Pengen Belanja di E-Commerce Luar Negeri? Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu

Discussion in 'E-Commerce' started by Masteguh, Dec 26, 2020.

  1. Masteguh

    Masteguh New Member

    Joined:
    Dec 22, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Paypal Indonesia bukanlah hal yang baru di dunia teknologi, khususnya di bidang keuangan. Tapi Paypal Indonesia terbilang awam di telinga masyarakat.

    Paypal banyak ditemui di situs-situs belanja online luar negeri, seperti eBay atau Amazon. Buat yang doyan belanja barang dari luar atau pedagang yang mengambil stok dari negara-negara lain, rasanya sudah enggak asing lagi sama teknologi ini.

    Nah, buat yang masih belum tahu sama sekali, berikut ini kita kasih penjelasan singkat mengenai Paypal dan cara penggunaan Paypal Indonesia.

    Paypal, apa itu ?

    Paypal merupakan layanan transaksi keuangan yang memungkinkan kamu membayar, mengirim uang, dan menerima pembayaran secara virtual. Didirikan oleh perusahaan Paypal, layanan ini dibuat untuk lebih memudahkan transaksi via online seperti situs-situs belanja online.

    Secara fungsi, Paypal memiliki kesamaan dengan akun-akun rekening bank online di Indonesia pada umumnya. Tapi kelebihannya, Paypal bisa digunakan untuk transaksi beda negara. E-commerce terkemuka di dunia, seperti eBay, Amazon, dan lain-lain biasanya menjadikan PayPal sebagai salah satu metode pembayarannya.

    Untuk bisa menggunakannya, tentu kamu harus memiliki akun Paypal yang telah terhubung dengan rekening tabungan pribadi, atau kartu kredit. Jika sudah terhubung kamu bisa dengan bebas mengirimkan uang secara virtual hanya dengan memasukkan email Paypal orang lain.

    Dulu, Paypal Indonesia masih awam di telinga masyarakat. Bahkan, bagi masyarakat perkotaan sekali pun. Paling-paling mereka yang kerja di luar negeri, pegiat internet, dan yang doyan belanja online saja yang biasa menggunakannya.

    Tapi, kini zaman semakin canggih. Kemajuan teknologi, keterbukaan informasi, dan meningkatnya budaya konsumtif dari konvensional ke virtual mendorong banyak orang untuk membuat rekening Paypal

    Secara umum, berikut ini layanan-layanan yang bisa digunakan dengan Paypal.

    - Transfer uang dari bank ke akun Paypal
    - Transfer uang dari akun Paypal kamu ke akun Paypal orang lain di berbagai negara
    -Transfer uang dari akun Paypal ke rekening bank pribadi
    -Melakukan pembelian secara online atau offline di berbagai negara.

    Lalu untungnya menggunakan Paypal?

    Kecepatan. Transfer menggunakan Paypal ke sesama akun Paypal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam. Beda jauh dengan Western Union yang harus memakan waktu lama dan biaya administrasi yang besar.

    Biaya administrasi per transaksinya terhitung murah. Untuk pengiriman uang antar sesama akun Paypal tidak dikenakan biaya administrasi.
    Keamanan terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin

    Akun Paypal bisa digunakan untuk berbelanja di situs-situs e-Commerce di berbagai belahan dunia. Jadi lebih memudahkan berbelanja antar negara.

    Membeli barang dengan aman. Kalau misalnya kamu sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, tapi pesanan tidak datang-datang, maka Paypal bisa mengembalikkan uang yang telah kamu transferkan ke si penjual.
    Bisa diakses hanya dengan ponsel pintar atau perangkat komputer. Jadi kalau mau kirim-kirim uang tinggal klik saja.

    Sering memberikan diskon-diskon menarik untuk setiap pembelanjaan di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan Paypal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain.


    Apakah ada kerugian menggunakan Paypal ?

    Rentan disalahgunakan. Paypal memungkinkan kamu bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyalahgunakan akunmu kemudian mengeruk saldo yang ada di Paypalmu.

    Sulitnya melakukan komplain. Sayangnya, untuk Paypal Indonesia belum ada layanan aduannya. Kalau di situs yang tercantum adalah nomor Paypal di kantor Singapura. Bakal makan biaya lagi nelpon ke sananya.
    Paypal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti misalnya Rupee Indo. Padahal India termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang besar. Salah satu industrinya yang paling maju dan dikenal di Indonesia adalah industri kain.

    Transaksi dari Paypal ke rekening non-Paypal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah US$ 0,3.

    Proses pembekuan yang berlangsung lama. Pembekuan akun dilakukan oleh Paypal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.

    Lalu bagaimana cara membuat akun Paypal?

    Meski penggunaanya bisa dilakukan untuk bertransaksi ke seluruh dunia, daftar Paypal Indonesia sangatlah mudah.
    Kamu enggak perlu datang ke kantor Paypal layaknya membuat rekening bank, tapi lewat ponsel atau perangkat komputer juga bisa, asalkan tersambung dengan jaringan internet.
    Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

    1.MASUK KE WEBSITE RESMI PAYPAL

    Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke website resmi Paypal di www.paypal.com. Di situ nantinya kamu tinggal pilih ke menu daftar.

    2. Pilih jenis akun

    Setelah meng-klik pilihan daftar Paypal, kamu bakal diminta untuk memilih jenis akun apa yang pengin kamu buat. Pertama, untuk menerima uang dan yang kedua untuk melakukan pembayaran (ditujukan mereka yang ingin melakukan pembelanjaan secara online).

    3. Isi data diri

    Kemudian, kamu diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, asal negara, alamat email, alamat rumah, dan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk pembukaan akun Paypal.

    4. Sambungkan dengan rekening

    Setelah data diri dipenuhi, nanti bakal muncul permintaan untuk menyambungkan akun Paypal dengan rekening debit atau kartu kredit bank yang kamu gunakan.

    5. Konfirmasi via email

    Sebelum bisa bertransaksi menggunakan Paypal, kamu harus lakukan konfirmasi atau aktivasi akun dulu lewat tautan yang dikirimkan Paypal ke email pribadimu.[]
     

    Attached Files:

  2. airin levina

    airin levina New Member

    Joined:
    Oct 11, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kupikir sesuatu yang baru, ternyata mbah paypolll
     
  3. Masteguh

    Masteguh New Member

    Joined:
    Dec 22, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Karena klo pake paypal lebih mudah...klo gak punya kartu kredit tinggal pake kartu JENIUS beress...;);)
     
Loading...

Share This Page