Apa Aja Sih Cemilan Rendah Kalori yang Enak?

Discussion in 'Health & Medical' started by Cashbac, Feb 14, 2019.

  1. Cashbac

    Cashbac New Member

    Joined:
    Jan 3, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Di bawah ini akan ada banyak rekomendasi cemilan rendah kalori yang direkomendasikan oleh para spesialis gizi yaitu dr. Inge Permadhi, MS, SpGK dan dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK dari Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo Universitas Indonesa (RSCM-UI) agar cemilan yang kamu konsumsi tetap bermanfaat bagi tubuhmu.

    1. Slow-churned Ice Cream
    Apakah kamu pernah mendengar tentang slow-churned ice cream? Slow-churned ice creamadalah salah satu jenis es krim yang menggunakan bahan utama susu, sama seperti es krim pada umumnya. Namun, yang membuat es krim ini sedikit berbeda terletak pada susu itu sendiri dan beberapa bahan lainnya. Slow-churned ice cream menggunakan susu tanpa lemak, gula, dan perasa. Selain itu es krim ini melalui proses yang disebut dengan ekstrusi suhu serendah -20°C yang dimana proses ini membutuhkan pembekuan lebih sebentar dan menghasilkan kristal es yang lebih sedikit. Semakin sedikit kristal yang terbentuk maka semakin sedikit juga pemakaian thickening agents seperti pati. Untuk cemilan rendah kalori yang satu ini kamu memiliki jatah sebanyak ½ cangkir. Perlu kamu ketahui bahwa ½ cangkir slow-churned ice cream hanya memiliki sebanyak 100 kalori dan dalam ½ cangkir kamu sudah bisa mendapatkan sebanyak 2 g saturated fat, 45 mg sodium, 20 mg kolesterol, dan 15g karbohidrat.

    2. Popcorn
    Mungkin beberapa dari kamu berpikir bahwa popcorn adalah cemilan yang tidak sehat. Akan tetapi siapa sangka bahwa menurut dr. Inge popcorn termasuk ke dalam cemilan rendah kalori. Popcorn seringkali dianggap cemilan yang tidak sehat karena kebanyakan dari kita mencampurkan popcorn dengan mentega, saus karamel, gula, lemak, dan natrium. Agar popcorn menjadi cemilan rendah kalori yang sehat maka kamu harus mengonsumsi popcorn tanpa campuran bahan-bahan di atas. Dr. Inge juga mengatakan bahwa popcorn adalah makanan rendah kalori dan lemak yang mengandung kadar serat tinggi sehingga dapat membantu kamu tetap merasa kenyang lebih lama. Kamu hanya memiliki jatah sebanyak 6 cangkir popcorn, namun dalam 6 cangkir popcornsaja kamu bisa mendapatkan 0,5 g saturated fat, 220 mg sodium, 0 mg kolesterol. Dan 24 g karbohidrat.

    Baca juga : 7 Makanan Vegan Yang Punya Kandungan Zat Besi Lebih Banyak Dari Daging

    3. Blueberry Smoothie
    Pasti kalian tidak heran apabila makanan yang satu ini masuk ke dalam daftar cemilan rendah kalori. Pada dasarnya smoothie adalah sebuah minuman yang terbuat dari berbagai macam buah ang ditambah dengan yoghurt, plain milk, dan sirup gula. Namun untuk mengurangi lemak berlebih, kamu bisa mencampurkan beberapa jenis buah dengan yoghurt rendah lemak. Dengan mengonsumsi smoothie yang terdiri dari berbagai macam buah, kamu akan mendapatkan ekstra kalsium dan antioksidan. Untuk mendapatkan smoothie yang lebih nikmat, kamu bisa menyimpan buah di dalam freezer terlebih dahulu. Kamu memiliki jatah sebanyak 1 gelas blueberry smoothie dan faktanya 1 gelas blueberry smoothie mengandung sebanyak 0 mg saturated fat, 59 mg sodium, dan 2 mg kolesterol.

    4. Kacang Almond
    [​IMG]

    Cemilan rendah kalori lainnya yang bisa kamu konsumsi pada saat sela-sela jam makan besar adalah kacang almond. Mengapa kecang almond? Dr. Inge mengatakan bahwa almond merupakan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Faktanya kacang almond memiliki banyak vitamin dan mineral, selain itu almond juga mengandung protein dan jenis lemak yang baik atau monosatured fat. Almond juga memiliki serat yang cukup tinggi sehingga sangat cocok apabila kamu mengganti cemilanmu di kantor atau di mobil dengan kacang almond. (edit lagi)

    5. Potongan Apel dengan Selai Kacang
    Untuk cemilan rendah kalori selanjutnya kamu bisa mencampurkan apel dengan selai kacang. Kamu hanya perlu memotong satu buah apel menjadi 7 – 8 bagian. Oleskan selai kacang pada apel yang sudah dipotong-potong tersebut, oleskan secara tipis agar jumlah kalori tidak lebih dari 90 kalori. Perlu diingat bahwa kamu tidak boleh memakai lebih dari 2 sendok teh selai kacang. Dijamin rasa manis dari apel dana sin dari selai kacang yang berpadu menjadi satu akan menghasilkan rasa nikmat namun tetap sehat. Dengan mengonsumsi cemilan ini kamu akan bisa mendapatkan zat flavanoid yang disebut phloridzin. Zat tersebut dapat membantuk memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya. Dalam cemilan rendah kalori yang satu ini kamu bisa mendapatkan sebanyak 0,8 mg saturated fat, 2 mg sodium, dan 0 mg kolesterol.

    6. Frozen Yogurt Sandwich
    Pada dasarnya frozen yogurt tersbuat dari susu yang telah dipadatkan, lemak susu, yogurt, pemanis, sirup jagung, dan beberapa penyedap. Untuk mengurangi kalori, kamu bisa menggunakan yoghurt tanpa lemak. Saat ini kamu bisa menemukan yogurt rendah lemak dengan mudah. Kamu bisa membuat cemilan rendah kalori ini dengan mengoleskan 2 sendok yogurt pada roti gandum atau dua potong biskuit. Nutri yang terdapat pada satu tangkup sandwich yoghurt ini adalah 0,13 mg saturated fat, 104 mg sodium, dan 1 mg kolesterol.

    7. Pistachio
    Kamu tidak perlu takut pada kandungan lemak yang ada pada pistachio. Kacang pistachio memang terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi, namun kamu tidak perlu khawatir karena lemak yang terdapat pada kacang pistachio adalah lemak tak jenuh atau yang sering disebur sebagai lemaik “baik”. Untuk mengurangi kadar lemak jenih yang terkandung pada kacang pistachio kamu hanya memiliki jatah sebanyak 1 gram atau setara dengan 20 butir kacang pistachio. Tenang, meskipun kamu hanya mengonsumsi sebanyak 20 butir, kamu sudah mendapatkan kandungan protein, beberapa vitamin, dan juga mineral. Nutrisi yang terdapat pada 20 butir kacang pistachio ini adalah 0,8 g saturated fat, 0 mg sodium, dan 0 mg kolesterol. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi pistachio panggang tanpa garam agar cemilan rendah kalorimu lebih bermanfaat.

    8. Sereal gandum
    [​IMG]

    Cemilan rendah kalori selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah sereal. Namun pastikan untuk memilih sereal tanpa pemanis. Dengam 1/3 cangkir sereal kamu bisa mendapatkan serat yang mengenyangkan. Selain itu juga 1/3 cangkir hanya mengandung sebanyak 70 kalori. Kamu bisa mulai mengganti makanan kecil yang ada di meja kantor kamu dengan sereal gandum. Dalam 1/3 cangkir sereal gandum, kamu bisa mendapatkan nutrisi sebanyak 0.17 g saturated fat, 83 mg sodium, dan 0 mg kolesterol.

    Baca juga : ACAI BAR : Makan Sehat Gak Selalu Gak Enak

    9. Anggur
    Buah anggur merupakan buah yang sarat dengan air. Dalam satu cangkir buah anggur terdapat sebanyak 62 kalori saja lho, kadar air yang terdapat pada buah anggur juga akan membantu kamu untuk merasa kenyang dan tetap terhidrasi. Buah anggur juga merupakan buah yang mengandung vitamin K dan mangan yang hebat, serta mengandung serat. Di dalam satu cangkir buah anggur saja kamu sudah bisa mendapatkan sebanyak 0,1 mg saturated fat, 2 mg sodium, dan 0 mg kolesterol. Pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1 cangkir ya!

    10. Salmon Asap Gulung
    [​IMG]

    Siapa bilang kamu tidak bisa menambahkan ikan ke dalam menu cemilan rendah kalori milikmu? Kamu tetap bisa menikmati gurihnya ikan salmon dan krim keju untuk cemilan sehatmu kok. Oleskan sedikit krim keju pada salmon yang telah di asap lalu gulung dan kamu siap untuk menikmatinya. Salmon gulung ini merupakan cemilan yang tinggi protein dan asam lemak omega-3. Meskipun garam yang digunakan untuk mengasapi salmon meningkatkan kadar sodium namun makanan ini masih termasuk ke dalam cemilan rendah kalori. Perlu diingat bahwa kamu tidak boleh mengoleskan krim keju dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu kamu hanya jatah sebanyak 2 gulung salmon agar tidak lebih dari 100 kalori.

    11. Edamame
    Menurut seorang spesialis gizi klinik di Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, edamame memiliki kandungan protein yang lebih tinggi 36% dibandingkan dengan kedelai biasa. Cemilan rendah kalori yang satu ini memang mengandung minyak, namun minyak yang terkandung dalam edamame termasuk rendah namun tinggi prion sehinggga edamame sangat cocok untuk pilihan makanan rendah lemak-tinggi protein. Kamu memiliki jatah sebanyak 1 – 2 kantung edamame berukuran 5 gram. Berbeda dengan beberapa cemilan di atas, jumlah kalori dalam cemilan yang satu ini adalah 140 kalori.


    Cemilan Sehat Yang Bikin Hemat

    Membiasakan diri untuk makan makanan sehat memang tidak mudah apalagi apabila kita baru ingin membiasakan. Akan tetapi saat ini sudah banyak restoran yang menjual makanan sehat yang dikemas dengan penampilan yang menarik dan tentunya memiliki rasa yang enak. Agar kamu bisa tetap sehat namun kantongmu tidak tipis, kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac. Aplikasi reward terbaik di Indonesia yang akan membantu kamu menikmati makanan sehat sambil berhemat. Kamu dapat menggunakan Cashbac di merchant yang menyediakan makanan sehat seperti yang ada di bawah ini:

    1. Ignasia’s
    Siapa bilang makanan sehat itu tidak enak? Datang ke Ignasia’s dan dapatkan makanan sehat dari berbagai jenis buah, sayuran, dan biji-bijian tanpa ada tambahan karbo! Ignasia’s bisa kamu datangi di alamat:

    Ruko Cardoba Blok D Nomor 15, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

    2. Acai Bar
    Tempatnya makanan enak dan sehat salah satunya ya disini! Ada banyak makanan sehat mulai dari healthy blends, healthy bowl, dan healthy snack yang dijamin enak dan tetap sehat. Jika kamu ingin berkunjung ke Acai Bar maka kamu bisa datang ke:

    Jalan Senopati No. 25, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    3. Pokinometry
    Restoran ini adalah salah satu restoran yang menyediakan salad ikan mentah khas Hawai bernama poke. Di Pokinometry kamu bisa memilih poke-mu sendiri karena disana kamu dibebaskan untuk memilih jenis sayuran dan topping yang ingin kamu tambahkan ke dalam poke pesananmu. Kamu juga bisa memilih ikan yang digunakan, kamu bisa memilih ikan mentah atau pun matang. Pokinometry memiliki alamat di:

    Gandaria City Mall, lantai 2, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan atau di PIK Avenue Mall, lantai 2, Jalan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

    Sumber: cashbac.com/blog
     
    Ryan adiputra likes this.
  2. Ryan adiputra

    Ryan adiputra Member

    Joined:
    Jul 5, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    mantul :D bookmark dulu ah buat restonya haha :D
    nice inpoh kak
     
  3. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Popcorn, gandum yups benar ini tidak terlalu banyak lemak rendah kalori jadi tidak berlebihan cemilannya..
     
  4. Duty Hernati

    Duty Hernati New Member

    Joined:
    Feb 1, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page