Kisah Sukses Andreas Chaiyadi dalam Menjalankan Bisnis Kardus Box

Discussion in 'General Business' started by Pengusaha Kardus, Nov 22, 2015.

  1. Pengusaha Kardus

    Pengusaha Kardus New Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Setelah lulus dari SMP, Andreas Chaiyadi mencoba merantau ke Yogyakarta bersama teman-temannya untuk melanjutkan pendidikan. Keberaniannya jauh dari rumah di usia yang terbilang masih belasan tahun tersebut menjadi bekal untuk meraih sukses.

    Tidak hanya SMA saja pendidikan yang di tempuh oleh Andreas Chaiyadi, dia juga melanjutkan pendidikannya hingga kuliah. Saat masih kuliah, dia dengan gigih menjuah buku ensiklopedia. Dalam satu minggu, dia menargetkan untuk bertemu 4 orang guna ditawari bukunya.
    Kegigihan Andreas Chaiyadi dibawa hingga di dunia kerja. Pada saat bekerja di PT Sarana Kemas Utama, dia berhasil mengharumkan nama perusahaannya. Namun, dia pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Keluarnya Andreas Chaiyadi dari perusahaan tersebut, membuat banyak perusahaan menawari pekerjaan. Bahkan, ada yang bersedia untuk membiayai diu membuka usaha. Namun, semua itu dia tolak. Dia lebih memilih untuk membuka usaha bersama temannya, Johanes Djafar.

    Dengan modal 30 juta rupiah, Andreas dan Johanes memulai usahanya dengan nama perusahaan PT Dwi Aneka Kemasindo. Pada tahun pertama, PT Dwi Aneka Kemasindo hanya jual kardus box saja. Jadi, perusahaan tersebut menerima pemesanan, lalu barangnya dibelikan di pabrik.

    Pada tahun berikutnya, Andreas dan Johanes memutuskan untuk menyewa gudang seluas 300m2 di Dadap, Jakarta Barat. Kemudian, mereka membeli sejumlah mesin, seperti mesin lipat, mesin potong dan mesin paku. Untuk bahan baku kardus lembarannya masih membeli di pabrik.

    Meraup Untung dari Krismon

    Berbeda dengan nasib perusahaan pada umumnya yang ada di Indonesia. Pada saat badai krisis moneter yang menerjang Indonesia, banyak perusahaan yang memutuskan tutup alias gulung tikar. Namun, perusahaan Andreas justru meraup untuk besar. Berkurangnya kepercayaan pada saat krismon, menjadikan para pelaku bisnis melakukan pembayaran dalam bentuk tunai. Selain itu, perusahaan juga tidak terlalu peduli dengan harga barang. Yang terpenting adalah mendapatkan barang yang dicari. Hal ini dimanfaatkan Andreas. Sehingga, dia mampu untuk meraup untuk sebesar-besarnya.

    Dari keuntungan tersebut, Andreas berhasil untuk engembangkan pabriknya dengan membeli lahan seluas 2.500 m2 di Pantai Indah Dadap. Dia juga membeli mecin cetak tiga warna yang otomatis.
    Sebuah usaha terkadang tidak selamanya berjalan dengan lancar. Terkadang ada kendala-kendala yang harus dihadapi, begitu juga dengan usahanya Andreas. Lolos dari krismon, Andreas justru terkenan musibah banjir yang terjadi pada tahun 2001. Pabriknya terendam oleh air. Tidak hanya itu, stok banan baku yang ada di gudang beserta mesinnya terendam air. Kejadian itu membat Andreas rugi besar. Beruntung, Andreas mampu mengembalikan usahanya seperti semula dan mampu menutupi semua kerugian dalam waktu enam bulan saja.

    Pada tahun 2009, Andreas membeli pabrik offset printing di Jataje, Tangerang. Lalu, pada tahun 2011, Andreas mengakuisisi PT Super Kemas Utama, sebuah perdusen karton lembaran.
    Kini, Andreas mampu menghasilkan omzet hingga Rp 184 miliar/tahun. Dari dua orang, sekarang usahanya sudah mempekerjakan sekitar 1.000 karyawan.
     
  2. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  3. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Keren Bro ceritanya sangat enak buat dibaca....
     
  4. katearti

    katearti New Member

    Joined:
    Nov 22, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    cerita yg inspiratif nih
     
  5. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Wah sangat bagus dan menginspirasi sekali
     
  6. Mozaix

    Mozaix Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    keren banget. inspiratif
    dari 2 orang karyawan sekarang jadi 1000 karyawan

    super.......
     
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    mantap bener, skarang udah 1000 karyawan aja. Padahal cuma bisnis kardus doang loh. Yap, begitulah rezeki ya
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hmm.. keren yaaa, hebat, salut sekali atas perjuangan dan Kerja Kerasnya
     
Loading...

Share This Page