Peluang Usaha Kecil Untuk Mahasiswa

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Badrul Amin, Jan 30, 2021.

  1. Badrul Amin

    Badrul Amin New Member

    Joined:
    Jan 27, 2021
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Lanziego.com - Kampus bukan hanya untuk menimba ilmu belaka, bagi mahasiswa yang ingin membangun bisnis sejak dini, maka kampus bisa menjadi hal yang bisa dimanfaatkan.

    Selain dapat uang, membangun usaha kecil di masa perkuliahan bisa membangun rekan bisnis dan relasi yang lebih luas, sehingga setelah lulus nanti, tak akan kebingingan mencari partner dan juga relasi.

    Untuk itu, perlu jadi mahasiswa yang creative agar bisa survive menghadapi dunia kerja nantinya yang mau tidak mau akan dihadapi.

    Apalgi sekarang ini dunia kerja makin ketat kompetisinya hingga akan lebih baik danjuga lebih menguntungkan jika bisa punya bisnis sendiri.

    Lalu, apasaja peluang usaha yang bisa dibangun oleh para mahasiswa? Berikut ulasannya.

    Les Privat

    Les privat merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Karena selalu saja ada yang membutuhkan jasa seornag guru privat yang bisa mendongkrak nilai anak.

    Dan mahasiswa menjadi salah satu guru yang paling dicari untuk yang satu ini.

    Dibanding mencari agensi sendiri yang mencari agensi, maka akan lebih baik jika membuka bisnis sendiri.

    Les privat juga bisa disesuaikan jurusan, jadi bukan hanya menghasilkan uang saja, namun juga bisa untuk belajar dan menyalurkan ilmu yang didapat selama ini.

    Jualan Barang Bekas

    Selagi menjadi mahasiwa, bisa sekalian nyambi menjadi calon pengusaha barang bekas. Para pelanggannya tak perlu muluk-muluk, bisa jadi dosen, karyawan maupun rekan mahasiswa sendiri.

    Di sinilah masa di mana mahasiswa bisa mengasah kemampuan bisnis dan maketingnya.

    Bisnis ini bisa dimulai dengan membeli barang bekas yang tak diinginkan orang lain, lalu kemudian bsia dijual kembali dengan untung yang bisa ditetapkan sendiri.

    Cermat membaca peluang bisa memperbesar peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

    Jasa Foto And Video

    Foto dan video merupakan trend yang lagi digandrungi banyak orang. Banyak sekali momen baik di kampus maupun di masyarakat yang mmebutuhkan jasa foto dan video.

    Untuk itulah, mahasiswa bisa maju ke garda depan dan menawarkan jasa untuk mengambil kesempatan ini.

    Walaupun dilakukan disela-sela kuliah, namun bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, selain bisa membayar tunggakan uang kos dan mmebayar uang semester, juga bisa menolong kawan yang sedang butuh pekerjaan sampingan. Sangat bermanfaat, bukan?

    Musik

    Musik memang menjadi hiburan yang paling digandrungi anak muda maupun orang tua. Tidak heran jika bisnis di dunia hiburan ini menjadi salah satu favorit untuk digelar baik di kampus maupun di masyarakat.

    Jadi, bagi mahasiswa yang punya hobi dan bakat bermusik, bisa memanfaatkan hobi ini untuk mendapat penghasilan tambahan.

    Ajak kawan dalam band atau dalam komunitas musikmu di kampus, dan albillah langhkah berani untuk menawarkan jasa hiburan ini kepada panitia penyelenggara, maka kesempatan untuk melebarkan nama Band akan semakin besar, dan peluang untuk manggung pun akan semakin terbuka lebar.

    Penulis Online

    Menjadi penulis adalah profesi yang bisa ditekuni siapa saja, termasuk mahasiswa.

    Mahasiswa tentunya memiliki sarana seperti laptop maupun PC yang ternyata bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk belajar dan mengerjakan tugas saja, namun juga bisa digunakan untuk mendapatkan uang.

    Banyak sekali situs web maupun blog yang membutuhkan jasa penulis. Nah, kesempatan ini bisa menjadi ladang usaha yang disangka-sangka bisa menghasilkan rupiah yang tak sedikit.

    Demikian beberapa ide usaha kecil yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menghasilkan uang sendiri tanpa harus meminta lagi kepada orang tua. Karena menjadi mahasiswa adalah saat untuk belajar mandiri.
     
  2. Indra Hartanto

    Indra Hartanto New Member

    Joined:
    Nov 24, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ada yang baru, jualan akun premium wkwkw lagi marak tuh sekarang orang yang menjual akun premium seperti netflix, spotify, disney, dan lain sebagainya. Yah hiburan di masa pandemi begini.
     
  3. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    dan marketingnya wajib online... apapun itu dagangannya...
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Peluangnya ada, tapi untuk masuk di salah satu peluang mesti punya ilmunya
    tapi kalau punya ilmu peluangnya tidak ada, susah juga nyari penghasilanya.
     
Loading...

Share This Page