Solusi Sinyal Error (Hilang, Tidak Terbaca, Tidak Bisa Internet) Di Hp Android Oppo

Discussion in 'Android' started by aditya_gil, Jan 2, 2018.

  1. aditya_gil

    aditya_gil Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Dalam percobaan kali ini smartphone oppo yang kita gunakan adalah oppo smartphone dengan tipe a37. Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang hp oppo a37 sinyal hilang alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui beberapa faktor penyebab sinyal HP hilang secara mendadak. Di bawah ini merupakan beberapa pnyebab sinyal hp android error tidak muncul maupun sering hilang, diantaranya :

    1. Erorr pada smartphone android

    Hp android yang pernah bahkan terlalu sering terjatuh juga dapat menjadi penyebab tidak adanya sinyal pada smartphone tersebut. Hal tersebut dikarenakan kuningan penangkap sinyal bergesar sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis dari akibat getaran saat terjatuh.

    2. Tidak tersedianya sinyal

    Lemahnya sinyal pada hp android dapat disebabkan salah satunya karena tidak ada tower sinyal sama sekali. Jadi sangat wajar jika sinyal HP tiba-tiba sering menghilang, untuk itu kita perlu memastikan ada atau tidak area tempat anda berdiri ada tower sinyal.

    3. Faktor Cuaca

    Kuat atau lemahnya sinyal HP oppo yang kita miliki juga tergantung dari faktor cuaca. Penangkapan sinyal pada hp oppo a 37 yang kurang baik biasanya cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

    4. Perubahan Pada Pengaturan Jaringan

    Sering kali kita mengubah setingan jaringan pada smartphone android kita pada mode 4g only maupun 3g only. Namun dengan melakukan perubahan tersebut justru membuat sinyal hp oppo a37 tidak muncul. Hal ini dapaf dikarenakan pada tempat kita berada saat itu tidak mendukung adanya sinyal 4g / 3g sehingga ponsel android tidak bisa mencari jaringan biasa. Untuk itu kita dapat melakukan perubahan jaringan android dengan cara masuk pada menu Pengaturan >> Jaringan Seluler >> Pilih Mode Jaringan "WSDMA/GSM (sambungan otomatis").

    5. Gangguan Dari Layanan Operator Jaringan

    Suatu jaringan yang lagi naik turun alias tidak konsisten dapat memicu sinyal hilang timbul pada smartphone android. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan layanan operator jaringan yang kita gunakan sedang gangguan, selain itu masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata.

    6. Kerusakan Software

    Jika sebelum kita melakukan update software kondisi sinyal di oppo smartphone yang kita miliki baik - baik saja akan tetapi setelah dilakukannya update malah membuat sinyal menjadi tidak muncul, kemungkinan terbesar yang membuat hp android hilang sinyal tersebut adalah bugs pada beberapa software. Oleh karena itu untuk mengembalikan sinyal 3g maupun jaringan 4g yang hilang adalah dengan melakukan downgrade software smartphone android tersebut.

    7. Kerusakan Hardware

    Ketika kita telah mencoba melakukan perbaikan untuk mengatasi sinyal hp oppo a37 yang sering hilang melalui software smartphone namun tidak membuahkan hasil maka terdapat kemungkinan jika jaringan internet tidak muncul dapat dikarenakan kerusakan pada hardwarenya. Contoh kasus jika hp android kita pernah masuk ke dalam air padahal ponsel android tersebut tidak tahan air maka jika setelah kejadian itu membuat signal android tanda silang bisa jadi smartphone android kita mengalami kerusakan di alat penangkap sinyalnya.

    8. Perbaikan Sinyal Dari Layanan Operator

    Operator kemungkinan sedang melakukan perbaikan system atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur baru tersebut maka demi keamanan listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower itu sehingga berdampak pada sinyal hp yang tidak stabil atau hilang timbul.

    9. Masalah Pada Aplikasi Pihak Ketiga

    Sinyal bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah anda install.
    Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal karena beberapa
    fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan
    perangkat anda.

    Solusi Hilang Sinyal / Signal Pada Oppo Smartphone Semua Tipe
    [​IMG]

    Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat hp oppo a37tidak ada sinyal diatas, berikut akan kami berikan beberapa langkah untuk mengatasi sinyal hp android yang error sehingga membuat hp tidak ada sinyal maupun hp android tidak bisa internetan. Meskipun ponsel yang kami gunakan pada tutorial hilang sinyal kali ini adalah oppo a37 tidak ada salahnya jika kita coba pada tipe oppo smatrphone lainnya, mari langsung saja kita simak ulasan sebagai berikut :

    1. Pastikan kartu sim dalam keadaan baik, mulai dari pemasangan sim card yang tidak terbalik sampai kondisi masih aktif tidak terlewat masa tenggang.
    2. Periksa apakah ponsel android oppo yang kita miliki dalam keadaan Flight Mode (mode terbang) atau tidak ? Jika masih dalam kondisi aktif maka nonaktifkan dan tunggu sebentar agar sistem merefresh jaringan yang ada.
    3. Pastikan pengaturan sim card sudah dalam kondisi aktif jika di dalam tipe OPPO menggunakan Dual SIM slot. Terkadang sinyal di sim satu ada tapi pada sim dua muncul tanda silang hanya dikarenakan pengaturan pada slot sim 2 belum aktif.
    4. Pastikan kondisi Slot kartu SIM di hape android oppo dalam kondisi normal, hindari konektor yang tertekuk atau tertutup sesuatu sehingga membuat sinyal kartu sim tidak terdeteksi di hp oppo.
    5. Lakukan recovery sistem yang error dengan mereset pengaturan Android ke settingan awal (reset factory).
    6. Apabila dengan langkah diatas belum dapat memperbaiki sinyal hp oppo yang error dan tidak ada perubahan maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memeriksa IMEI ponsel oppo tersebut. Terkadang sinyal tidak muncul karena SimCard OPPO tidak bisa terdeteksi oleh sistem dapat disebabkan dari IMEI yang hilang atau bermasalah.
    7. Bila semua langkah diatas sudah dilakukan bahkan sudah melakukan proses flashing firmware juga tidak membuahkan hasil dalam mendeteksi kartu sim di HP OPPO yang kita miliki, maka ada masalah terkait Hardware yang harus dilakukan pengecekan di service center OPPO terdekat di tempat kita tinggal.

    NOTE :
    • Untuk mengecek IMEI di HP OPPO sama halnya dengan ponsel android lainnya yaitu dengan mengetik *#06#.

    Namun jika IMEI memang tidak muncul, berikut cara mengembalikan no imei oppo smartphone yang hilang :

    1. Masuk ke EngineerMode dengan cara tekan dial tombol *#*#3646633#*#*
    2. Setelah itu kita masuk ke menu EngineerMode, Pada tab Menu Conectivity pilih "CDS Information" kemudian pilih "Radio Information".
    3. Untuk memperbaiki IMEI SIM1 pilih "Phone1" dan ketik huruf A dan pilih AT+EGMR=1,7, "ISI IMEI SIM1 DISINI". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND" dan pastikan ada notifikasi "AT command is sent".
    4. Untuk memperbaiki IMEI SIM2 pilih "Phone2" dan ketik huruf A dan pilih AT+EGMR=1,10, "ISI IMEI SIM2 DISINI". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND" dan pastikan ada notifikasi "AT command is sent".
    5. Langkah berikutnya restart hp oppo yang kita miliki (matikan kemudian hidupkan kembali).
    6. Periksa IMEI dengan cara dial *#06#*. Apabila kita berhasil maka IMEI Oppo a37 sudah kembali dan tentunya sudah dapat digunakan dengan normal karena sinyal tidak hilang lagi.
    baca juga :

    Demikian langkah - langkah dalam memperbaiki jaringan yang tidak muncul pada hp oppo smartphone. Semoga thread kami kali ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca disini, sekian dan terima kasih ..
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Wah ane tidak menggunakan oppo nih
    masih setia menggunakan lenovo jadul a2010
    lumayan sinyal bagus
     
  3. aditya_gil

    aditya_gil Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Sip dah kalo gitu ..
     
  4. Benben

    Benben New Member

    Joined:
    Oct 2, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    wah bermanfaat sekali ini infonya gan , , , memang sih ane gak pake oppo cuma kebetulan ade ane pake oppo . . .
    terima kasih gan infonya . . .
     
  5. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page