Spot Baru "Jembatan Kaca" di Kampung Warna-Warni Malang

Discussion in 'Tourism' started by ratijo, Nov 14, 2017.

  1. ratijo

    ratijo Member

    Joined:
    Oct 5, 2017
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Pasca sukses mengubah kampung yang dulunya biasa saja menjadi kampung desitinasi wisata terkemuka di tanah air, kini mereka membuat suatu gebrakan lagi dengan jembatan kaca Jodipan. Para warga dan tim kreatif kini telah meresmikan sebuah jembatan kaca yang menjadi penghubung antara kampung warna warni dengan kampung 3D. Tak hayal kini para wisatawan lokal terutama kids jaman now makin gencar mengunjungi jembatan kaca tersebut, hanya untuk mengambil foto selfie.

    Jembatan kaca yang menjadi penghubung antar kampung warna warni dengan kampung 3D tersebut diekspektasikan mampu menyedot wisatawan domestik maupun mancanegara. Jembatan kaca ini juga dinobatkan sebagai jembatan kaca yang pertama kali dibangun di Indonesia. Dan sejak jembatan ini diresmikan hanya dikunjungi sekitar 150 pengunjung setiap hari, tapi hingga saat ini sudah ada sekitar 300 pengunjung per hari.

    Sebelum adanya jembatan ini, pengunjung wisata kampung warna warni harus berjalan di trotoar jalan utama. Nah, untuk meningkatkan volume pengunjung maka warga dan pemerintah serta tim kreatif membuat jembatan kaca. Ide ini terinspirasi dari Zhangjiajie, Tiongkok yang membangun jembatan kaca terbesar dan membentang diatas jurang pegunungan. Nggak heran bila jembatan kaca di Jodipan ini menjadi yang pertama di Indonesia. Jembatan kaca di Zhangjiajie membentang sepanjang 430 meter dengan ketinggian 300 meter.

    Well, bagaimana jembatan kaca Jodipan ini dibangun dan siapa pemrakarsanya? Jembatan kaca Jodipan ini dibangun dengan waktu lima bulan dan dengan menggunakan dana dari Corporate Social Responsonbity (CSR) PT Indana. Sedang desain jembatan kaca ini dibuat oleh dua pemuda Mahasiswa Teknik Sipil UMM. Yakni Mahatma Aji dan Khoirul di bawah bimbingan dosennya, Lukito Prasetya. Jangka waktu pembangunannya dimulai pada tanggal 8 Mei - 7 Oktober 2017, dan baru diresmikan pada bulan ini tanggal 9 Oktober lalu.

    “Jembatan kaca Ngalam milik Indonesia ini adalah destinasi wisata baru yang bila membuat nyali kamu teruji. Dan juga bisa menjadi penghubung bagi masyarakat atau pengunjung yang ingin melihat-lihat kampung warna-warni dan kampung Tridi (3D) yang namanya sudah populer go internasional,” ungkap Wali Kota Malang Mochamad Anton ketika meresmikan Jembatan kaca tersebut.

    Detail dari jembatan kaca ini bertype jembatan gantung. Dengan warna kuning emas, dan memiliki panjang 25 meter serta lebar 1,25 meter lalu dengan ketinggian 9,5 meter diatas tanah. Pada setiap ujung Jembatan telah dicor beton untuk penguat atau penyangga, sedangkan bahan kaca ada diantara railing yang menjadi penopang utama.

    Kehati-hatian juga diperlukan dalam berjalan di jembatan kaca ini, dan yang lebih penting adalah jangan pernah berlebihan ketika berjalan. Pada dasarnya jembatan ini merupakan karya manusia dan bukanlah hal yang sempurna, jadi kehati-hatian pengunjung untuk menjaga diri itu diperlukan.

    Memang udah menjadi kebiasaan bahkan kewajiban para remaja yang ingin selalu terlihat eksis serta tidak sabar untuk berselfie bersama objek wisata baru di Indonesia. Karena anak jaman now lebih mementingkan eksis-nya maka tidak jarang malah menimbulkan malapetaka juga merusak wahana.

    Jembatan ini hanya bisa menampung sekitar 50 orang atau masing-masing benda dengan berat 250 Kg. Dikarenakan belum sepenuhnya terdiri dari kaca sebagai lantai jembatan, kaca hanya terpasang pada bagian tengah jembatan saja. Namun hal itu juga sudah bisa membuat orang yang berdiri di atas kaca seakan-akan berdiri diatas ketinggian dan membuat andrenalin terpicu. Nggak jarang pula yang takut untuk menyebrangi jembatan kaca ini, gimana menurut kalian ANTVLovers? Mau berkunjung ke sana?

    Well, disamping itu Dirut Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan juga menyatakan, perlu adanya sebuah peringatan dini untuk bencana banjir. Sebab ternyata kawasan Kampung Warna Warni memiliki potensi banjir besar seperti yang pernah terjadi pada tahun 2007 dan 2010.

    Jadi buat kamu kids Jaman Now, bila ingin menikmati wahana baru sembari berfoto selfie. Maka jangan lupa kunjungi Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi. Kedua kampung itu instagramable banget lho gaes, so just enjoy the beautiful and thrill ANTVLovers... (Sumber : ANTVKLIK.COM)
     
  2. HadoSW

    HadoSW Member

    Joined:
    Nov 14, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    keren ya,,, penggagasnya ini.... bisa ngarahin warganya,,,,
     
  3. ratijo

    ratijo Member

    Joined:
    Oct 5, 2017
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    yup,, mahaswi UMM penggagasnya,, dibantu warga kampung da jajaran polisi & tni.. disponsori juga perusahaan cat ternama,, jadilah wisata kapung warna warni
     
  4. HadoSW

    HadoSW Member

    Joined:
    Nov 14, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sponsor+Polisi+TNI , pryek apa aja jalan ya,,, yang penting bermanfaat.
     
  5. kylie janner

    kylie janner New Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    keren menciptakan kampung jadi tempat wisata yang ngehits di malang
     
  6. ratijo

    ratijo Member

    Joined:
    Oct 5, 2017
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    yup... sekarang jadi destinasi liburan bagi banyak orang

    yup,, kreatif,, awalnya kampung kumuh disulap jadi tempat wisata yang cakep
     
  7. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    sekarang Kampung Warna Warni Jodipan jadi ramai wisatawan yang penasaran dengan Jembatan Kaca Ini
     
Loading...

Share This Page