Kisah Anak dengan Nama Terpanjang Kesulitan Buat Akta Kelahiran

Discussion in 'General Discussion' started by muezaa, Oct 6, 2021.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    104
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Baru-baru ini, sepasang suami istri di Tuban, Jawa Timur membuat heboh jagat dunia maya. Betapa tidak, anak dari pasutri tersebut memiliki nama yang diperkirakan terpanjang se-Indonesia.

    Mereka sepakat untuk memberikan nama anak laki-lakinya Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta. Dalam kesehariannya, bayi yang hampir berusia 3 tahun itu lebih sering dipanggil Cordo.

    [​IMG]

    Mengutip Haibunda, orang tua Cordo, Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah, menyebutkan bahwa mereka berharap sang putra bisa tumbuh menjadi orang yang berpikir luas dan penuh kasih.

    "Harapan kami semoga anak itu kelak berpenalaran landung selandung namanya dan menjadi inspirasi peradaban umat manusia," ujar Arif.

    Arif mengatakan bahwa nama anak laki-lakinya itu terdiri dari 19 kata atau 115 huruf. Pemilihan nama merupakan hasil diskusi bersama pamannya, Mujoko Zahid, yakni seorang budayawan asal Bumi Ronggolawe Tuban.

    Akan tetapi siapa sangka nama panjang tersebut justru mempersulit pasangan itu untuk membuat akta kelahiran sang putra. Arif mengaku sudah beberapa kali ke kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tuban untuk mengurus akta kelahiran. Namun, hingga kini putranya itu masih belum memiliki akta kelahiran. Padahal, Cordo sudah cukup besar untuk memiliki akta kelahiran.

    Menurut Arif, putranya sulit mendapatkan akta kelahiran karena nama panjangnya. Ada batasan karakter nama untuk mengurus akta di Dukcapil.

    "Iya sudah beberapa kali ke kantor Dukcapil Tuban. Informasi yang kita dapat katanya di SIAK namanya melebihi 50 karakter. Ini lho sudah tiga tahun," jelas Arif
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Berita tentang nama bayi yang sangat panjang ini viral di grup wshatsapp, dan juga portal berita.
    beragam komentar yang datang, pihak dukcapil menyarankan nama diganti lebih pendek.
    Komentar saya, nama panjang itu akan sulit diingat, dan pemborosan kata, karena orang cuma akan panggil satu kata nmisalnya Sura, atau Talenta, tetangga lainya mungkin memanggil Pi.
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Jadi, yang viral orang tuanya atau bayinya? :cool:
     
Loading...

Share This Page