Cara Mencegah Penyakit Kencing Batu

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, May 4, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    • Mengkonsumsi Banyak Cairan
    Biasakan cukup atau banyak mengkonsumsi air putih. Air putih diketahui dapat mencegah terbentuknya batu pada kandung kemih. Cairan seperti air putih dapat membantu mengosongkan kandung kemih dengan baik. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan air putih sesuai dengan kegiatan, usia, tingkat kesehatan dan faktor lain. Normalnya setiap orang bisa minum 3 liter air setiap hari, namun semua bisa disesuaikan dengan kesehatan dan kebutuhan.

    • Hindari Garam Berlebihan
    Kebiasaan memasak atau mengolah makanan tertentu dengan garam memang bisa meningkatkan cita rasa. Namun berlebihan menggunakan garam dalam makanan bisa meningkatkan resiko kencing batu. Garam memang akan masuk ke dalam tubuh dan darah kemudian disaring oleh ginjal. Semua garam sisa dari dalam tubuh akan disaring ginjal dan masuk ke kandung kemih dalam bentuk urin. Jika garam–garam kecil mengendap dalam kandung kemih maka bisa menyebabkan terbentuknya batu pada kandung kemih. Jadi hindari semua bahaya konsumsi garam berlebihan. Asupan garam juga harus seimbang untuk mencegah akibat kekurangan garam dalam tubuh.

    • Kurangi Makanan Daging Merah
    Diet juga sangat penting untuk mencegah penyakit kencing batu. Langkah ini dilakukan dengan mengurangi semua jenis makanan yang mengandung daging merah. Daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh Anda, jika jumlahnya berlebihan. Selain itu daging merah juga mengandung asam oksalat yang bisa membuat terbentuknya batu pada kandung kemih.

    • Konsumsi Jus Beri
    Mengkonsumsi semua jenis jus dari buah-buahan beri seperti cranberry, stroberi dan raspberry bisa membantu menurunkan resiko kencing batu. Buah beri bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan kandungan oksalat dan sitrat yang didapatkan dari makanan lain. Kemudian jus beri juga bisa mengeluarkan bahan fosfat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

    • Buang Air Kecil Lebih Sering
    Jika Anda merasa bagian kandung kemih terasa masih belum kosong, maka bisa mencoba teknik buang air kecil lebih sering. Buang air kecil bisa dilakukan selama 30 detik setelah buang air kecil pertama. Cara ini akan membantu mengosongkan kandung kemih. Teknik ini sangat penting untuk orang yang sudah pernah terkena penyakit infeksi saluran kemih.

    • Buang Air Kecil Sambil Duduk
    Untuk orang yang pernah terkena penyakit pembesaran prostat maka buang air kecil sambil duduk sangat disarankan. Cara ini bisa membantu bahwa setelah buang air kecil maka kandung kemih benar-benar kosong. Cara ini juga membantu mencegah terbentuknya batu kandung kemih dalam jangka panjang.

    • Hindari Makanan Tinggi Asam Oksalat
    Beberapa jenis makanan yang mengandung oksalat tinggi juga bisa menyebabkan kencing batu. Asam oksalat biasanya juga sangat rentan untuk penderita penyakit asam urat tinggi. Ketika asam oksalat tinggi masuk ke dalam tubuh maka ginjal akan bekerja lebih berat. Ada banyak limbah yang akan menumpuk dalam kandung kemih dan tidak bisa keluar bersama urin. Akhirnya limbah ini akan mengkristal dan membantu batu pada kandung kemih. Kebiasaan sehat ini bisa menjadi cara mencegah batu ginjal.

    Baca juga : Obat Alami Penyakit Kencing Batu
     
  2. combomaxi

    combomaxi Member

    Joined:
    Apr 26, 2016
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page