√ Jadi Ini ?? Penyebab Komstir Motor Rusak [Untuk Diketahui]

Discussion in 'Otomotif' started by isamhisyam, Oct 31, 2018.

  1. isamhisyam

    isamhisyam Guest

    Jadi Ini ?? Penyebab Komstir Motor Rusak [Untuk Diketahui] – Dalam hal ini salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan roda dua ialah komstir, adapun komstir ini merupakan komponen batang stir motor yang berfungsi sebagai penyelaras agar kendali motor kalian tetap terjaga atau dengan kata lain istilah komstir ini kurang lebih dapat dibilang merupakan komponen atau piranti pengendali. Pada umumnya komponen atau suku cadang ini dijual 2 set yang terdiri dari rumah komstir dan juga race ballnya.

    Oleh karena pentingnya peranan suku cadang yang satu ini, maka kalian perlu melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin dan berkala terhadap komponen tersebut, karena jika komstir ataupun komponen stang motor pada motor kalian bermasalah, tentunya akan membuat handling sepeda motor kalian akan terganggu dan membuat kalian tidak nyaman menggunakannya.

    Penyebab Komstir Motor Rusak
    Bukan hanya itu, hal yang lebih penting ialah akan berpotensi menimbulkan bahaya terhadap pengendaraan kalian dan juga orang yang kebetulan ada di sekitar kalian. Lantas apa sebenarnya penyebab komstir motor rusak, yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

    Cara Penggunaan Motor Yang Kurang Baik
    Penyebab yang pertama ialah karena penggunaan komstir motor kalian yang kurang baik. Sebut saja pada saat kalian melewati jalanan berlubang dan area yang terjal, sehingga dudukan bola-bola atau pelor akan menjadi mudah aus.

    Pada saat terjadi keausan pada bagian ini, maka secara otomatis akan merusak power handle atau komstir pada motor kalian, oleh karena itu perhatikan kembali penggunaan komstir kalian secara teratur.

    Pada Bagian Komstir Yang Kurang Grease
    Penyebab yang kedua ialah karena komstir kekurangan grease, pada saat komponen pada komstir kalian kekurangan grease, misalnya saja komponen bola-bola pada motor kalian, maka hal ini akan membuat komstir motor kalian akan cepat rusak.

    Dimana saat bola-bola komstir tersebut kering, maka setang motor kalian akan terasa berat oleh karena pelor pada setang tersebut sudah aus, sehingga putaran mur pengikat komstir tersebut akan semakin kencang seiring pergerakan setang tersebut.

    Lantas kapan kalian sebaiknya mengganti komstir tersebut agar berkendara kalian aman, nah berikut ini ulasannya dibawah ini.

    • Yang pertama apabila kalian merasa ada sesuatu yang aneh dan membuat kalian tidak nyaman pada saat memegang atau menggunakan komstir tersebut. Sebut saja pada saat konstir tersebut terasa kaku pada saat kalian melewati jalanan lurus sekalipun, terlebih lagi pada saat kalian melewati jalanan tikungan, seperti antara setang roda depan yang tidak sinkon.
    • Yang kedua adanya getaran yang lebih besar pada setiap kalian kalian melewati lobang, bahkan kadang terasa membal. Selain itu kadang keluar pula suara yang kasar yang berasal dari sekitar garpu depan. Jika kalian sudah merasakan tanda-tanda seperti ini kalian, ada baiknya kalian segera melakukan penggantian pada komponen komstir.
    Karena tergolong komponen atau suku cadang yang berhubungan langsung dengan keselamatan kalian, maka kalian baiknya jika kalian melakukan perawatan secara berkala agar pengendaraan kalian tetap aman. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor kalian terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara diatas.

    Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini ?? Penyebab Komstir Motor Rusak [Untuk Diketahui] semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
     
  2. kiranaraska

    kiranaraska New Member

    Joined:
    Oct 31, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Beban pengendara ngaruh ga ya gan? soalnya beberapa kali komstir rusak padahal pemakaian wajar, trus sering cek juga..
     
  3. ayongopi

    ayongopi Member

    Joined:
    Nov 19, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalau waktu di rem, bagian depan bunyi seperti tek-tek itu kenapa gan
     
Loading...

Share This Page