16 Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya

Discussion in 'Otomotif' started by herianto, Jun 26, 2020.

  1. herianto

    herianto New Member

    Joined:
    Jun 17, 2020
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Motor Brebet – Terkadang bagi pemilik motor baik itu roda dua maupun roda empat pastinya memliki masalah dikendaraanya, karena kendaraan pasti tidak selalu sehat pasti ada saja masalahnya ibarat seperti manusia saja pasti ada saja sakitnya tidak selalu sehat terus.

    Gejala khusus dikendaraan seperti sepeda motor misalnya motor brebet atau seperti tersendat-sendat seperti kehabisan bahan bakar hal tersebut pastinya bisa terjadi pada motor sampeyan baik pada putaran bawah maupun putaran atas.

    Penyebab Motor Brebet
    Hal ini pastinya ada beberapa faktor yang paling dominan yang menjadi penyebab mesin motor tersebut menjadi brebet bisa jadi hal tersebut karena kurangnya perawatan pada sepeda motor sampeyan.

    Apabila mesin brebet masalah tersebut pastinya sangat mempengaruhi performa sepeda motor sampeyan, apabila masalah tersebut sedah semakin parah mesin pun pastinya mudah mati ditengah jalan, walaupun mesin tersebut masih bisa dinyalakan kembali pastinya hanya membuang waktu sampeyan dan membuang emosi naik saja / jengkel.

    Apalagi sampeyan merasa tidak ada kendala dengan keadaan bahan bakar di tangki motor sampeyan, lalu bagaimana yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin motor brebet tersebut !!!

    Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya
    Nah berikut ini beberapa penyebab motor brebet dan cara yang benar untuk mengtasinya simak ulasannya dibawah ini:

    1. Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai
    Motor brebet sangat berpengaruh sekali dengan kualitas bahan bakar yang tidak bagus, hal ini terjadi motor tersebut seharusnya di isi pertamax tapi malah di isi dengan premium, bahan bakar yang tidak baik / bagus yang tidak kualitas pastinya akan meninggalkan kerak yang bisa menghambat kerja mesin.

    Coba lah ganti bahan bakar sampeyan dengan bahan bakar yang beroktan tinggi seperti pertamax dan gunakan selalu bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor sampeyan agar tujuannya mesin motor tidak cepat rusak.

    2. Masalah Pada Fuel Pump
    Untuk fuel pump komponen tersebut akan awet jika didalamnya bersih / bagus tidak ada kotoran, apabila gejalanya jika kotor mesin akan mengalami tersendat-sendat atau brebet, kalau fuel pump tersebut bermasalah tekanan bensin bisa ketinggian bisa juga terlalu rendah, kedua hal tersebut juga dapat menyebabkan mesin motor brebet, cek kekncangan pada fuel pumpnya.

    3. Dengan Mengecek Pengapian ( Busi )
    Motor yang mengalami tersendat-sendat / brebet hal ini bisa disebabkan juga dari busi yang tidak bagus atau kotor, coba terlebih dahulu bersihkan apa bila masih ada msalah ganti saja busi dengan yang baru, apabila ganti busi gantilah dengan tipe yang lebih dingin misalnya NGK7 diganti angkanya 8 atau 9 hal ini karen busi dingin lebih tahan.

    4. Mengecek Karburator (Spuyer)
    Masalah berebet juga bisa disebabkan oleh karburator yang rusak, biasanya disebabkan pada pelampung dan needle valve jika kedua komponen ini rusak maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Dan bersihkan juga spuyer menjet maupun pilotjetnya siapa tau lubang-lubangnya tertutup kotoran akibatnya motor akan brebet, bisa juga bahan bakar pada motor sampeyan kemasukan air jika hal tersebut terjadi cobalah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis, masalah ini terjadi saat motor di cuci atau motor kehujanan.

    5. Tangki Kotor
    Masalah yang terjadi karena pengendara sering mengisi bahan bakar secara eceran atau di SPBU karena biasanya penjual eceran menjual bahan bakar yang kurang bagus dan menyebabkan tangki motor dapat menimbulkan kerak dan dapat menyumbat bahan bakar yang akan disalurkan ke karburator.

    6. Filter Udara Kotor
    Hal demikian ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan pemilik kendaraan, karena filter udara yang kotor akan menyumbat saluran pembuangan pada karburator dan menyebabkan motor menjadi brebet.

    7. Filter Bensin
    Fungsi saringan bensin sendiri untuk menghalangi beragam kotoran dari tangki ke bak karburator, namun demi kejar tempilan, sosok filter bensin kini mulai berdandan. Mau bukti, lihat saja ada produk variasi filter bensin yang memakai tabung kaca dan panel krom mengkilap.

    Bahkan ada juga yang pakai bahan aluminium tertutup sampai generik tanpa merek dan bahan plastik warna-warni, karena banyak pilihan wajar kalau konsumen bingung pilih yang part yang tepat buat tunggangannya. Agar tidak kepincut, coba dites gampang kok, lihat dulu aliran bensin dari keran tanpa filter, pastikan debitnya, lalu pasang penyaring BBM, kucuran bensin harus deras, kalau keluar dikit-dikit, mending pilih filter bawaan motor alias standar.

    8. Setelah Klep Tidak Sesuai
    Untuk menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi kewajiban supaya terhindar dari brebet. Nah salah satu komponen yang sangat berpengaruh ialah klep atau valve. Apabila setelan klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin.

    Hal demikian berakibat terhadap pencampuran bahan bakar, udara dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet. Penyebab motor brebet diatas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Solusinya ialah dengan melakukan perbaikan dengan setelan klep yang sesuai dengan ukurannya in dan ex nya.

    9. Masalah Di Putaran Stasioner
    Putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas. Apabila pengaturan putaran stasioner dibawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mengalami brebet. Untuk solusinya dengan mengatur ulang putaran stasioner dengan menggunakan alat penyetelan stasioner mesin, agar hasil yang didapat maksimal.

    10. Kerusakan Pada Sensor Injeksi
    Sensor injeksi atau injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.

    Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak ulasannya disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/5-penyebab-motor-brebet-dan-cara-yang/
     
  2. inspirasi rumah

    inspirasi rumah New Member

    Joined:
    Jun 13, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    klo brebet biasanya saya bersihin karburatornya, padahal banyak sebab dan kendala lain ya selain karburator...
    trimakasih
     
Loading...

Share This Page