Pinjaman Online KSP, Waspadai Penipuan! Inilah Ciri-Cirinya

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Issyana, Jul 15, 2020.

  1. Issyana

    Issyana New Member

    Joined:
    May 18, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saat ini teknologi sudah semakin canggih, bukan hanya berbelanja yang bisa dilakukan secara online, namun pinjaman KSP juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu repot-repot keluar rumah, datang ke bank, dan mengantri, sangat mempermudah bukan?


    Namun Anda jangan dulu senang, Hal inilah yang kerap kali disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan modus penipuan pinjaman online. Sudah banyak kasus yang mengatasnamakan lembaga peminjaman dana yang kemudian membawa kabur dana milik nasabah.


    Perihal produk yang ditawarkan, biasanya adalah pinjaman dana cepat cair dan pinjaman tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan nama KTA (Kredit Tanpa Agunan) karena dinilai lebih memikat calon peminjam.


    Maka dari itu Anda perlu lebih teliti dalam melihat dan mengenali ciri-ciri modus penipuan berkedok pinjaman online KSP yang akan kami bahas di dalam artikel ini.

    Ciri modus penipuan berkedok pinjaman online KSP


    1. Penawaran Cenderung Memaksa

    Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman uang cepat secara online adalah menghubungi pihak pemberi pinjaman atau kreditur untuk bertanya-tanya mengenai produk yang mereka miliki.



    Pada saat Anda bertanya, Anda harus memperhatikan tingkah laku kreditur, jika mereka penipu, mereka tidak akan menjelaskan secara detail perihal produk pinjaman yang mereka miliki, tetapi pada saat follow up, mereka akan bersikap berlebihan dengan memaksa Anda untuk menjadi debitur atau peminjam.




    2. Memakai Email Tidak Resmi

    Ketika sudah mencapai tahap follow up, kreditur resmi akan menghubungi Anda melalui telepon dan mengirimkan email perusahaan resmi, tidak seperti kreditur penipu. Cara membedakannya adalah dengan melihat alamat domain email tersebut. Sebagai contoh jika email pinjaman online KSP penipu misalkan adalah pinjamanonline@gmail.com bisa dilihat alamat email tersebut adalah alamat email pribadi bukan alamat email resmi sebuah perusahaan.


    3. Syarat Terlalu Mudah

    Biasanya baik Bank maupun lembaga non-bank akan memberikan satu syarat khusus bagi calon debitur seperti riwayat utang yang bersih dan baik. Ada banyak calon peminjam yang ditolak pengajuan pinjamannya karena tidak memenuhi persyaratan tersebut.



    Pihak kreditur resmi atau Bank akan mengecek riwayat hutang dengan mengakses Sistem Informasi Debitur atau melakukan BI checking.



    Namun hal tersebut berbeda dengan yang dilakukan oleh pinjaman online penipu, mereka justru memberikan iming-iming dan mengabaikan riwayat hutang milik Anda. Inilah yang membuat banyak orang terjerat penipuan pinjaman online.



    4. Meminta Uang Muka

    Perlu Anda ketahui pada saat melakukan pinjaman online, memang ada biaya administrasi, tapi itu hanya sebatas uang materai dan lain sebagainya yang jumlahnya tidak seberapa. Namun kreditur penipu akan meminta sejumlah uang sebagai syarat utama jika ingin meminjam dana cepat cair dengan alasan untuk bisa memudahkan proses administrasi. Jadi, jika mereka meminta dana hingga Rp 1 juta lebih, sudah pasti mereka berniat untuk melakukan penipuan pada Anda.


    5. Meminta PIN dan Password

    Umumnya pada tahapan awal, data yang diminta hanyalah nama, nomor telepon, alamat email. Pin atau password perbankan adalah hal yang sifatnya pribadi dan tidak boleh diberitahukan kepada orang lain.


    Anda patut mencurigai dan waspada terhadap kreditur yang meminta pin atau password perbankan yang Anda miliki dengan alasan untuk kelengkapan dana debitur.



    Tetap waspada dan berhati-hatilah dalam memilih kreditur, jangan mudah tergiur dengan jumlah pinjaman yang besar dan syarat-syarat mudah namun tak masuk akal. Di era yang serba canggih ini bukan tidak mungkin bagi oknum-oknum tertentu melakukan tindak kejahatan dengan berbagai cara yang pastinya bisa merugikan Anda.



    Sebagai alternatif, selain Anda bisa mengajukan pinjaman pada Bank resmi, Anda juga bisa meminjam sejumlah dana pada koperasi dengan lebih dulu menjadi member koperasi. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung menjadi anggota koperasi.
     
Loading...

Share This Page