Beberapa Cara Mengurangi Mendengkur Saat Tidur

Discussion in 'Health & Medical' started by mlxjakarta, Nov 10, 2017.

  1. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]

    Banyak orang yang mendengkur merasa bersalah karena membuat keributan setiap malam, dan mengganggu pasangannya. Pasangan yang mendengkur sangat keras secara serius memang dapat mempengaruhi kualitas tidur pasangannya. Hal ini bisa menyebabkan pagi hari dimulai dengan emosi, dan kadang menjadi penyebab untuk memutuskan tidur di kamar yang terpisah. Siapupun tentunya tidak menginginkan hal ini.

    Pada post kali ini saya akan mencoba membahas beberapa cara yang bisa kamu praktekan untuk mengurangi mendengkur saat kamu tidur. Berikut ini adalah daftarnya:

    1. Tidur Miring

    Jika kamu merupakan tipikan orang yang suka tidur telentang, kemungkinan kamu mendengkur lebih besar. Posisi tidur telentang, dasar lidah kamu dan langit-langit yang lunak meluncur kembali ke belakang, sehingga angin berkumpul di tenggorokan. Hal ini menyebabkan getaran di tenggorokan yang menghasilkan suara mendengkur. Untuk cara mengurangi mendengkur, ubah posisi tidur menjadi posisi miring.

    2. Mandi Air Panas

    Mandi air panas bisa membantu membuka saluran hidung. Untuk benar-benar membukanya, bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih. Bila saluran hidung terbuka akan lebih mudah bernapas. Dan saat kamu bernapas lebih mudah, kamu cenderung tidak akan mendengkur.

    3. Berolahraga

    Berolahraga akan menurunkan berat badan yang dapat membuat napas lebih mudah, sehingga bebas mendengkur. Ketika berat badan kamu bertambah, leher menjadi lebih tebal. Hal ini mengakibatkan tenggorokan menjadi tercekik. Menurunkan berat badan akan membantu masalah penyempitan ini, dan kamu tentunya akan menjadi lebih sehat.

    4. Membersihkan Udara

    Bagian hidung memainkan peranan penting yang menentukan apakan kamu mendengkur atau tidak. Jika ada masalah alergi debu dapat menyebabkan kamu mendengkur, cara mengurangi mendengkur bisa dengan membersihkan udara di kamar tidur kamu. Bisa dilakukan dengan menempatkan tanaman yang dapat memurnikan udara dan rajin-rajinlah untuk membersihkan kamar kamu terutama adalah tempat tidur dan bantal, secara berkala ganti sprei dan sarung bantal.

    5. Berhenti Merokok

    Berhenti merokok merupakan win-win solution. Kamu menjadi lebih sehat sehingga mengurangi mendengkur dan tidak lagi mengganggu pasangan kamu saat tidur. Tidak perlu lagi dijelaskan, banyak sekali penelitian yang mengungkap bahwa rokok sangat tidak bagus untuk pernapasan, yang dapat menyebabkan seluran udah tersumbat.

    Sumber
     
  2. Yayan Casper

    Yayan Casper Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    671
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    28
    kecapean juga salah satu pnyebab mendengkur saat tidur, kalo ga salah sih :D
     
  3. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kalau tidurnya mendengkur mah pasti ada masalah dengan pernafasan, itu yang saya tau dari dokter sih, makanya kebiasaan merokok juga bisa jadi penyebab. Kualitas tidur juga bisa terganggu meskipun tempat tidurnya sudah nyaman karena mendengkur bisa bikin tidur terganggu apalagi kalau hidung mampet
     
Loading...

Share This Page