Bisnis Retail di Indonesia Adalah Solusi Terbaik untuk Meretas Kemiskinan

Discussion in 'General Business' started by Mohammad Nashiruddin, Oct 27, 2016.

  1. Mohammad Nashiruddin

    Mohammad Nashiruddin Member

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    83
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Semuanya pasti sudah tahu jika saat ini untuk mencari lapangan pekerjaan sangatlah sulit alias tidak melulu merupakan hal yang mutlak gampang. Setiap tahunnya sekolah-sekolah menengah atas selalu meluluskan siswanya, sedangkan jumlah lapangan pekerjaan terbatas. Itulah yang menjadi penyebab jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Nah untuk menanggulangi bencana pengangguran di Indonesia, salah satu jalan terbaik untuk kita adalah dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Dengan membuka lapangan pekerjaan baru, diharapkan angka kemiskinan di Indonesia semakin menurun. Namun sayangnya kebanyakan orang yang akan membuka bisnisnya selalu memiliki kendala, terlebih pada pendanaan atau modal. Nah, untuk itulah pemerintah mendirikan BKPM untuk membantu para pengusaha kecil, menengah, hingga besar untuk bisa mengembangkan usahanya.

    [​IMG]

    Berbicara mengenai usaha, nah salah satu jenis bisnis yang sekarang ini bisa dibilang sangat mudah dijalani adalah bisnis retail. Bisnis retail di Indonesia adalah sebuah usaha/ kegiatan untuk menjual produk kepada konsumen dengan jumlah kecil atau eceran. Usaha retail bisa bermacam-macam, mulai dari menjual bahan makanan pokok atau konsumsi, menyediakan layanan jasa, dan masih banyak lainnya. Perkembangan serta persaiangan antar pelaku bisnis retail di Indonesia juga dibilang sangat kompetitif. Strategi masing-masing pelaku usahapun diterapkan guna bisa membuat persaingan antar mereka. Untuk bisa menjadi berkembang, memang sangat perlu strategi khusus dan salah satu yang mungkin berpengaruh adalah lokasi usaha.

    Pemilihan lokasi usaha harus tepat, karena bagaimanapun lokasi mampu meningkatkan dan memaksimalkan kinerja dari bisnis retail anda. Selain lokasi, hal lain yang tak luput dari bahan pertimbangan adalah penentuan harga yang tepat. Artinya anda dituntut lebih pandai memainkan harga di pasaran, jangan terlalu menjual barang atau jasa terlalu mahal dan jangan pula sebaliknya. Tentukan harga yang tepat, sehingga anda tetap bisa mengendalikan pasar konsumen. Di sisi lain anda juga dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang sempurna bagi para konsumennya. Semakin sempurna pelayanan anda, maka tak menjadi masalah buat anda untuk bisa menarik konsumen lebih banyak lagi.

    Bagaimanapun juga bisnis retail merupakan solusi terbaik untuk meretas kemiskinan di Indonesia, oleh karenanya jika anda membutuhkan usaha yang tepat mungkin bisnis ini bisa mulai anda jalani.
     
    Last edited: Oct 31, 2016
  2. Robi Paytren

    Robi Paytren New Member

    Joined:
    Oct 10, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Bisa saja namun bukan hal yang pasti gan namun salah satunya mungkin dengan cara berbisnis, dan bisnis itu bisa apa saja yg penting halal
     
  3. tonih123

    tonih123 New Member

    Joined:
    Dec 13, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sekedar menambahkan dikit, memang bener semua kemungkinan itu bisa saja terjadi. Apalagi saat ini era teknologi udah mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan tiap harinya mulai dari tersedianya internet, berbagai software/program buat ngitung, dll. Yah intinya sih gmn kita yang ngejalanin bisa mengintegrasikan teknologi dalam bisnis yang dijalankan, dan itu bakal lebih memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan yang efektif & efisien.
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Banyak macam bisnes yang menghasilkan, kadang berangkat dari sekedar hobbi juga bisa memberikan pengetahuan untuk menghasilkan dari hobby tersebut, atau jika memang suka dengan jualan makanan ini pun bisa dianggap bisnes kecil-kecilan
     
  5. kevin34

    kevin34 Member

    Joined:
    Mar 24, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kalau sekarang, bisnis berbasis retail yang menjamur di kota2 besar, khususnya Jakarta itu minimarket. Masih ada banyak jenis bisnis berbasis retail yang sedikit atau bahkan belum ada pesaingnya.
     
  6. Born In Java

    Born In Java New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saya sepakat dengan TS jika minimarket dikelolo oleh publik maka bukan tidak mungkin kita bisa sejahtera
     
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    485
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    minimarket yang memang untuk rakyat kecil sih. Cuma kalau tingkat kenyamanan, masih lebih nyaman yang punya konglomerat :(
     
  8. Glenn

    Glenn New Member

    Joined:
    Dec 25, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pastinya ngga semua orang bisa beli dalam jumlah besar. Maka yang lebih baik adalah bikin toko kecil atau supermarket gede supaya orang gampang kalo mau beli ini itu.
     
Loading...

Share This Page