Ini Dia Rekomendasi Takjil Yang Enak Buat Buka Puasa

Discussion in 'General Lifestyle' started by wariorseiya, May 8, 2019.

Tags:
  1. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    219
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Takjil sebenarnya adalah hidangan pembuka disaat berbuka puasa yang biasa dikonsumsi sebelum makan makanan berat. Seperti nasi dan lauk-pauknya karena takjil merupakan hidangan pembatal puasa disaat waktu berbuka puasa.

    [​IMG]

    Setelah mengkonsumsi sajian berbuka biasanya orang langsunt sholat magrib dan kemudian dilanjutkan dengan makan berat seperti nasi dan lauk paunya. Takjil sangat berperan sekali menunda makan berat langsung yang dapat menyebabkan perut kaget saat baru berbuka puasa.

    • Arti Takjil Ramadhan
    Takjil atau tajil banyak yang mengartikan adalah minuman dan makanan untuk berbuka puasa umat muslim. Memang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti bilang seperti ini. Tetapi banyak yang belum tahu bahwa arti sebenarnya adalah bersegera. hal ini adalah anjuran untuk segera membatalkan puasa dengan makan dan minum karena ini sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW.

    Nah makanan dan minuman pembatal dan pembuka atau menu buka puasa ini lah yang saat ini sering dimengerti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal sebenarnya hidangan menu buka puasa sebenarnya dinamakan IFTHOR atau ifthar.

    Berikut ini beberapa contoh hidangan takjil yang segar dan juga hidangan cemilan pembuka yang biasa dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Simak pembahasannya berikut ini:

    • Takjil Murah Meriah
    Pada awal Ramadhan biasanya memang sebagian besar orang masih bersemangat untuk ngabuburit dan membeli kue, jajanan atau makanan takjil untuk berbuka puasa di penjual pinggir jalan. Rata rata dan kebanyakan mereka membeli aneka kue, bolu, sop buah, salad dan lainnya yang harganya tidak murah.

    • es timun suri

    Sebenarnya kita bisa membuat resep takjil murah meriah di rumah dengan teh hangat dan aneka bakwan, tempe goreng atapun 2 atau 3 biji kurma. Tentu menu buka puasa ini jelas lebih hemat dan murah bukan. Teman teman juga bisa mencoba Resep Bakwan Sayur yang mudah, praktis dan simpel sekali cara membuatnya.

    • Takjil Minuman Segar
    Kalau ditanya apa yang paling diinginkan orang berpuasa saat pertama kali berbuka? Pasti kebanyakan dan mungkin juga termasuk kita akan menagtakan es yang segar dan manis. Memang setelah seharian menahan haus dan kering di tenggorokan, yang paling enak adalah minum segelas es degan, es campur, es buah ataupun sop buah. Nah buat teman teman yang ingin membuatnya sendiri di rumah, aneka minuman buka puasa yang segar ada dibawah ini ya.

    • Takjil Segar Es Kelapa Muda
    Kalau ditanya minuman buka puasa yang paling segar dan mudah ditemukan pasti banyak yang menjawab minuman ini. Ya, menu buka puasa dengan es kelapa muda atau degan memang paling segar dan mantap. Apalagi kalau menggunakan air kelapa asli yang segar dan bisa mengembalikan kesegaran tubuh kita. Tanpa harus membeli, kita bisa membuat manu sendiri di rumah. Bahan dan aneka cara membuatnya bisa dilihat di aneka es kelapa muda segar dan sehat.

    • Es Campur Segar
    Bicara mengenai resep buka puasa setelah seharian menahan haus dan lapar tentu saja yang paling sering muncul idenya adalah resep es. Salah satu yang selain menyegarkan dahaga dan mengembalikan kondisi tubuh adalah es campur. Dengan aneka isian buah segar, syrup dan tambahan jelly, agar agar atau lainnya memang sangat mengundang selera. Nah sekarang teman teman tidak perlu membeli es dengan aneka isian ini. Buat yang ingin mencobanya, bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep es campur.

    [​IMG]

    • Takjil Sop Buah Segar
    Selain es kelapa muda, minuman berat yang paling banyak dicari buat menu buka puasa adalah es buah dan sop buah. Dibandingkan dengan es buah yang biasanya kuahnya hanya terasa manis syrup atau gula, sop buah jelas lebih nikmat. Perpaduan segarnya aneka buah segar seperti alpukat, kelapa, jelly, anggur dan kuah susu dan santannya memang segar sekali untuk berbuka. Buat yang ingin mencobanya di rumah, teman teman bisa melihatnya di link aneka cara membuat es buah spesial Ramadhan.

    • Takjil Aneka Jus Segar
    Segelas juice yang dingin seperti jus alpukat, jus buah naga atau jus jambu mungkin bisa menjadi pilihan buat buka puasa nanti. Apalagi cara membuat takjil buka puasa dengan jus ini juga sangat mudah. Tinggal memasukkan bahan dan buah beserta syrup atau gula lalu diblender bersama es batu dingin. Setelah itu tinggar diberi beberapa tetesan susu kental manis putih atau coklat.

    • Salad Buah
    Salad mungkin bukan termasuk minuman, tetapi buka puasa dengan salad buah ini rasanya juga menyegarkan lho. Apalagi setelah seharian tenggorokan kita kering pasti lezat sekali bukan menikmati semangkuk salad dengan isi aneka buah dan mayonise untuk dikonsumsi. Buat yang tertarik ingin mencobanya di rumah, teman teman bisa menemukan aneka resep nya di salad buah segar dan menyehatkan.

    • Takjil Kolak Pisang
    Pisang sebabagai buah segala musim memang pas sekali untuk diolah menjadi menu buka puasa. Mulai dari kue, roti dan minuman sehat bisa kita dapatkan dengan olahan resep kolak pisang ini. Salah satunya yang paling populer tentu saja adalah kolak. Kita bisa mengolahnya dengan campuran ubi, mutiara, labu dan bahkan tanpa santan. Yuk kita coba menu takjil buka puasa dengan aneka resep kolak pisang yang enak dan lezat.

    • Aneka Makanan Jajanan Untuk Menu Takjil Buka Puasa
    Selain minuman segar, berbagai makanan kecil yang ringan bisa kita siapkan juga untuk menu takjil buka puasa saat Ramadhan nanti. Selain enak dan bisa mengembalikan energi tubuh, berbuka puasa memang dianjurkan untuk tidak langsung makan makanan yang berat seperti nasi dan pelengkapnya. Beberapa jajanan ringan seperti puding, agar agar, martabak, terang bulan ataupun kolak pas sekali disiapkan untuk makan selingan sebelum makan berat nantinya. Untuk pilihan ide dan cara membuat resep buka puasa nya bisa dilihat di bawah.

    • Puding Jagung
    Coklat dan susu mungkin kombinasi yang paling terkenal dan banyak disukai orang untuk membuat puding. Nah kalau mau mencoba rasa baru, puding jagung ini juga mantap lho untuk sajian buat menu takjil buka puasa nanti. Aroma dan rasa jagung yang cenderung manis dan lezat memang pas bukan buat berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Ada 5 variasi yang bisa kita coba di rumah untuk Ramadhan ini, silahkan cek di Resep Puding Jagung.

    • Takjil Dengan Puding Susu
    Kalau dibandingkan dengan jelly, puding susu lebih nikmat dan lezat untuk menu buka puasa nanti. Kandungan serat yang bagus ditambah dengan susu jelas membuatnya menjadi hidangan pembatal puas yang nikmat. Apalagi kalau disajikan dalam kondisi dingin tentu aneka puding susu yang kita buah jauh lebih nikmat dan lezat. Buat yang ingin mencobanya, ada 6 variasi resep ini yang bisa dilihat di link Resep Puding.

    [​IMG]

    • Takjil Puding Coklat
    Zat yang terkandung di dalam coklat memang bisa membuat mood yang menikmatinya akan senang dan gembira. Nah buat yang suka dan penggemar coklat, takjil buka puasa dengan puding coklat tentu akan menarik sekali bukan. Bukan cuma anak anak, orang dewasa pun pasti menyukai teksturnya yang lembut, rasanya yang manis dan segarnya. Buat yang tertarik, ada 6 variasi dengan tambahan susu, santan dan lainnya yang bisa dikreasikan di Resep Puding Coklat.

    Demikian pembahasannya tentang takjil sebagai hidangan berbuka puasa untuk menu pembuka. Agar perut yang kosong selama 14 jam tidak kaget bila langsung mengkonsumsi makan berat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
     
  2. Pendi Ray

    Pendi Ray New Member

    Joined:
    May 2, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    661
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Kolak sama puding enak banget, walaupun saya non muslim tetap berburu takjil *dancewithme*
     
  4. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya suka yang segar-segar, terutama yang banyak kuahnya hehe *kagum*
     
  5. konveksiantas

    konveksiantas Member

    Joined:
    May 4, 2019
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kalau ane sih kopi hitam ditambah gorengan gan hehe, beuuuh itu yang paling enak dan segar :cool:
     
  6. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    108
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Bojug nih, banyak juga kan yang jual di pinggir2 jalan hehe
     
  7. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    kolak pisang , favorit banget
     
  8. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    414
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Semua takjil keliahatan enak ketika sore hari menjelang berbuka puasa, tapi setelah berbuka puasa dengan menu apa adanya semua takjil tadi lain lagi ceritanya :D :D :D
     
  9. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    208
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
  10. Margojaya

    Margojaya New Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau buka pakai kopi dan gorengan apa ada efek sampingnya ya kak?
     
  11. masbrow

    masbrow Member

    Joined:
    Jul 27, 2014
    Messages:
    66
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalau aku yang pasti takjil buah-buahan dulu
     
  12. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    151
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    menu berbuka puasa favorit saya dan members forum ini tuh gan, bermanfaat gan
     
  13. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Enak semuaa. Tetap favoriy saya ketika buka minumnya es kelapaaa, dan makananya gorengan hihi.
     
  14. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    kolak nomor satu gan
     
  15. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Favorit gue Sup Buah dan Biji Salak
    Makan itu 2 uda cukup kenyangin dan bikin seger nyahaha
     
  16. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    262
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Bisa jadi bikin asam lambung naik *berkeringat*

    Ini hampir tiap hari, sampai habis kelapa muda di kebun belakang rumah
     
  17. owlmotekar

    owlmotekar New Member

    Joined:
    Oct 9, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    jadi kangen bulan puasaaa
     
Loading...

Share This Page