking terdapat seluruh riwayat kredit yang Anda lakukan baik kepada bank ataupun lembaga non bank. Jika riwayat kredit Anda buru, besar kemungkinan pengajuan kredit gadai bpkb motor Anda ditolak. Pastikan Anda selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran kredit.

    Demikianlah tadi diantaranya 6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak. Semoga saja dengan mengetahui beberapa hal diatas dapat membantu lebih memahami alasan mengapa ditolaknya pengajuan kredit yang kita ajukan.
     
  2. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mending nabung aja deh, atau beli semampunya dari pada kredit
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau bisa hindari berhutang, karena hutang itu ibarat belenggu.
     
Loading...

Share This Page