Cara Memulai Bisnis Rental Mobil Rumahan

Discussion in 'General Business' started by eunhye star, Dec 19, 2016.

  1. eunhye star

    eunhye star New Member

    Joined:
    Sep 28, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ketika kebutuhan transportasi terus meningkat, maka hal tersebut menjadikan pula sebuah peluang bagi siapapun yang ingin bergelut di bidang tersebut. Salah satunya adalah bisnis rental mobil, bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi yang cukup besar.

    Namun, bagaimana dengan anda yang akan menjadi pelaku usaha rental mobil atau di daerah anda masing masing ? ya, pikiran utama yang akan muncul di benak anda adalah bagaimana caranya agar usaha anda memiliki pelanggan yang banyak ?. cara yang paling pertama yang harus anda lakukan adalah tentu saja anda harus membangun branding perusahaan anda dengan baik, agar tercipta reputasi yang baik dari usaha anda. Dan anda juga dapat memperhatikan terlebih dahulu dan mempraktekan langsung hal- hal dibawah ini :

    1. Anda harus menentukan prospek dan target usaha rental anda.

    Inilah hal yang perlu anda perhatikan ketika akan memulai usaha rental mobil. Apakah di lokasi anda memiliki prospek yang bagus ataukah sebaliknya, dan target pasar atau sasaran dari konsumen anda siapa, apakah itu orang yang akan berwisata atau yang lainnya. Penentuan target dan prospek inilah menjadi kunci yang penting ketika anda akan memutuskan untuk membangun usaha rental mobil, anda bisa mengamati secara langsung atau bisa juga mencari informasi dari sumber kedua, seperti dari media yang khusus meliput kebutuhan transportasi di daerah tersebut.

    2. Pilih lokasi usaha anda

    Dalam membangun usaha apapun, lokasi memanglah hal yang sangat penting. Namun, apabila anda akan membuat usaha rental mobil usahan lokasinya harus dekat dengan jalan raya yang ramai, atau banyak dilalui oleh orang- orang karena hal ini akan membuat calon klien mudah untuk menemukan lokasi usaha anda. Pemilihan lokasi yang kurang epat akan membuat usaha anda kurang maksimal, seperti kesulitan menemukan lokasi usaha anda, kebingungan mencari lokasi usaha
    anda atau bahkan akses yang kurang mendukung sehingga membuat usaha anda kurang diketahui oleh orang- orang.

    3. Lakukan promosi dan pemasaran yang efektif

    Strategi usaha yang anda susun secara efektif akan menentukan keberhasilan usaha anda. Ditambah lagi dengan cara pemasaran yang baik, akan semakin meningkatkan pendapatan dari usaha anda. Maka dari itu, susunlah strategi sebaik mungkin dan maksimalkannlah promosi usaha rental mobil anda. Apalagi di jaman sekarang orang- orang kebanyakan sudah melek akan teknologi jejaring sosial, maka anda lakukan promosi di berbagai media social, dengan dilakukannya promosi di media social maka memungkinkan usaha anda akan terkenal di manapun.

    Dan dibawah ini juga akan dibahas bagaimana cara dan strategi untuk melakukan dan memaksimalkan promosi usaha rumahan rental mobil anda. Dan anda pun bisa membuktikannya dengan praktek secara langsung.

    1. Promosi melalui online

    Ya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi secara online, diantaranya adalah melalui jejaring social. Anda pasti mempunyai akun jejaring social yang kini sering anda gunakan, banyak pebisnis yang mempromosikan usahanya melaui akun jejaring social. Kini akun jejaring social bukan hanya dimanfaatkan untuk mengekspose kegiatan keseharian anda saja, melainkan juga dimanfaatkan untuk mengekspos usaha yang sedang anda jalani. Banyak media yang kini dimanfaatkan untuk promosi, seperti facebook, twitter, instagram, google plus, dan masih banyak media social lainnya.

    2. Promosi melalui offline

    Waupun cara promosi ini dibilang jadul, tapi promosi ini memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi para
    yang kini sering anda gunakan, banyak pebisnis yang mempromosikan usahanya melaui akun jejaring social. Kini akun jejaring social bukan hanya dimanfaatkan untuk mengekspose kegiatan keseharian anda saja, melainkan juga dimanfaatkan untuk mengekspos usaha yang sedang anda jalani. Banyak media yang kini dimanfaatkan untuk promosi, seperti facebook, twitter, instagram, google plus, dan masih banyak media social lainnya.

    3. Promosi melalui offline

    Waupun cara promosi rental mobil ini dibilang jadul, tapi promosi ini memiliki daya tarik yang cukup kuat bagi para
    konsumen. Anda dapat mempromosikan usaha anda melalui banner atau spanduk yang dipasang di tempat- tempat yang menurut anda strategis. Anda pula bisa membuat media offline untuk promosi usaha anda seperti melalui brosur, iklan Koran atau kartu nama yang anda bagikan kepada calon pelanggan anda.

    Hal yang menyebabkan bisnis rental mobil ini sangat berpeluang adalah pola hidup yang praktis yang muncul dari setiap orangnnya. Contohya adalah anda merupakan orang Jogja yang akan bepergian ke luar kota bersama keluarga,ketika itu sebagian anda tidak mau ribet unntuk menenteng barang bawaan anda untuk turun naik kendaraan yang berbeda, apalagi berdesakan dengan penumpang lain di kendaraan umum, maka dari itu anda lebih memilih pergi ke rental mobil untuk menyewa mobil, daripada repot- repot dengan permasalahan yang ditimbulkan karena naik angkutan umum.
     
    Harapan Sidabutar likes this.
  2. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Dec 17, 2014
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Yup itu benar, dengan memanfaatkan media online seperti sosial media, website, fanspage, dll bisa membuat rental mobil semakin dikenal dan menjadi ajang branding serta promosi yang efektif.
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Sekarang ini jejaring sosial banyak digunakan para pebisnis untuk melakukan promosi produk yang mereka jual, dan terutama yang memiliki skill promosi yang bagus ini akan memberikan nilai tambah akan barangnya menjadi sasaran konsumen
     
  4. Harapan Sidabutar

    Harapan Sidabutar New Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    media sosial saat ini menjadi pasar yang bagus, namun tetap diperlukan kerja keras, serta bisa membangun trust, banyak pelanggan saya yang bergerak dibidang rental bus pariwisata yang serius memamfaatkan media sosial untuk mendapatkan pelanggannya.

    salam kenal untuk kita semua.
     
    Last edited by a moderator: Feb 1, 2017
  5. eunhye star

    eunhye star New Member

    Joined:
    Sep 28, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    terimakasih untuk informasi tips nya...oke bgt gan...sangat bermanfaat dan berguna buat saya
     
  6. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Butuh telaten dan keuletan dalam menjalani bisnis rental mobil supaya dikenal sosial media, website yang dibangun, forum, dan lainnya
     
  7. ekoris

    ekoris New Member

    Joined:
    Jun 10, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Aplikasi rental mobil online yang bisa dipesan untuk bisnis rental mobil anda di
    https://rentalmobilonline.com
    Atau bisa daftar sebagai member kami.
    Semoga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis anda.
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sayangnya masih banyak kasus mobil rental yg dilarikan penyewa nya, kayanya lebih aman sih pake sistem supir sendiri, kecuali sudah kenal betul boleh lah lepas kunci, karena dipasangin gps pelacak pun mereka udah pada tau letak dan cara membongkar atau menonaktifkannya
     
  9. sinarmasrentalmobil

    sinarmasrentalmobil New Member

    Joined:
    Sep 30, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya juga menyediakan sewa mobil palembang. Tapi dengan harga yang murah, terjangkau, sewa berbagai jenis mobil seperti rental innova reborn, avanza, xenia, alphard dan hiace. Semuanya bermula dari bisnis rumahan dengan modal dua atau tiga mobil, tapi sekarang alhamdulillah sudah tersedia armada terbaru kami.
     
  10. sukmadinata

    sukmadinata Member

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    bisnis rental mobil memang menjanjikan apalagi kalau promosinya gencar, berani keluar modal sedikit untuk promosi tapi hasilnya bisa berkali lipat gak masalah
     
  11. Ivan Ahsandi

    Ivan Ahsandi Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    57
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Selain pemakai individu yang sekarang memiliki banyak pilihan transportasi, maka perlu juga ditargetkan juga pasar corporate yang rentalnya bisa sampai bulanan. :)
     
  12. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Prospeknya masih sangat bagus, cuma harus hati" sekali, lebih baik sih jangan sistem lepas kunci, jd kita sediakan driver sendiri, kecuali benar" kenal, saudara saya ada yg bisnis rental di daerah tangerang, itu mobil rental, GPS tracker nya di bobol, tp alhamdulillah ketangkep di lampung.. hebat polisi lacak dari no hp, mungkin malingnya ga sadar hpnya tetap mengeluarkan sinyal yg bisa dideteksi
     
  13. trijaya22

    trijaya22 New Member

    Joined:
    Nov 4, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    siip..sip..gan...mantap jiwa...oke bgt neh tipsnya..
     
  14. ariswin

    ariswin Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tips yg sangat inspiratif gan, mau coba ah
     
  15. sandradewi

    sandradewi New Member

    Joined:
    Jun 17, 2015
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bisnis rental mobil rumahan merupakan salah satu awal bisnis jasa rental mobil selain bantuan dari media sosial
     
Loading...

Share This Page