Saya Pernah Pakai 5 Aplikasi Editing Video di Smartphone Ini

Discussion in 'Video' started by RahmanCyber, Mar 16, 2021.

  1. RahmanCyber

    RahmanCyber New Member

    Joined:
    Jan 18, 2021
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Editing video di era sekarang bukanlah hal yang sulit lagi, harus pakai PC maupun membutuhkan Perangkat yang besar, seperti RAM, CPU, PC..

    Karena nyatanya.. Editing Video saat ini bisa dikerjakan hanya bermodalkan Smartphone dengan GPU / Processor yang 2Ghz aja udah mampu.. dan RAM 2GB aja udah bisa.

    Padahal kalau di PC, membutuhkan lebih dari itu.. Misalnya untuk menjalankan Program Adobe Premiere Pro yang sekarang Adobe Premiere Pro CC 2017 Ke atas udah butuh spek yang lumayan tinggi.

    Yah, walaupun sebenarnya di PC sendiri ada Software Editing Video yang Ringan sih FILMORA... itu paling ringan dengan fitur yang udah standar menurut saya.

    Hey, ada juga Movie Maker, tetapi walaupun sama sama ringan, menurut saya FILMORA lebih mendekati standar editing dengan berbagai pernak perniknya yang menarik.

    Sedangkan untuk movie maker itu minimal untuk fitur fiturnya, menurut saya pribadi sebagai orang yang berkecimpung di dunia Video Production :) , tetapi tetap saja seminimal minimalnya sebuah software, itu merupakan sesuatu yang bermanfaat dan layak untuk di hargai..

    Karena pengembangannya membutuhkan waktu yang tidak pendek.
    Karena bisa saja software software yang bertengger di Posisi posisi unggulan sekarang... terinspirasi darinya...

    Setiap Manusia berkembang, Manusia yang bijak adalah yang tidak sombong... ia tahu bahwa semua ada permulaannya - RahmanCyber Quote



    Sebelumnya, perkenalkan, saya Rahman, dari RahmanCyber yang merupakan member baru disini.. Mohon bimbingannya.. :)



    Ya.. itulah lika liku software editing di PC, lalu?
    Lalu... Saat ini adalah ERA MOBILE! apa apa serba mobile, bahkan untuk INDEX GOOGLE pun juga MOBILE FIRST!

    ya, banyak Publisher berlomba lomba optimasi Blog / Websitenya supaya lebih Mobile Friendly dan CEPAT, ada yang udah menerapkan AMP juga yang dikembangkan oleh GOOGLE untuk mempercepat tampilan konten...

    Sekarang kita bicara untuk dunia editing video di Mobile.

    Yup! sama bung... Para Pelaku Developer di Desktop pun juga berlomba lomba memasuki Ranah Mobile, dimana semuanya perlu yang namanya Optimasi..

    Pengoptimalan sumberdaya dan resource :)

    sehingga dapat dijalankan di Mobile dengan minim lag.. dengan fitur yang makin hari makin mendekati Software PC aja.



    Berikut ini beberapa Aplikasi yang udah pernah saya coba, kalo yang belum pernah saya coba ya tidak masuk di List ya.. jadi ini murni eksperience saya.


    1. KineMaster


    [​IMG]


    Ya, ini adalah aplikasi andalan para yutuber, karena memang semenjak booming... aplikasi inilah yang sering di promosikan secara halus, alias banyak konten kreator yang membahasnya.

    Banyak fitur dan dukungan komunitas memang disini, bahkan tampilannya pun tidak vertikal, melainkan horisontal.

    Fitur Greenscreen / CHROMA Key yang bisa menghapus background pun menjadi sorotan utama, karena bisa GreenScreen bro.. mungkin itulah yang ada di pikiran orang yang instal :) tetapi memang kaya banget fiturnya, bisa Overlay juga..

    Hayo, apakah kamu pake ini?

    Ada juga fitur overlay / membaur.. yang memang ini membuat lebih kreatif.. dan yang GG itu bisa rekam suara juga di aplikasinya langsung..

    Fitur layer / lapisannya pun berguna... tetapi memang ada penyesuaian kekuatan device yang dimiliki... semakin bagus kualitas smartphonenya, semakin GG juga kinemasternya...




    2. CYBERLINK POWER DIRECTOR


    [​IMG]

    Ini merupakan aplikasi kedua yang saya temui dengan tampilan horisontal, artinya melebar. Fitur fiturnya pun juga sangat beragam.. ada kroma keynya juga...dan juga versi gratis dengan watermark sama seperti kinemaster.

    Sistemnya juga Berlangganan Bulanan atau Tahunan, Saya belum melihat ada opsi One Time Purchase



    3. INSHOT


    [​IMG]


    Saya pernah buat videonya di Channel Youtube saya, tentang pengenalan Inshot.





    Ini merupakan aplikasi Editor pertama yang saya modal untuk membelinya.. walaupun hanya untuk menghilangkan IKLANNYA seharga 40rb pas diskon dulu...

    Sampai sekarang Aplikasi inilah yang masih terinstal di HP saya.. :) memang ada beberapa hal yang masih kalah dengan beberpa aplikasi yang saya sebutkan diatas, tetapi disini kan one time purchase,

    INSHOT ini belum mendukung kroma key, maupun overlay video.. sehingga untuk overlay nya kita bisa mengandalkan gambar,text atau stiker yang imut imut..

    tetapi enak, karena stikernya banyak yang gratis kok.. cuman memang untuk transisi, filter dan efek lainnya untuk versi free itu terbatas.. tapi dont worry karena INSHOT ini cukup ringan, dan CEPAT, kenapa? kita udah bisa berganti ganti kanvas dengan mudah :), bisa crop.. cocok untuk membuat video tutorial dengan biaya minim.. terus untuk yang ngilangin iklan seperti saya itu udah gak ada watermarknya juga.. hehe, jadi

    YOSH!

    Selama ini saya gak nyesel beli Inshot, karena di Inshot ini saya juga bisa ngrekam audio langsung.. hehe, jadi kalo butuh video yang perlu diberi VOICE OVER, ya INSHOT ini pelarian saya.



    4. VMIX Editor




    [​IMG]


    Nah... ini adalah Aplikasi Editing Video di ANDROID andalan saya, karena fiturnya sangat komplit, dan waktu itu masih menyertakan opsi ONE TIME PURCHASE... yang harganya masih murah banget menurut saya.

    Memang banyak yang beranggapakn bahwa aplikasi ini seperti tidak dikembangkan, apalagi kita tidak bisa simpan ke Draft.. alians habis ngedit ilang...

    tetapi saya beli aja.. entah kenapa saya yakin aja, karena banyak efek gratis, bisa kroma key, bisa overlay, mendukung layer, kanvas bisa diatur, masking dan banyak yang menjadi standard editing saya, ada di ini aplikasi.

    Walaupun tampilannya vertikal, tetapi User Interfacenya simple.

    Dulu saya pernah ngasih masukan, agar ada Fitur DRAFT, nah tetapi dengan teknik tidak menyuru, melainkan dengan mereview bahwa aplikasi VMIX ini sangat bagus, dan beda dari yang lain ( dalam pikiran saya itu bedanya adalah ONE TIME PURCHASE, dengan fitur yang lengkap ) hehe, beneran.. langka banget pokoknya ONE TIME PURCHASE itu...

    eh ternyata ditanggepi, untuk di pertimbangkan.. hehe


    Hari berganti hari bulan berganti bulan, ternyata sekarang Developer aktif untuk membangun VMIX menjadi lebih baik, Fitur Draft sudah ada, Efek semakin banyak, fasilitas renderingnya juga detail, bisa ngatur bitrate.. Yup! saya tidak menyesal.. dan udah mendapatkan fitur full premium!

    walau belum ada fasilitas voice over sih.. tapi gak apa apa, udah ada inshot.

    tetapi untuk sekarang ini, sepertinya opsi One Time Purchasenya ilang.. hehe..

    dalam pikiran saya "untuk dulu jadi beli... coba kalo kagak.." jadi saya sekarang ini punya 2 aplikasi andalan, VMIX dan INSHOT.

    Hey tunggu! ada satu lagi...



    5. VN Editor


    [​IMG]

    Ini merupakan aplikasi editing video yang Full Gratis! tanpa watermark gan, baru beberapa bulan sih, tapi memang untuk versi gratis, VN Editor ini juaranya menurut saya, kenapa? karena fitunya banyak banget, terlebih udah dukung layering, kroma key, overlay / membaur dan bisa dubbing lagi... Alamaaakkkk...

    Sayang sekali VN Editor muncul ketika saya sudah memiliki aplikasi kesayangan, tetapi aplikasi ini saya rekomendasikan ke adek saya,




    sebenarnya saya menunggu nunggu fitur google play yang bisa sharing aplikasi ke FAMILY, tetapi sayangnya harus PAKAI CREDIT CARD DULU.

    Jadi ya.. susah. Sehingga, biarin pakai VN EDITOR dulu aje, bagus soalnya..





    Itulah beberapa Aplikasi yang pernah saya lumayan lama memakainya, nah sebenarnya ada beberapa aplikasi yang udah saya coba coba juga sih.. ( Filmorago, Adobe Premiere Rush, Align Motion )


    Gimana nih kalian pakai aplikasi apa? dan apa sih kelebihan dan kekurangan yang kalian rasakan?


    Itulah perkembangan aplikasi Editing Video Di SmartPhone gan, udah hampir mendekati PC



    Oke.. sekian dari saya..


    Moga ada manfaatnya di Thread pertama saya ini...





    Sumber : Aplikasi Editing Video yang Pernah Saya Coba
     
    Last edited: Mar 16, 2021
  2. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    128
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Ane pernah juga pakai Kinemaster.
    Ane sih lebih prefer Kinemaster ya dibanding yang lain *keren3*
     
    RahmanCyber likes this.
  3. RahmanCyber

    RahmanCyber New Member

    Joined:
    Jan 18, 2021
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak tutorialnya yak... ehehe
     
Loading...

Share This Page