Cinderamata Berbahan Baku Sampah Ini Harganya Mencapai Ratusan Ribu Rupiah

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 17, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Biasanya sampah rumah tangga berupa plastik, botol, dan kaleng, hanya dibuang begitu saja karena bisa mengotori lingkungan. Namun di tangan kreatif warga Sumowono kabupaten Semarang Jawa Tengah, sampah bisa disulap menjadi berbagai sovenir dan cenderamata yang menarik, dan mempunyai nilai jual tinggi, hingga ratusan ribu rupiah.

    Tas jinjing beraneka bentuk ini tampak bagus bukan?. atau tanaman bunga dalam pot, atau tabulapot ini juga tampak menarik. Namun siapa kira, barang-barang bagus dan menarik tersebut terbuat dari barang bekas, yang biasanya terbuang begitu saja.

    Kreativitas ini adalah ide dari Anita Lusiya Dewi, warga Sumowono, kabupaten Semarang Jawa Tengah. Anita prihatin melihat tumpukan sampah plastik yang berserakan di pasar dekat rumahnya. dari sanalah tercipta ide memanfaatkan sampah menjadi barang yang mempunyai nilai jual.

    Berdasar prinsip cinta lingkungan inilah, Anita kemudian bisa memberdayakan ibu-ibu warga Sumowono dan memulai usaha cinderamata tahun 2012, yang diberi nama makarame. Tidak hanya cinderamata berbentuk barang, Anita juga menciptakan suvenir yang mengkolaborasikan antara kaktus dan makrame, atau seni kerajinan dengan memanfaatkan tali dan benang, serta kokedama, atau seni menanam dari Jepang tanpa menggunakan pot, dengan memanfaatkan sabut kelapa.

    Alhasil dengan keunikan hasil kreasinya, cenderamata tanaman unik ini sangat cocok untuk hiasan, terutama bagi pecinta tanaman di dalam ruangan. Sovenir dan cinderamata hasil karya Anita, dijual dari harga Rp5 ribu, hingga ratusan ribu Rupiah tergantung keunikannya.

    Sementara hasil kreativitasnya ini dipasarkan melalui internet. Saat ini pelanggan atau pemesannya selain dari wisatawan sekitar, namun banyak juga pemesan dari luar negeri.

    “Nah ternyata sampah bisa mendatangkan penghasilan, jika kita pandai memanfaatkan peluang dan kreatifitas yang ada. Jadi tak ada usaha yang tak menghasilkan dan sia-sia jika kita bersungguh-sungguh menjalankannya,” kata pembeli suvenir, Adinda. (sumber)
     
  2. rihat12

    rihat12 New Member

    Joined:
    Nov 30, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wih mantep nih idenya, mendaur ulang sampah dibuat sesuatu barang yang punya nilai jual tinggi. Ane salut dah bisa buat tas, dan berbagai souvenir lainnya yang ada dengan kreatifitas yang dimiliki.
    *bagus*
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Ide yang kreatif dan juga memiliki bakat dalam ,mengolah sampah menjadi barang yang bagus dan memberi nilai jual lebih tinggi, tapi mungkin tidak semua jenis sampah akan bisa dijadikan cinderamata,
     
  4. zahraalina

    zahraalina New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kreativitas yang patut di contoh
     
Loading...

Share This Page