Ternak Burung Lovebird Blorok

Discussion in 'Pets' started by risamaritania, Jul 22, 2016.

Tags:
  1. risamaritania

    risamaritania Member

    Joined:
    Oct 28, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Asal Muasal Burung Lovebird sebenarnya diperoleh dari genetik induknya, contoh saja adalah hijau standar dengan pastel kuning maka anaknya akan mewarisi pastel hijau. Berbicara lovebird blorok memang hal yang sangat lumrah karena burung tersebut bukan uniknya saja yang bersaing melainkan harganya pun sangat tinggi. Anakan saja yang baru lahir bisa mencapai Rp 1.000.000, bagaimana dengan yang dewasa? Lalu bagaimana yang memiliki keahlian ngekek ataupun mendapat gelar jawara? Tentu harganya Rp 12 juta keatas.

    [​IMG]

    Silahkan baca selengkapnya harga warna lovebird di 12 aneka lovebird

    3 Alasan Mengapa Lovebird Blorok Sangat Mahal
    - Untuk mendapatkan anak warna blorok diperlukan waktu yang sangat lama
    - Sangat repot turunan demi turunan (nanti dijelaskan)
    - Menyiapkan kandang khusus untuk mendapatkan lovebird bewarna blorok

    Bagaimana Cara Mendapatkan Lovebird Blorok Dan Bagaimana Asal Muasalnya ?
    Untuk mendapatkan lovebird bewarna blorok memang saya akui sangat sulit, dibutuhkan pengorbanan waktu tak hanya sebulan melainkan 7 bulan lebih sampai masa perkawinan. Intinya yang harus dipegang dalam mendapatkan burung lovebird blorok adalah jalur perkawinan harus anda sendiri yang anda pegang. Tak hanya itu hasil yang di dapat adalah 50:50 alias untung – untungan / bisa iya bisa tidak.

    Cara Ternak
    Keinginan Menginovasi Usaha Yang Ingin maju dan Berkembang , membuat ketertarikan kita menjadi seoarang pengusaha yang terampil , mandiri dan Sukses . Selalu mencoba dan melakukan merupakan hal yang Penting bagi kita Untuk merencanakan dan Mempelajari Sebuah Trik dan tips Sebuah Usaha , dan Pada Kali ini Saya Berbagi Informasi Seputar Dunia Ternak Unggas Terhadap Ternak Burung Love Bird .

    [​IMG]

    Bagi pemula beternak love bird sangatlah mudah, peternak pun tidak akan kerepotan urusan makan burung ini karena tidak makan jangkrik. Untuk itu langsung saja kita bahas bagaimana cara beternak love bird dengan mudah. sangat gampang dan sangat Efisien . he he..

    Poin - Poin Ternak Love Bird yang harus Kita Perhatikan dari awal :

    Cara membuat kandang love bird :

    - Siapkan saja kawat ram atau sangkar besi ukuran 50x50x50 cm bisa di tempati sepasang love bird.
    - Jangan lupa siapkan tempat bertelur burung ini yang terbuat dari kotak kayu ukuran 25x20x25 cm.
    - Siapkan juga tenggeran

    Cara Memilih Indukan LoveBird :
    Lovebird mulai produktif sekitar umur 7 bulan ke atas. Sedang yang sudah berumur 3 tahun keatas sudah kurang produktif lagi. Untuk pembelian Lovebird sebaiknya kita ke tempat peternak yang sudah terkenal akan kualitas love bird yang dijualnya.

    Cara Membedakan Love jantan dan Betina :
    Cara yang paling mudah untuk membedakan antara love bird jantan dan love bird betina adalah dengan meneliti bagian cupit yang terletak di bawah anus LoveBird . Kemudian kita raba, apabila lancip ,rapat dan keras maka kemungkinan besar itu adalah pejantan sedangkan kalau capitnya tumpul, lebar, dan lembek maka itu adalah love bird betina. Ciri yang lainnya adalah LoveBird Betina yang sedang Birahi akan mengumpulkanbahan bahan sarangnya yang di selipkan di bawah sayapnya sebelum di bawa ke kotak sarangnya. kalau membedakan berdasarkan paruhnya, Lovebird kita ambil yang seumuran dan kita lihat kalau paruh dari pangkal sampai ujung cenderung meruncing maka itu love bird Jantan tetapi kalau paruh cenderung melebar berarti love bird Betina.

    Cara Pemberian Pakan :
    Pemberian pakan yang berkualitas juga akan berpengaruh terhadap keturunan Love bird, banyak jenis pakan yang sering dipakai peternak adalah jagung muda, toge, sawi, kwaci karena pakan pakan tersebut bisa meningkatkan birahi Lovebird.

    Cara Penempatan LoveBird di Kandang :
    Dua cara beternak love bird yaitu dengan Kandang koloni atau individual sepasang dalam 1 Kandang. Kelemahan dengan sistem koloni adalah kita agak susah dalam melacak garis keturunan sedangkan secara individual maka kita lebih mudah melacak garis keturunannya. Kelebihan penempatan secara individual adalah lebih memudahkan kita bereksperimen untuk menemukan varian yang baru. Penempatan Lovebird adalah di Kandang kotak kayu dengan ukuran 80cm x 40cm x 40cm.

    Cara Persiapan Menjelang Reproduksi :
    Yang harus disiapkan adalah kotak glodok untuk bertelor dan mengerami. tempat glodok umumnya di buat dengan kayu, sedangkan bahan sarang terbuat dari kulit jagung yang sudah dikeringkan. Telur love bird biasanya berkisar 4-6 butir. masa mengerami Love Bird adalah selama 21 sampai 23 hari. setelah burung menetas induk jantan dan betina akan menyuapi anaknya secara bergantian. Sekitar umur 6 sampai 8 mingggu anakan mulai keluar dari sarangnya.

    setelah anakan Lovebird bisa makan sendiri maka ambil anakan love bird dan pisahkan dari induknya supaya induknya bisa kembali bereproduksi. Apabila indukan tidak mau Meloloh atau menyuapi anaknya maka segera ambil anakan kemudian kita suapi sendiri. Pembuatan kotak untuk anakan adalah berukuran 40cm x 40cm x 40cm di lengkapi lampu bohlam 5 watt untuk menghangatkan anakan Lovebird. suapi anakan Lovebird setiap 2 jam sekali dengan bubur bayi SUN kacang hijau. tingkat kekentalan bubur di sesuaikan dengan umur anakan, semakin dewasa maka bubur yang kita berikan semakin kental. Setelah anakan berumur 3 atau 4 minggu kita mulai latih dengan memberikan makanan lain sperti buah-buahan, sayuran, millet dan makanan lainnya.

    Sumber:
    - Lovebird Blorok
     
    Last edited by a moderator: Jul 22, 2016
  2. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  3. Hasan Joe

    Hasan Joe New Member

    Joined:
    Dec 8, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Makasih buat tips nya. Emang burung lovebrid bener-bener jinak bisa dilatih. mereka bisa ngikutin apa yang kita ajarkan.
     
  4. risamaritania

    risamaritania Member

    Joined:
    Oct 28, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    iya gan...asal dilatih dengan benar
     
  5. yulia

    yulia Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    sayang sekarang harganya rusak akibat persaingan yang terlalu tinggi
     
Loading...

Share This Page