Resep Membuat Keripik Kentang Super Renyah

Discussion in 'General Discussion' started by ericoryandika, Nov 30, 2017.

  1. ericoryandika

    ericoryandika New Member

    Joined:
    Nov 29, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    -Keripik-Singkong-Renyah-dan-Gurih.jpg
    Cara membuat keripik kentang super renyah - Tahukah Anda bahwa kentang yang mempunyai nama ilmiah Solanum tuberosum L. tersebut merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan pada bagian umbi batangnya? Umbi kentang di
    manfaatkan oleh manusia untuk membuat beragam olahan makanan, salah satu makanan olahan umbi kentang yang paling populer adalah keripik kentang.

    Makanan olahan dari bahan dasar kentang ini memang sudah dipasarkan dengan berbagai varian rasa dan merek dagang karena hampir semua orang sangat suka mengkonsumsi keripik yang satu ini.

    Siapa yang tidak menyukai keripik kentang, cemilan yang satu ini sangat cocok dinikmati sambil menonton tv dan membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah, apalagi disaat musim hujan begini.Bagi Anda yang gemar menyantap keripik kentang, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
    Keripik kentang adalah salah satu cemilan yang sangat cocok untuk segala suasana. Jika dulu hanya memiliki rasa original saja, keripik kentang kini sudah berevolusi dengan berbagai varian rasa; sebut saja rasa keju, balado, pedas,gurih dan lainnya.

    para ahli makanan telah melakukan percobaan untuk mendapatkan keripik kentang yang super renyah. Ini bukan hanya masalah bagaimana teknik memotong kentang dan memasukkannya ke dalam oven, tetapi ini masalah rasa,,ternyata rahasianya terletak pada tepung jagung.

    Bahan yang umun Anda temui ini, dapat membantu menyerap kelembapan yang dihasilkan oleh kentang sehingga memberikan tekstur yang halus dan renyah pada saat digoreng.

    Mau Coba ? Nah kali ini kami akan membagikan resep membuat keripik kentang super renyah,simak langkah - langkahnya berikut ini yah :

    Bahan - bahan :

    -Pertama-tama, sediakan bahan utama dalam pembuatan keripik kentang tersebut yaitu kentang. Anda dapat membeli 1 kg kentang untuk membuat keripik kentang dalam porsi besar.

    - Namun, jangan memilih kentang sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas rasa dari keripik yang akan Anda buat. Usahakan untuk membeli kentang yang besar-besar, berumur tua, dan berkulit halus tanpa adanya bintik-bintik hitam.

    - Selanjutnya, sediakan pula kapur sirih dan air secukupnya untuk bahan rendaman kentang. Setelah itu, untuk bumbu dasarnya, sediakan 1 ½ sendok teh garam halus, 1 ½ sendok teh bawang putih bubuk, merica halus dan gula secukupnya, dan 1 ½ sendok teh paprika bubuk.

    - Terakhir, sediakan juga varian bumbu tabur yang paling menggoda selera Anda. Bumbu tabur keripik kini sudah tersedia di pasaran sehingga kita tidak perlu untuk mengolahnya sendiri. Varian bumbu tabur keripik ketang yang bisa dipilih terdiri dari balado, keju bubuk, barbeque, cabai bubuk, dan lain-lain.


    Langkah - langkah untuk Cara Untuk Membuat Keripik Kentang super renyah:

    1. Untuk cara membuat keripik kentangnya adalah dengan cara mengupas kentang lalu cuci sampai benar-benar bersih. Supaya kupasan keripik tipis dan merata, maka gunakanlah parutan khusus keripik kentang karena alat tersebut dapat menghasilkan irisan dengan ketebalan yang super tipis sampai dengan 1/8 inci.1.

    2. Larutkan kapur sirih bersama dengan air. Masukan irisan kentang tadi lalu aduk-aduk sebentar saja kemudian tiriskan di atas kertas handuk sampai benar-benar kering. Berikan bumbu dasar dengan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya.

    3. Cara membuat bumbu dasar keripik kentang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan bumbu tadi dan aduklah sampai benar-benar rata.

    4. Setelah itu, panaskan minyak dengan menggunakan nyala api kecil. Upayakan mengunakan minyak yang banyak agar proses penggorengan kentang dapat berjalan dengan sempurna.

    5.Kemudian, masukan kentang ke dalamnya. Aduk satu kali saja dan tunggu hingga kentang berwarna kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

    6.taburi keripik yang sudah digoreng tadi dengan bumbu tabur sesuai dengan selera Anda, lalu aduk-aduk hingga merata.

    7. Catatan : Ada yang perlu Anda perhatikan agar proses pembuatan keripik dapat berjalan dengan sempurna. Anda harus merendam kentang dengan air dingin dan campurkan dengan kapur sirih supaya kandungan gula dalam kentang dapat mengurang.

    8.Keripik kentang super renyah siap dinikmati :)

    9.Selamat mencoba..
     
  2. Fitri Yuliani

    Fitri Yuliani New Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Owh tidak hanya keripik singkong ya, penggunaan Kapur sirih juga dianjurkan agar bisa super renyah
     
  3. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Point 5, kurang tuh, masa iya cuma di Aduk sekali? mana bisa merata, kalau mau bagus tuh sering di aduk, biar ngembang sempurna gak bantat hasil keripiknya
     
  4. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    208
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Bisa di coba ini haha mayan buat cemilan
     
Loading...

Share This Page