5 Cara Memulai Bisnis Kost Tanpa Modal Yang Harus Kamu Coba

Discussion in 'General Business' started by mamikos, Dec 29, 2016.

  1. mamikos

    mamikos New Member

    Joined:
    Dec 15, 2016
    Messages:
    8
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Bisnis kost dan bisnis rumah kontrakan merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan dengan margin keuntungan yang besar. Apalagi harga tanah disekitaran kawasan strategis misal di kota, dekat kampus, rumah sakit, pabrik, sekolah ataupun pasar semakin lama semakin naik. Selain itu ketersediaan lahan juga semakin sempit dengan ditambah aktivitas manusia yang semakin sibuk.

    [​IMG]

    Hal ini karena semakin tahun semakin banyak pula yang mencari kost atau kontrakan karena alasan belum mampu membeli rumah sendiri. Selain itu alasan orang ngekost selain tidak punya rumah sendiri yaitu agar lebih dekat ke tempat kerja atau kampus. Bagi pemilik lahan kosong ini menjadi peluang yang besar untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar, apalagi jika anda sudah memiliki modal untuk pembangunannya. Memang untuk bisa membangun bisnis kostan ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.

    Bagi anda yang tidak mempunyai lahan ataupun modal, anda tidak perlu berkecil hati, ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk memulai bisnis kost tanpa modal yang bisa anda coba. Berikut penjelasannya dibawah ini :

    Membuat proposal usaha

    Sebelum mengajukan proposal usaha ada baiknya ada perlu memperhatikan lokasi yang akan dipilih, fasilitas yang akan disediakan, buat konsep kost yang menarik, survey harga kost sekitar, atur managemen keuangan yang baik dan tentukan segmentasi anda apakah untuk mahasiswa, karyawan atau pekerja. Nah setelah anda sudah memperhatikan beberapa hal tersebut diatas selanjutnya anda tinggal membuat proposal usaha kemudian tinggal mencari investor, berikut formatnya :

    Latar Belakang

    Modal Usaha

    Strategi Pemasaran

    Produk dan Segmentasi

    Harga Rate Perkamar

    Lokasi dan Teknis

    Biaya Pembangunan

    Proyeksi Keuntungan Yang Didapat

    Resiko dan Solusi

    Menjadi Agen Kostan

    Salah satu cara yang bisa anda tempuh yaitu menjadi agen pemasaran kostan. Anda hanya perlu mencari relasi kepada para pemilik-pemilik kost dan mencari mengontaknya untuk diajak bekerjasama. Untuk cara pemasaranya bisa dengan banyak cara yang paling mudah bisa menawarkan kepada teman kuliah atau pekerja. Selain itu anda bisa memasang iklan di media sosial atau bisa memasang iklan di Mamikos yaitu layanan penyedia layanan informasi rumah kost no 1 di Indonesia yang bisa anda akses melalui aplikasi dan website.

    Menjadi Penjaga Kostan

    Membangun bisnis kostan tanpa modal diawal juga bisa anda mulai dengan menawarkan diri menjadi penjaga kostan. Tentunya menjadi penjaga kost ini banyak dibutuhkan terutama kepada mereka yang mempunyai banyak usaha rumah kost atau bertempat tinggal jauh dari rumah kost. Anda selain mendapatkan gaji dari pemilik kost, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual air minum, pulsa atau keperluan anak kost sehari-hari lainnya kepada para penghuni kost.

    Menyewakan Kamar Kosong di Rumah

    Bagi anda yang memiliki rumah dengan banyak kamar kosong dan layak untuk dihuni, anda bisa menyewakannya kepada orang yang membutuhkan kamar kost. Untuk jangka sewanya bisa anda atur harian, bulanan atau tahunan sesuai dengan jadwal kosongnya rumah tersebut. Dengan menyewakan kamar kosong ini anda sekalian bisa belajar untuk memulai bisnis kostan.

    Menyewa Rumah Untuk Dibuat Kostan

    [​IMG]

    Apabila semua 4 langkah diatas tidak membutuhkan modal, maka cara yang kelima ini anda harus mengeluarkan modal dulu untuk menyewa rumah dan melengkapi beberapa perabotan dalam rumah tersebut. Usahakan untuk mencari rumah yang memiliki kamar yang banyak dengan bangunana yang layak. Biasanya harga sewa rumah lebih murah daripada sewa perkamar karena para pemilik tidak mau repot untuk mengurusi setiap kamar. Selanjutnya anda hanya perlu mempromosikan kostan anda kepada teman kuliah, teman kerja atau bisa lewat beberapa media sosial yang anda miliki.

    Demikianlah pembahasan mengenai 5 Cara Memulai Bisnis Kost Tanpa Modal Yang Harus Kamu Coba. Untuk anda yang membutuhkan informasi seputar anak kostan anda bisa mengunjungi website blog mamikos.com, disana terdapat informasi seputar kehidupan anak kost yang lengkap dan disajikan secara menarik. Jika anda memiliki ide lain bisa share melalui kolom komentar dibawah ini, selamat mencoba.
     

    Attached Files:

  2. Baihaqi

    Baihaqi Member

    Joined:
    Dec 26, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    asik ya bisnis properti tuh ... *happydancing*
     
  3. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,068
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    wahh, wahhh. Cara diatas kykna menarik. Bisa jadi bisnis sampingan hehehehe
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, bisnis properti sangat menjanjikan, seperti yang telah di sampaikan oleh Robert T Kyosaki, dan apa yang di sampaikan di atas sangat membantu dan memotivasi karena peluangnya sangat besar.
     
  5. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Bisnis properti memang menjanjikan tapi modalnya juga tak sedikit saya kira
    bagi jiwa pebisnes mungkin akan berusaha mencari keuntungan mungkin sebagai perantara penjual dan pembeli properti dan mendapat komisi ini yang gratis mungkin tapi perlu relasi yang luas juga
     
  6. zahraalina

    zahraalina New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hunian properti is the best pkknya,..
     
  7. Dudu

    Dudu Guest

    opsi terakhir boleh tuh, bagi yg punya rumah terus gak ditinggalin kan daripada nganggur terus gak terawat hingga khirnya dihuni makhluk2 tidak kasat mata kan mending disewain, rumah jadi terawat dan dapat pemasukan juga
     
  8. ayongopi

    ayongopi Member

    Joined:
    Nov 19, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page