5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Salah Satunya Kendalikan Diabetes

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, Apr 15, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    104
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Kunyit merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang tumbuh di kawasan Asia dan sering diidentikan sebagai bahan dapur untuk masakan. Jika anda pernah membuat soto ataupun nasi kuning, tentu saja menggunakan bahan dasar kunyit.

    Kunyit mengandung senyawa aktif berwarna kuning yakni curcumin, yang biasa dijadikan pewarna makanan dan bumbu pada masakan. Selain itu, curcumin pada kunyit bisa sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah sejak dahulu sudah digunakan sebagai pengobatan.

    [​IMG]

    Penelitian menemukan bahwa senyawa pada kunyit memiliki pengaruh yang bermanfaat untuk kesehatan. Disebutkan penggunaan kunyit sudah dipraktikan melalui metode pengobatan kuno, ayurveda dan sebagai obat tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit. Berbagai unsur terkandung di dalam rempah-rempah yang satu ini seperti, polifenol, seskuiterpen, dan alkaloid. Curcumin merupakan 2-5 persen unsur senyawa yang ada pada kunyit.

    Secara medis, kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari emedihealth, manfaat kunyit diantaranya:

    1. Dapat Menyembuhkan Luka

    Sebuah studi yang berjudul "Curcumin as a wound healing agent" pada tahun 2014 menemukan bahwa kandungan curcumin pada kunyit diketahui dapat membantu penyembuhan luka pada kulit. Karena sifat antiseptik dan antibakterinya, telah digunakan sebagai disinfektan dan penyembuhan kulit.

    2. Membantu Menjaga Berat Badan

    Sifat anti inflamasi pada kunyit diketahui dapat membantu menjaga berat badan. Penelitian berjudul "Curcumin and Obesity" pada tahun 2013 mencatat bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu melawan peradangan metabolik yang disebabkan oleh obesitas.

    3. Meringankan Radang Sendi

    Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan ekstrak kunyit selama 8-12 minggu dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh arthritis, seperti rasa sakit dan peradangan. Curcumin yang ditemukan dalam kunyit bekerja sebagai anti inflamasi yang memungkinkan membantu meringankan gejala osteoarthritis, yakni peradangan kronis akibat rusaknya tulang rawan.

    4. Membantu Mengendalikan Diabetes

    Beberapa studi menemukan bahwa curcumin pada kunyit dapat membantu mengendalikan kadar insulin serta meningkatkan kontrol glukosa pada pasien dengan diabetes. Kandungan tersebut merupakan insulin alami bagi tubuh. Dengan demikian, memungkinkan dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2 dan dapat membantu mengelola diabetes.

    Adapun penelitian lebih lanjut diperlukan mengenai penggunaan kunyit dalam pengendalian diabetes. Pastikan anda selalu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit apabila juga menggunakan obat anti diabetes, karena asupan keduanya dapat menyebabkan kadar gula darah rendah yang berbahaya.

    5. Melancarkan Pencernaan

    Kunyit telah digunakan untuk membantu pencernaan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Diyakini kunyit dapat membantu meredakan kembung serta juga dapat mengurangi gejala penyakit seperti radang usus. Akan tetapi, orang yang menderita penyakit kantong empedu harus menghindari konsumsi kunyit secara berlebihan. Sebab, hal itu dapat merangsang kantong empedu untuk menghasilkan lebih banyak empedu yang dapat berimbas memperburuk kondisi kesehatan.
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    180
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    betul gan, dengan kunyit bisa mengatasi berbagai macam penyakit, terutama masalah kulit, soalnya mengandung anti-inflamasi
     
Loading...

Share This Page