Semua Bank Lagi Bersiap Memaksimalkan BI-Fast di bulan Oktober 2021

Discussion in 'General Discussion' started by tommytom78, Jun 22, 2021.

  1. tommytom78

    tommytom78 New Member

    Joined:
    Nov 14, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Gaess, sebentar lagi BI bakal punya sistem buat gantiin SKNBI, namanya BI-Fast.

    BI Fast Payment (BI-Fast) merupakan sistem yang dipersiapkan mengganti metode pengiriman uang Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Dengan BI-Fast, sistem transfer akan beroperasi selama 24 jam sehingga bank bisa menjalankan kliring secara non-stop jika dibutuhkan.

    Christian Liadinata, CEO PT Murni Solusindo Nusantara mengatakan program uji coba diperkirakan akan dijalankan oleh Bank Indonesia pada Oktober 2021 mendatang. Dia menyebutkan dalam rencana peta jalan Bank Indonesia,  BI-Fast merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time dan 24 jam.

    Layanan BI-Fast ini disebutkan juga memungkinkan nasabah melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat email penerima, selain informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini.

    BI-Fast diharapkan dapat menjangkau dan digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya melalui pemerataan kualitas layanan online transfer sehingga memberi manfaat yang sangat besar bagi pemerintah, masyarakat, bank, perusahaan fintech, perusahaan penyedia pembayaran digital, hingga ekosistem ekonomi keuangan digital di Indonesia.

    Wah, sepertinya era baru sistem digital yang tersentral mulai dikembangkan. Semakin menarik yah, jadi makin banyak inovasi modern ke depannya :D.

    Gimana menurut agan-agan sekalian?


    Sumber: https://finansial.bisnis.com/read/2...ast-ujicoba-oktober-2021-bank-diminta-bersiap
     
  2. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Tapi bukan berarti Kliring dimatiin kan? Gue mikir rakyat pinggiran yang biasa ngirim duit pake Kliring nanti kaget wkwk
     
Loading...

Share This Page