Informasi Mengenai Konfigurasi Bangku Dan Kapasitas Tempat Duduk Pada Bus Pariwisata

Discussion in 'Otomotif' started by kikiazki, Oct 13, 2017.

  1. kikiazki

    kikiazki Member

    Joined:
    Oct 1, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Bila anda mempunyai rencana untuk berpergian dengan melibatkan puluhan orang, baik dari rombongan kantor atau komuniatas lainnya. Dimanana pasti anda akan terfikirkan untuk mecari solusi transportasinya berupa bus untuk disewa atau di carter, yang tentunya bisa menampung banyak penumpang di dalamnya. Namun mungkin ada sebagian dari kita yang belum tau atau mungkin ingin mencari lebih banyak tentang segala informasi bus pariwisata secara lebih mendalam.

    Disini saya tidak menjabarakan tentang bagian atau sepesifikasi permesianan, karoseri atau beragam merek aksesoris equipmentnya. Maklum saat ini belum di berikesmpatan punya bus, dan saya juga bukan sebuah pecinta komunitas bus di Indoneisa, saya hanya sekedar mengshare saja apa yang saya tahu tengang sebuah bus pariwisata. Mungkin bila anda ingin mencari informasi tersebut anda bisa mencari di lapak terdekat.
    Tapi saya disini mencoba membahas tentang jumlah kapasitas dan konfigurasi bangku yang ada pada bus terutama yang ada di Indonesia atau sebatas informasi yang saya milki, jadi maaf kalau masih belum lengkap ya.

    Yang pertama adalah K0nfigurasi bangku 2-3 dengan jumlah kapasitas 59sheater / 59 bangku.
    [​IMG]
    Konfigurasi bangku ini artinya memliki desain bangku 2 baris disisi kiri dan 3 baris disisi kanan, dimana tujuan nya adalah dengan memaksimalkan ruang kabin yang ada agar bisa mengangkut banyak penumpang. Namun jangan khawatir walau terlihat padat jika diisi "full seat", desain fomrasi bangku tetap memperhatikan sisi kenyamanan penumpang dan tetap pada jalur regulasi keselamatan yang ada yang ditetapkan pemerintah tentang daya tampung dan daya angkut.

    Berikutnya adalah kapasitas bangku 2-2 dengan jumlah kursi 47 seats atau 47 bagku.
    [​IMG]

    Untuk jenis konfigurasi ini adalah bangku 2-2 atau 2 di kiri dan 2 di kanan, dengan tidak mengurangi bentuk fisik dari jenis busnya tersebut. Dengan perbedaan kapsitas yang lebih sedikit otomatis jumlah penumpang yang tertapung jadi tidak terlalu banyak. Sehingga biasanya jenis bangku di pasang dengan jenis bangku yang lebih luas di bandingkan dengan yang konfigurasi 2-3. Cocok untuk anda yang memiliki kebutuhan khsusus terutama yang memilki tujuan perjalanan jauh. Karena jarak antar bangku juga otomatis menjadi agak renggang, jadi posisi duduk jadi lebih nyaman.

    Bus Pariwisata toilet atau Bus dengan fasilitas toilet di dalamnya.
    [​IMG]
    Untuk yang ketiga atau yang terkahir saya samapaikan di thread kali ini yaitu bus pariwisata yang ada fasilitas toilet di dalamnya atau bus toilet. Untuk konfigurasinya ini di setting dengan bangku 2-2, dimana space kabinya harus disiapkan khusus untuk posisi toilet. Biasanya juga di fasilitasi dengan Smooking Room yang disekat, yang tidak ber ac tapi menggunakan blower hisap. Bagi anda yang mempunyai perjalanan yang menempuh ber hari-hari untuk mempersingkat perjalanan agar tidak terlalu sering istirahat. Pilhan bus pariwisata toilet ini bisa di jadikan andalan, tapi perlu di ketahui untuk masalah ketersediaan sangat terbatas. Biasanya perusahaan operator bus pariwiata sangat jarang menyiapkan bus pariwisata toilet ini.

    Berikut informasi yang bisa saya sampaikan dalam tread ini, sebenarnya masih ada beberapa konfigurasi dari beberapa jenis bus yang ada. Tapi maaf untuk saat ini baru samapai disini, namun di trade berikutnya akan saya tambahkan untuk informasi selengkapnya, alias bersambung..... :):). Karena cukup capek juga mengumpulkan dan membuat bahan atau materinya *berkeringat*. Satu lagi saya bukan pengusaha jual beli bus ya, kalau anda ingin membeli bus langusng aja ke dealer terdekat ;);).

    Saya mengumpulkan tulisan tentang Konfigurasi Bus Pariwisata ini dari beberapa sumber, jadi mohon maaf kalau ada salah dan masih kurang disana-sini. Keindahan untuk berbagi saya terima dari temen-temen semua dengan komentar di bawah ya.....
     
  2. hepipulsa

    hepipulsa New Member

    Joined:
    Sep 28, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau pariwisata sebaiknya pake yang sheat 2-2 om, karena yang namanya wisata itu pasti perjalanan jauh dan perlu istirahat dalam perjalanan, kalau sheat 2-3 untuk pariwisata itu sebenernya sedikit menyiksa,
     
  3. kikiazki

    kikiazki Member

    Joined:
    Oct 1, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Semua sih tergantung pilihannya masing-masing @hepipulsa terkadang ada beberapa faktor kebutuhan tertentu. Tapi kalau seperti bus malam yang biasanya sudah pasti jarak tempuhna jauh, emang harus pakai yang bangku 2-2 deh. kayaknya udah nggak ada bus malam yang pake bangku 2-3, kayaknya sih...:D
     
  4. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kalu saya lebih nyaman seat yang 3 dan di tengah belakang sopir supaya tidak mabuk
     
  5. kikiazki

    kikiazki Member

    Joined:
    Oct 1, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Kalau masalah mabuk biasanya sih tergantung kondisi fisik mbak. Juga selain itu karena keadan di dalam nya yg kurang nyaman sehingga kita terbawa dalam keadaan fisik yg tidak nyaman juga :)
     
  6. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    iya bener juga mbak :D itu juga mempengaruhi
     
Loading...

Share This Page