Nanoteknologi Di Dunia Medis

Discussion in 'Health & Medical' started by Malik Al-farokh, Nov 1, 2017.

Tags:
  1. Malik Al-farokh

    Malik Al-farokh Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Nanoteknologi di dunia medis melibatkan penerapan nanopartikel yang saat ini dalam pengembangan dan penelitian yang melibatkan penggunaan robot berukuran nano yang dibuat untuk tujuan memperbaiki pada tingkat sel. Ilmuwan sekarang berupaya membuat struktur nano yang berfungsi sebagai obat kanker baru untuk mengobati kanker.

    Bagi para ahli Nanomaterials ini dimaksudkan untuk digunakan sebagai jaringan buatan yang akan menggantikan ginjal atau hati yang sakit atau berpenyakit, dan bahkan memperbaiki kerusakan saraf, serta mengintegrasikan alat nano (Nanodevices) dengan sistem saraf untuk membuat implan yang mengembalikan penglihatan dan mendengar, dan membangun anggota badan buatan baru.

    Nanorobot Di Dunia Medis

    Nanorobotics adalah teknologi untuk membuat mesin atau robot dengan skala mikroskopis nanometer (10-9 meter). Lebih khusus lagi, nanorobotics mengacu pada disiplin teknik bahwa sebagian besar perangkat mulai berukuran 0,1-10 mikrometer dan terbuat dari komponen nano atau molekul. Mesin ini akan menghadapi beberapa keadaan fisika yang unik. Pada skala kecil, cairan kental muncul sebagai molase, dan gerak Brown membuat semuanya bergerak tanpa henti. Mengambil inspirasi dari motor biologis sel hidup, ahli kimia belajar bagaimana memanfaatkan dinamika protein untuk daya mikron dan mesin nanosize dengan reaksi katalitik. Pada tahun 2010 belum ada yang membuat nanorobot non-biologis buatan: tetap merupakan konsep hipotetis. Nama nanobots, nanoids, nanites atau nanomites juga telah digunakan untuk menggambarkan perangkat hipotetis ini. Aplikasi untuk nanorobotics dalam perawatan meliputi diagnosis dini dan pemberian obat yang ditargetkan untuk kanker, pengoperasian instrumentasi biomedis, pemantauan farmakokinetik pada diabetes dan perawatan kesehatan.

    Aplikasi Kedokteran

    Beberapa aplikasi nano di dunia medis antara lain mulai dari penggunaan biosensor untuk mendeteksi anomali di dalam tubuh, seperti konsentrasi gula darah tinggi yang akan memicu diabetes, yang dengan konsep nanorobots, dikembangkan dengan menggunakan nanoteknologi molekuler. Tujuan akhir dari nano adalah untuk melakukan prosedur terapeutik nanorobik pada sel individu tertentu yang terdiri dari tubuh manusia.

    Saat ini, Nanomedicine memiliki aplikasi di:

    1. Sistem Pengiriman Obat - karena obat hari ini semakin kecil, mereka akan dapat dengan mudah "menyelinap" melalui mekanisme pertahanan tubuh dan akan dapat mencapai tempat di mana obat yang ada saat ini tidak dapat dicapai. Karena senyawa yang lebih kecil memiliki luas permukaan yang besar dengan rasio volume, obat baru ini juga harus lebih reaktif.

    2. Deteksi Penyakit - Nanopartikel kecil dikenal sebagai "titik kuantum" yang bisa dibuat untuk mengeluarkan berbagai warna tergantung ukurannya. Mereka juga dapat dibuat untuk melampirkan komponen biologis yang berbeda, seperti protein tertentu dalam warna tertentu, sehingga memudahkan analisis darah untuk komponen tertentu.

    3. Penghancuran Jaringan yang Menyakitkan - Teknologi ini memanfaatkan nanoshells, bola kaca berlapis emas mikroskopik. Nanoshells juga dapat dirancang untuk mengikat komponen tertentu di dalam tubuh, dan kemudian dapat dipanaskan dengan laser untuk menghancurkan jaringan yang rusak tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit oleh jaringan lain.

    4. Penemuan Obat - perusahaan farmasi mulai menggunakan teknologi nano untuk mengembangkan obat genetik yang ditargetkan. Hal ini memungkinkan untuk pengembangan obat yang lebih tepat, dan membuatnya lebih cepat untuk menentukan apakah zat tersebut sesuai untuk digunakan dalam obat-obatan terlarang.

    Ini hanya beberapa dari banyak aplikasi nanomedicine dan dapat dipastikan bahwa nano akan bersinar beberapa tahun ke depan. Telah dikatakan bahwa keberhasilan pengembangan nanorobot medis akan "mengubah dunia kedokteran selamanya."
     
  2. RanggaGunawan

    RanggaGunawan Member

    Joined:
    Oct 31, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page