Beberapa Efek Samping Kurang Tidur yang Tidak Dapat Anda Abaikan

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, Apr 28, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    132
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Kurang tidur memiliki banyak efek samping yang sangat berbahaya. Banyak orang memiliki masalah susah tidur, yang efeknya sendiri dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Jika Anda menghargai kehidupan Anda secara keseluruhan, memahami efek samping kurang tidur dapat membantu Anda mengadopsi perubahan gaya hidup yang lebih bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa efek samping kurang tidur yang tidak dapat Anda abaikan.

    1. Anda akan mudah pikun
    [​IMG]
    Sumber gambar: Idntimes.com
    Pada umumnya, ketika Anda tidur tidur, otak Anda menyimpan apa yang telah Anda pelajari dan alami sepanjang hari dalam ingatan jangka pendek Anda. Ketika Anda menderita gangguan tidur atau insomnia, maka daya ingat dan perhatian Anda akan terganggu. Insomnia merusak kemampuan otak Anda untuk mengkonsolidasikan informasi baru dan membangun ingatan. Akibatnya, penderita insomnia sering pelupa. Jika Anda lupa atau salah menempatkan sesuatu, itu bisa menjadi salah satu efek dari kurang tidur.

    Mematuhi rencana tidur secara ketat dapat membantu penderita insomnia untuk dapat tidur secara berkualitas. Buat rencana tidur berdasarkan kebutuhan dan jadwal Anda. Ini juga akan membantu Anda mengikuti jadwal tanpa terlalu banyak berpikir. Mungkin terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan dalam beberapa kasus memang demikian. Tetapi dengan kemauan keras dan dukungan yang tepat, rutinitas tidur dapat memberi Anda kualitas tidur yang Anda butuhkan.

    2. Susah untuk fokus
    [​IMG]
    Sumber gambar: Stress.org
    Selain membuat Anda mudah pikun, efek samping kurang tidur lainnya adalah Anda akan susah untuk fokus. Kehilangan fokus Anda menghalangi kemampuan Anda untuk melakukan beberapa hal. Ini menimbulkan masalah serius ketika Anda sedang bekerja atau melakukan tugas rumit yang membutuhkan logika dan respons cepat. Dengan kewaspadaan yang rendah dan penilaian yang terganggu, akan sulit bagi Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Berolahraga di pagi hari atau melakukan yoga ringan sebelum tidur dapat secara dramatis meningkatkan kualitas tidur Anda. Hindari melakukan latihan berat di malam hari karena ini dapat membuat pikiran Anda begitu aktif sehingga sulit bagi Anda untuk tidur.

    3. Mood Anda akan terganggu
    [​IMG]
    Sumber gambar: Healingminds.com
    Kurang tidur dapat membuat mood Anda terganggu. Hilangnya tidur yang berkualitas dapat membuat kepribadian seseorang berubah. Lekas marah dan emosi yang tidak stabil adalah beberapa contoh gejalanya. Tidur adalah pengatur suasana hati yang penting, dan kurang dapat secara serius memengaruhi kesehatan mental dan emosional Anda. Sementara setiap orang dapat mengalami kurang tidur, wanita sedikit lebih berisiko daripada pria, menurut Society for Women’s Health Research. Namun, ini tidak berarti bahwa pria tidak memiliki gangguan susah tidur. Yang jelas, efek emosional dari kurang tidur berlaku untuk kedua jenis kelamin.

    Mengikuti diet sehat dapat membantu Anda tidur nyenyak. Hindari makanan manis dan berlemak sebelum tidur karena ini mengurangi kualitas tidur. Rempah-rempah tertentu juga dapat membantu tidur lebih baik secara alami.

    4. Proses sensorik Anda akan terganggu
    [​IMG]
    Sumber gambar: Harmonyrecoverync.com
    Ketika Anda kurang tidur, proses sensorik Anda akan terganggu. Pemrosesan sensorik adalah cara tubuh memproses informasi dari panca indera, yaitu penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan, dan rasa. Proses sensorik merupakan hal mendasar dalam kemampuan seseorang untuk memahami dunia. Jika indera Anda terdistorsi akibat kurang tidur, penting bagi Anda untuk menghindarkan diri dari bahaya. Misalnya, jika Anda mengemudi, istirahatlah di pinggir jalan atau di tempat yang aman. Tidur siang selama 20 menit juga dapat Anda lakukan untuk mengisi energi Anda.

    5. Mudah terserang depresi
    [​IMG]
    Sumber gambar: Goodencenter.com
    Masalah tidur kronis dapat menyebabkan gangguan mental serius seperti depresi dan kecemasan. Orang yang mengalami insomnia cenderung mengalami masalah kejiwaan. Banyak orang menjadi sasaran gagasan keliru bahwa menjadi produktif berarti mengorbankan waktu tidur mereka. Jangan mengabaikan masalah mental yang disebabkan oleh kurang tidur. Sementara kualitas tidur memiliki kekuatan untuk menyembuhkan gangguan mental, beberapa penderita mungkin harus mendiskusikan hal tersebut dengan dokter mereka untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

    Dengan memahami beberapa efek samping dari kurang tidur ini pada otak Anda adalah langkah pertama dalam membuat perubahan gaya hidup yang diperlukan. Memprioritaskan kualitas tidur akan membantu pikiran Anda berpikir positif dan tubuh Anda tetap sehat.

    Sumber:
    https://mitrakesehatan.com/efek-samping-kurang-tidur-yang-tidak-dapat-anda-abaikan.html
     
  2. hendrik21

    hendrik21 Member

    Joined:
    Aug 30, 2018
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Wah... sepertinya zaman sekarang banyak yang mengalami kurang tidur, apalagi profesi blogger dan pekerja kantoran yang harus menuntaskan pekerjaan di rumah.

    Tapi bagaimanapun yang penting banyak banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya malah mudah ngantuk, kadang lagi mengerjakan sesuatu di depan laptop tiba-tiba ngantuk dan kalau gak kuat tidur dulu
    tapi tetanga ane jarang tidur dia tampaknya biasa saja, mungkin efek tiap orang tidak sama
     
  4. dzeko

    dzeko New Member

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    60
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    memang manusia itu makhluk yang terbatas, saya juga pernah mengalami kurang tidur yang jelas saat kantuk tidak bisa ditahan: kita akan sulit untuk fokus
     
Loading...

Share This Page