Apa Itu Penyakit Phimosis

Discussion in 'Health & Medical' started by Bagus_permadi, Feb 14, 2018.

  1. Bagus_permadi

    Bagus_permadi Member

    Joined:
    Nov 29, 2017
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Penyakit Phimosis
    Phimosis adalah kondisi dimana kulup tidak bisa ditarik kembali dari sekitar ujung penis. Kulup yang ketat biasanya terjadi pada bayi laki-laki yang tidak disunat, tetapi biasanya berhenti menjadi masalah pada usia 3 tahun.

    Phimosis bisa terjadi secara alami atau akibat dari jaringan yang mengalami luka. Anak laki-laki muda mungkin tidak memerlukan pengobatan untuk phimosis kecuali jika mengalami susah buang air kecil atau kencing menjadi sulit atau menyebabkan gejala lainnya. Seiring pertumbuhan anak laki-laki dengan mengalami phimosis, kebutuhan akan pengobatan mungkin akan meningkat.

    Gejala Phimosis
    Gejala utaam phimosis adalah ketidakmampuan untuk menarik kulit khatan pada usia 3 tahun. Kulup biasanya mengendur seiring berjalannya waktu, namun proses ini bisa memakan waktu lebih lama pada beberapa anak laki-laki. Sekitar usia 17 tahun, anak laki-laki harusnya bisa dengan mudah menarik kulupnya. Gejala umum lainnya dari phimosis adalah pembengkakan kulit khatan saat buang air kecil.

    Penyebab Phimosis
    Phimosis bisa terjadi secara alami dan juga tidak jelas mengapa hal itu terjadi pada beberapa anak laki-laki tapi tidak pada orang lain. Kondisi ini juga bisa terjadi jika kulup ditarik secara paksa pada keadaan tertentu. Hal ini dapat membahayakan kulit dan menyebabkan bekas luka, sehingga lebih sulit untuk menarik kulit khatan ke depan.

    Peradangan atau infeksi kulit khatan atau kepala penis (glans) bisa menyebabkan phimosis pada anak laki-laki atau laki-laki dewasa. Balanitis adalah radang kelenjar yang diakibatkan oleh tidak menjaga kebersihan penis ataupun adanya infeksi pada kulup.

    Salah satu infeksi yang bisa menyebabkan balanitis disebut lichen sclerosus ini adalah kondisi kulit yang mungkin dipicu oleh respons kekebalan abnormal atau ketidakseimbangan hormon. Gejalanya bisa meliputi bercak putih atau bercak pada kulup. Kulit bisa menjadi gatal dan mudah robek.

    Tanda-Tanda Infeksi
    Tanda-tanda infeksi bisa meliputi:
    1. Perubahan warna kelenjar atau kulup panjang
    2. Adanya bintik atau ruam
    3. Rasa sakit
    4. Gatal
    5. Pembengkakan
    Pengobatan phimosis
    Pemeriksaan fisik dan peninjauan gejala anak Anda biasanya cukup untuk mendiagnosis phimosis atau kondisi yang mendasarinya, seperti balanitis.

    Mengobati balanitis atau jenis infeksi lainnya biasanya dimulai dengan menggunakan kapas dari kulup untuk dipelajari di laboratorium sebagai bahan untuk dites. Infeksi bakteri memerlukan antibiotik, sementara infeksi jamur mungkin memerlukan salep anti jamur.

    Jika tidak ada infeksi atau penyakit lain yang menyebabkan phimosis, dan tampaknya kulup ketat hanya merupakan perkembangan alami, mungkin ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia. Tergantung pada tingkat keparahan dan kondisi. Salep steroid topical dapat digunakan untuk membantu melembutkan kulup dan membuat pencabutan lebih mudah. Salep itu dipijat ke daerah sekitar kelenjar dan kulup dua kali sehari selama beberapa minggu.

    Dalam kasus yang lebih serius, sunat atau prosedur pembedahan serupa mungkin diperlukan. Sunat adalah pemindahan selurup kulup. Operasi pengangkatan bagian kulup juga dimungkinkan. Sementara sunat biasanya dilakukan pada masa kanak-kanak, pembedahan bisa dilakukan pada pria berapapun usianya.

    Sunat mungkin juga diperlukan jika anak Anda mengalami balanitis kambuhan, infeksi saluran kemih atau infeksi lainnya. Resiko lebih tinggi terinfeksi bagi orang yang tidak melakukan sunat juga dapat mengalami resiko rerinfeksi penyakit lainnya.

    Jika pencabutan harian cukup untuk melonggarkan kulup, lalu menariknya kembali dengan lembut saat mandi atau buang air kecil cukup untuk menahan penis dari komplikasi terkait kebersihan.

    Phimosis bisa menjadi kondisi yang serius dan menyakitkan. Namun, itu bisa diobati, dan hasilnya biasanya sangat bagus. Kuncinya adalah mencari pertolongan medis klinik pandawa jakarta saat gejalanya menjadi jelas.

    Harus diingat bahwa setiap anak berkembang pada kecepatan yang berbeda dan dengan berbagai cara yang berbeda. Jika satu anak memiliki phimosis, tidak ada alasan untuk berpikir orang lain akan memiliki kondisi yang sama.
     
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Nice inpoh gan, baru tau ada penyakit kaya gini ngeri juga ya gan berarti ..
     
  3. Bagus_permadi

    Bagus_permadi Member

    Joined:
    Nov 29, 2017
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iyah itulah gan, akibat tidak melakukan sunat baik menggunakan metode laser maupun manual.
     
  4. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Bagus gan, mungkin banyak yang belum mengetahui share ke khalayak ramai ya gan..
     
Loading...

Share This Page