ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar? Bagaimana Ibu Menyikapinya?

Discussion in 'Health & Medical' started by fadila, Apr 26, 2018.

  1. fadila

    fadila New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setiap pemberian ASI untuk buah hatinya setiap ibu memiliki kemampuan yang berbeda. Ada yang ASI keluar dengan lancarnya sampai kelebihan dan ada juga yang tidak keluar sama sekali setelah melahirkan. Tetapi ada salah satu kasus produksi ASI tidak keluar setelah melahirkan caesar, kondisi ini membuat ibu menjadi gelisah. Karena bagaimanapun si kecil membutuhkan asupan ASI yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

    Selain kasus diatas biasanya bila ibu baru pertama kali melahirkan anak pertama ASI keluarnya bias 4 hari seletahnya. Berbeda dengan produksi ASI pada anak kedua, ketiga atau seterusnya akan lebih cepat keluar. Namun dalm situasi ini ibu dituntut untuk mencukupi kebutuhan nutirisi si kecil guna mendukung tumbuh kembangnya. Walaupun ibu belum bisa menyusui, tubuh ibu akan memproduksi ASI. Karena respon alami dari hormon yang terdapat dalam tubuh ibu setelah melahirkan.

    Setiap ibu yang melahirkan menurut para ahli dipercaya akan dapat memberikan ASI. Adakalanya ASI tidak mudah keluar sesaat setelah melahirkan. Berikut beberapa hal yang menyebabkan produksi ASI tidak keluar :

    • Ibu melahirkan melalui operasi caesar yang tidak direncana, sehingga ASI yang keluar membutuhkan waktu lama. Tapi ibu tidak perlu khawatir, karena si kecil dapat mengonsumsi kolostrum yang keluar sebelum produksi ASI lancar.
    • Adanya bagian palsenta yang tertinggal setelah si kecil lahir. Bagian plasenta yang tertinggal dapat diketahui dari pendarahan yang dialami ibu atau dari pemeriksaan USG. Sehingga dokter dapat mengeluarkannya segera dan produksi ASI menjadi tidak terhambat lagi.
    [​IMG]

    Memperlancar Produk ASI Yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar

    Kondisi tubuh setelah melahirkan caesar berbeda dengan kondisi tubuh ibu melahirkan pada umumnya maka produksi ASI yang banyak setelah melahirkan juga berbeda. Produksi ASI yang tidak lancar jangan sampai disepelakn, karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu sendiri. Cara aman untuk menyikapi situasi seperti ini adalah dengan memilih bahan pelancar ASI yang aman dan baik untuk ibu dan si kecil. Bisa juga ibu segera memberikan ASI saat si kecil baru lahir atau dikenal dengan istilah Inisiasi Menyesui Dini (IMD).

    Produksi ASI yang belum lancar secara perlahan akan meningkat dan bertambah sesuai kebutuhan si kecil. Cobalah untuk rileks dan hindari asap rokok, serta konsultasidengan dokter bila hendak mengonsumsi obat bebas yang dijual dipasaran. Karena mengonsumsi obat – obatan sembarangan dapat mempengaruhi produksi ASI dan si kecil pun akan terkan dampaknya.

    Mengonsumsi berbagai makanan bergizi juga dapat memperlancar produksi ASI. Salah satu jenis makananya yaitu kacang hijau, kacang tanah, sari kurma yang berfungsi dalam mensuplai energi. Daun kawi atau daun katuk merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat memperlancar produksi ASI ibu. Karena menurut orang jaman dahulu banyak mengonsumsi daun katuk dapat memperlancar ASI.

    Cara Produksi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar Agar Kental Dan Banyak
    Keinginan memiliki produksi ASI yang lancar dan banyak merupakan salah satu impian ibu setelah melahirkan. Tetapi ada juga yang terkendala dengan produksi ASI yang tidak lancar dan mengeluhkan produksi ASI yang dihasilkan tidak kental.

    Berikut ini adalah cara supaya produksi ASI banyak dan kental setelah melahirkan :

    1. MENYUSUI ANAK DENGAN CARA TIDURAN

    Menigkatkan hormon saat menyusui si kecil adalah menyusui anak dengan tiduran. Cara ini bisa membuat ibu menjadi lebih rileks dan nyaman sehingga ASI yang dikeluarkan semakin banyak. Produksi ASI yang banyak menjadikan si kecil tidak kekurangan asupan untuk tumbuh kembangnya.

    2. POLA HIDUP SEHAT
    Hidup sehat dapat memperngaruhi segalanya, termasuk memperlancar produksi ASI setelah melahirkan. Menerapkan pola hidup sehat secara teratur dapat menghasilkan ASI yang banyak dan kental. Jagalah pola makan, konsumsi makan makanan yang sehat. Hindari makanan yang sembarangan seperti terlalu banyak makan makanan cepat saji dan lakukan diet secara benar dan sehat.

    Baca juga : Nutrisi Sehat Pasca Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bunda

    3. TIDAK DISARANKAN MENYUSUI SAAT PAYUDARA TERASA PENUH
    Ketika payudara ibu terasa penuh, sebaiknya jangan menyusui terlebih dahulu. Bisa juga ibu lakukan pompa ASI supaya payudara tidak lagiterasa penuh. Karena menyusui dengan posisi payudara yang penuh ibu akan tidak merasakan nyaman dalam menyusui dan si kecil pun bisa jadi terasa kekenyangan dan biasanya setelah menyusui ASI akan terus keluar.

    4. BANYAK MINUM AIR PUTIH
    Memeperlancar ASI sehabis melahirkan dengan cara mengonsumsi air putih sekitar 10-12 gelas tiap harinya. Hal ini dimaksudkan supaya ibu tidak kekurangan cairan sehingga bisa menghasilkan ASI yang kental dan banyak.

    5. MENYUSUI DENGAN SEPENUH HATI
    Berikanlah rasa cinta dan kasih sayang pada si kecil saat memberikan ASI. Situasi semacam ini mampu merangsang reflektifitas dalam pengeluaran ASI. Disarankan untuk setiap 3 jam sekali untuk meyusui si kecil supaya ASI yang keluar kental, semakin sering menyusui produktiitas ASI akan semakin lancar. Jika memang ASI tidak keluar setelah melahirkan caesar maka segeralah cari solusinya. Karena cara untuk menambah produksi ASInya berbeda dengan cara pada umumnya. Berikanlah ASI yang berkualitas untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

    Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui mengenai ASI tidak keluar setelah melahirkan caesar. Semoga dapat membantu ibu yang sedang mengalami masalah ini. Cintailah si kecil dan berikan asupan yang bergizi supaya selalu sehat dan tumbuh kembang si kecil juga tidak terganggu.
     
  2. gerhana

    gerhana Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    memangnya ketika melahirkan cesar asi suka ga keluar?
     
  3. Nurul Hidayah

    Nurul Hidayah Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Kalau dulu saya habis Caesar minum susu ibu menyusui dan makan sayur daun katuk, perbanyak minum air putih, asi jadi lancar
     
Loading...

Share This Page