Jangan Diremehkan! Inilah Bahaya yang Ditimbulkan dari Kebiasaan Merokok di Tempat Umum

Discussion in 'Health & Medical' started by Heri Hartono, May 25, 2019.

Tags:
  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Guest

    [​IMG]
    Perilaku hidup yang sehat merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan kebiasaan yang sehat maka kehidupan akan sangat menyenangkan dan lebih bermakna. Namun faktanya, di zaman sekarang ini sangat sulit untuk bisa menjalankan kehidupan yang sehat. Salah satu hal yang berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan adalah banyaknya kebiasaan buruk para perokok di tempat umum, hal ini sangat sulit untuk dicegah dan dihindari.

    Bahaya Kebiasaan Merokok di Tempat Umum

    Kebiasaan merokok di tempat umum akan menimbulkan banyak bahaya terjadi, namun sayangnya masih banyak yang belum sadar dan meremehkan hal ini. Aktivitas merokok biasanya dilakukan banyak orang di tempat umum, seperti di toilet umum, dan pom bensin, meskipun tanda peraturan tanda dilarang merokok di toilet atau di pom bensin sudah terpampang jelas, namun masih saja banyak yang melanggar. Berikut ini adalah bahaya-bahaya yang akan timbul dari kebiasaan merokok, diantaranya adalah:

    1. Pemicu Kebakaran

    Sering sekali kita mendengar banyak kebakaran terjadi akibat aktivitas merokok, salah satunya yaitu di area pabrik dan pom bensin. Ironinya hal ini sering terjadi karena disebabkan oleh banyaknya para perokok yang tidak mematuhi peraturan yang ada, bahkan larangan merokok di area pom bensin sangat mutlak, namun entah kenapa masih banyak yang sering melakukannya.

    2. Membahayakan Orang Lain

    Yang paling buruk dampaknya dari merokok di tempat umum adalah membahayakan orang lain. Orang di sekitar perokok merupakan perokok pasif, apabila asap rokok terhirup maka kesehatan akan terganggu. Bahkan hasil penelitian telah menyatakan bahwa dampaknya dapat menimbulkan kematian.

    3. Pencemaran Udara

    Asap rokok sangat mengganggu dan berbahaya, tanpa kita sadari setiap udara yang kita hisap sudah tidak asri dan bersih lagi. Faktanya asap rokok mengandung banyak zat yang sangat berbahaya bagi tubuh, tidak terbayang sudah berapa banyak zat-zat buruk yang kita hirup setiap harinya, dan tentunya akan mengendap di dalam tubuh.

    4. Menimbulkan Masalah Kesehatan

    Ketika seseorang merokok di tempat umum, seperti di toilet, asap rokok yang ditinggalkan akan berada di dalam area toilet sehingga ruangan menjadi pengap dan penuh dengan asap rokok, dan tentunya kita akan menghirup udara yang penuh asap rokok. Hal ini akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan, dapat menimbulkan penyakit kanker, gangguan pernafasan, bahkan kematian. Sangat disayangkan padahal tanda tulisan dilarang merokok di toilet atau di fasilitas dan tempat umum lain sudah terpampang jelas, namun banyak yang meremehkannya.

    Sebaiknya kita harus selalu waspada akan bahaya yang ditimbulkan dari para perokok di tempat umum. Untuk meminimalisir udara kotor yang terhirup, kita bisa memakai masker wajah atau kita bisa memberikan masukan kepada para perokok disekitar kita, bahwa merokok khususnya di tempat umum sangat berbahaya dan merugikan.
     
  2. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Betul banget membahayakan orang lain, terutama yang merokok ketika menggunakan kendaraan. Yang dimana ketika dia merokok apinya berterbangan dan itu sangat membahayakan sekali buat pengendara lainnya.
     
  3. Nas Ozil

    Nas Ozil New Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Tempat yang paling banyak dilarang merorok adalah rumah sakit dan SPBU
    asap rokok dan asap kendaraan adalah sama-sama polusi
     
  5. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    ngerokok sambil berkendara juga bahaya , sekar rokok nya bisa terbang kemana2 bahkan bisa kena ke mata orang juga
     
  6. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    mata saya pernah kena abu rokok dari orang yang merokok di angkot
     
  7. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Pada dasarnya merokok membahayakan diri sendiri dan orang lain disekitarnya,
    tapi lebih berbahaya lagi kalau perokok gak bisa merokok karena sesuatu hal*benci*
     
Loading...

Share This Page