Pengertian Spooring dan Jenis Spooring Ban Yang Perlu Diketahui

Discussion in 'Otomotif' started by Roby Ramadhan, Jul 23, 2018.

  1. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Spooring ban adalah proses meluruskan roda depan dan belakang sesuai dengan spesifikasi awal settingan pabrik pembuat mobil anda. Tujuan dilakukan spooring ban adalah menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri dan kanan agar seimbang dan stabil sehingga mobil aman dan nyaman saat digunakan.

    Dari pengertian apa itu spooring di atas, ternyata spooring ban memiliki beberapa jenis. Spooring dibedakan dari alat yang digunakan untuk proses spooring, yaitu:

    1. Spooring manual/konvensional

    Spooring manual ini terdapat dua cara berdasarkan alat sederhana yang digunakan, yaitu:

    - Spooring manual menggunakan meteran

    Cara melakukan spooring manual menggunakan meteran meliputi beberapa langkah:
    • Pertama cek kondisi kaki-kaki mobil, seharusnya kaki-kaki mobil harus dalam kondisi bagus. Terutama pada tekanan angin ban harus sama agar tidak limbung.
    • Selanjutnya cari lokasi atau jalan yang lurus, missal di dalam garasi. Gerakkan mobil sejarak 3 meter dan tariklah hand rem. Biar semua roda mobil menjadi lurus. Tarik meteran, ukurlah jarak dari ujung ke ujung ban depan kiri dan kanan dari depan moncong mobil, dengan menempelkan meteran ke salah satu alur ban yang sama.
    • Ukur ban belakang mobil dan menghitung berapa selisih hasil ukuran tersebut dalam cm. Jika selisihnya banyak, maka spooring ban harus dikerjakan.
    • Kendurkan mur tie rod dan setel tie rod dengan cara memutar Tie rod disetel sampai ukuran ban depan sisi luar membentuk kuncup dengan batas (limit) antara 1 s/d 5 milimeter maksimal, ukuran ini merupakan ideal untuk menjadikan ban aus secara merata.
    • Lalu, kencangkan kembali mur tie rod. Kuncup melebihi limit 5 mm mengakibatkan ban depan yang botak sisi luar. Sebaliknya, jika ukuran ban depan sisi luar membentuk kembang atau mengembang mengakibatkan ban botak pada sisi dalamnya.
    - Spooring manual menggunakan benang

    Selanjutnya spooring manual juga bisa dilakukan dengan menggunakan benang. Cara ini cocok untuk mobil dengan ban standar atau belum menggunakan velk variasi yang menonjol pada bagian luar. Langkah-langkah spooring ban menggunakan benang, meliputi:
    • Sediakan benang nylon, dudukan seperti jack stand.
    • Lakukan spooring di lokasi yang rata.
    • Langkah pertama, bagi rata putaran setir ke kiri dan ke kanan. Setelah setir diputar habis ke kanan, dilanjut hitung putaran ke kiri hingga setir habis diputar juga. Pada umumnya jarak putar setir berkisar 3,8 putaran. Setelah terhitung, barulah gerak tersebut dibagi dua, menghasilkan sekitar 1,9 putaran dari posisi habis. Setelah putaran terbagi rata, tinggal atur ketegangan benang saat dibentang melalui kedua tonggak dengan patokan kelurusan pada bibir belakang ban belakang dan juga bibir depan roda depan.
    • Posisikan jack stand tadi sekitar 1 meter di depan roda depan dan di belakang roda belakang. Biar tidak bingung, setelah benang di bagian roda belakang menyentuh salah satu bibirnya tonggak jangan digeser lagi kembali. Setelah itu, atur kerapatan benang di roda depan sama dengan mengatur tonggak belakang. Begitu juga dengan tonggak di sisi lawan.
    • Kendurkan mur penahan tie rod sebelum as long tie rod diputar untuk penyetelan. Nah, sewaktu penyetelan as long tie rod, pastikan juga kemudi mobil tidak bergeser kembali. Setelah benang dapat rata sisi belakang dan depan roda bagian depan. Anda bisa lanjutkan pada sisi ban yang lain. Setelah selesai kedua ban depan, perhatikan garis antara kedua sisi ban. Semestinya tali lurus merapat pada kedua sisi.
    • Berbeda dengan penyetelan roda belakang yang sudah menggunakan sistem independen atau multi link. Penyetelan ban bukan lagi pada baut as long tie rod. Baut dudukan salah satu arm dibuat dikendurkan lalu diputar kembali menyesuaikan setelan yang dikehendaki. Sebagai patokan, lakukan hal sama dengan roda depan. Kedua bagian bibir ban akan menyentuh bentangan tali saat memiliki sudut nol.
    2. Spooring menggunakan Bluetooth

    Spooring ban menggunakan Bluetooth biasanya dilakukan oleh bengkel penyedia jasa proses spooring ban. Hasil yang didapat lebih akurat karena data langsung ditransfer ke monitor computer.
     
  2. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pengecekan Sporing memang harus sering dilakukan dan jangan di remehkan, pernah kejadian juga mobil pada perusahaan kami hampir saja mengalami kecelakaan karena meremehkan hal itu dan driver tida mengecek sebelum berangkat, apalagi armada yang kita gunakan setiap hari jalan melayanai travel malang ke surabaya pp
    aduhh.
     
  3. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    124
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Waahh, bayaha juga ya.. Kurang teliti..
     
Loading...

Share This Page