Arti Innalilahi Wa Innailaihi rojiun

Discussion in 'General Discussion' started by adeliasumini, Nov 5, 2019.

Tags:
  1. adeliasumini

    adeliasumini Member

    Joined:
    Oct 14, 2017
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Assalamualaikum wr wb, selamat datang di blog kajian muslim blog pembelajaran umat islam, pada kesempatan kita kali ini kami akan membahas tentang lafadz Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, agar teman-teman yang awam dapat mengetahui arti dari lafadz ini, dan juga sebagai bahan pembelajaran bagi teman-teman yang belum tau arti dari lafadz inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, kalimat ini juga sering disebut kalimat tarji.

    Kalimat inna lillahi wa inna ilaihi rajiun sering di ucapkan oleh kalangan umat islam, ketika ditimpa musibah, terutama ketika ada orang yang meninggal dunia, akan tetapi banyak pula orang yang belum tau artinya, arti dari kalimat tarji yaitu:

    ARTINYA: SESUNGGUHNYA KAMI MILIK ALLAH DAN KEPADANYALAH KAMI KEMBALI.

    Kalimat inna lillahi wa inna ilaihi rajiun itu berasal dari firman allah swt dalam surat al baqarah ayat 156, dan ayat 156 itu masih berkaitan dengan ayat sebelumnya yaitu ayat 155.

    ARTINYA: DAN KAMI PASTI AKAN MENGUJI KALIAN DENGAN SEDIKIT KETAKUTAN, KELAPARAN, KEKURANGAN HARTA, JIWA, DAN BUAH-BUAHAN, DAN DAN SAMPAILAH KABAR GEMBIRA KEPADA ORANG-ORANG YANG SABAR (155).
    (YAITU) ORANG-ORANG APABILA DITIMPA MUSIBAH, MEREKA BERKATA, INNA LILAHI WA INNA ILAIHI RAJIUN (156).


    Dengan ayat diatas allah menyuruh kita untuk bersabar didalam menghadapi masalah atau musibah dan ciri-ciri orang yang bersabar. itu yang selalu mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi rajiun ketika dapat musibah, orang yang selalu sabar dia akan mendapatkan pahala yang banyak sebagai mana firman allah swt.

    ARTINYA: HANYA ORANG-ORANG YANG BERSABARLAH YANG DISEMPURNAKAN PAHALANYA SAMPAI BATAS.

    Dan sabar juga maknanya luas bukan hanya ketika ditimpa musibah saja, dalam beribadah dan menjauhi maksiatpun itu juga diperlukan kesabaran sebagai mana sabda nabi saw dalam kitab tanqihul qaul dibawah ini:

    ARTINYA:(SABAR TERBAGI 4 BAGIAN)
    1. SABAR TERHADAP KEFARDUAN (YANG DIWAJIBKAN)
    2. SABAR TERHADAP MUSIBAH
    3. SABAR TERHADAP ORANG-ORANG YANG MENYAKITI KITA
    4. SABAR TERHADAP KEFAQIRAN

    Sabar terhadap keparduan itu adalah taufik, sabar terhadap musibah itu diberi falaha, sabar terhadap orang-orang yang menyakiti kita itu adalah dicintai, dan sabar terhadap kepakiran itu ridho dari allah ta'ala.

    ARTINYA: SEGALA SESUATU YANG TIDAK DISUKAI OLEH ORANG YANG BERIMAN ITU DINAMAKAN MUSIBAH.

    Begitupula jika kita berada dalam keadaan sakit, tentu sebagai orang yang beriman kita harus bersabar karena segala sesuatu yang menimpa kita baik ataupun buruk itu adalah ujian dari allah subhanahuwata ala, sebagai mana firman allah dalam surat al anbiya ayat 35.

    Dan terkadang sesuatu yang kita anggap buruk belum tentu menurut allah itu buruk, dan terkadang segala sesuatu yang kita anggap baik belum tentu menurut allah itu baik, sebagai mana firman allah dalam al-quran surat al-baqarah ayat 216.

    ARTINYA:
    Arti surat al-baqarah ayat 216

    Sekali lagi kami singgung masalah sabar, sabar itu maknanya luas, bukan hanya sabar dalam ditima musibah saja diantaranya sabar dalam beribadah, sabar dalam menjauhi perintahnya, sabar menjauhi larangannya, dan sabar dam menjalani rumah tangga, kalau kita bersabar dan lulus dalam menghadapi ujian itu tentu fahalanya sangat besar sebagai mana firman allah dalam al-quran surat az-zumar ayat 10.

    Nah teman-teman itulah yang dapat kami jelaskan dari arti inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, semoga teman-teman yang baru belajar mendapatkan pencerahan setelah membaca artikel ini, dan semoga artikel ini bermanfaat juga buat semuanya para pembaca blog kajian muslim, untuk pembahasan kita kali ini kami cukupkan samapi disini, mohon maaf jika ada salah kata ataupun kata-kata yang kurang berkenan dihati teman-teman semuanya, karena sesungguhnya kmia juga adalah orang-orang yang tak luput dari kesalahan, akhir kata kami ucapkan wasalam.
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    220
    Trophy Points:
    63
    Wa 'alaikum salam, selamat datang juga di forum bersosial :D
     
  3. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    wa alaikum salam, semoga sehat selalu dan bahagia:D
     
  4. ayongopi

    ayongopi Member

    Joined:
    Nov 19, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page