9 Penyebab AC Tidak Dingin

Discussion in 'General Discussion' started by azet.technics, Jun 22, 2016.

  1. azet.technics

    azet.technics New Member

    Joined:
    Jun 24, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Mungkin anda sering mengalami unit AC mendadak menjadi tidak dingin. Tentu sangat mengganggu sekali di saat dibutuhkan AC malah tidak dapat digunakan karena tidak dingin. Berikut kami rangkum penyebab AC tidak dingin yang sering kami temui di lapangan, beberapa diantaranya dapat anda perbaiki sendiri jika dalam keadaan darurat.


    1. AC tidak dingin karena kotor
    AC yang kotor, baik pada bagian indoor AC maupun pada bagian outdoor AC akan mengurangi performa AC tersebut. Pada bagian indoor AC biasanya filter tertutup oleh debu pekat dan evaporator tertutup oleh lendir. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara yang ditiupkan akan menjadi terhambat, dingin pada evaporator diserap oleh lendir dan lumut sehingga udara yang di tiupkan sangat kecil dan dingin nya berkurang. Ruangan akan menjadi tidak dingin atau lambat dingin.

    Sedangkan pada bagian outdoor, AC yang kotor akan membuat kompresor menjadi cepat panas dan sering mati karena overheat. Efeknya tentu saja AC menjadi tidak dingin karena tidak ada yang memompa freon atau kurang dingin karena kompresor harus menurunkan suhu nya terlebih dahulu. Gejala AC tidak dingin karena masalah ini adalah angin yang di tiupkan indoor / outdoor AC lebih pelan dari yang biasanya. Disarankan untuk cuci AC secara rutin setiap 3 bulan sekali agar masalah ini terhindari.

    2. AC tidak dingin karena kurang freon atau freon habis
    Freon adalah medium dingin yang nanti akan dihembuskan oleh kipas pada bagian indoor AC. Jika freon pada AC kurang atau habis tentu saja menyebabkan AC tidak dingin. Hal ini juga menyebabkan kompresor cepat jebol karena overheat. Pada AC yang mengalami kurang freon juga akan terbentuk lapisan es. Jika lapisan es ini mencair saat AC dimatikan juga dapat menyebabkan terjadi kebocoran pada AC

    Gejala AC tidak dingin karena masalah ini hanya dapat dilakukan dengan pengecekan melalui alat untuk mengukur tekanan freon / manifold.

    3. AC tidak dingin karena sirkulasi freon tidak lancar
    Jika freon yang diisikan ke kompresor bukan freon murni, baik itu karena kesalahan pemasangan atau kelalaian teknisi AC akan menyebabkan AC tidak dingin. Masing-masing AC menggunakan jenis freon yang berbeda dan tekanan freon yang berbeda pula. Sirkulasi freon yang tidak lancar juga dapat disebabkan oleh pipa yang bengkok / patah pada saat pemasangan.

    Gejala ac tidak dingin karena pipa yang bengkok / patah dapat dilihat pada bagian pipa besar yang akan di selimuti es. Sedangkan jika ac tidak dingin karena freon bercampur oli dapat dites dengan membuang sedikit freon pada kompresor sambil di tampung pada sebuah wadah. Oli akan langsung terlihat pada wadah penampung tadi.

    4. AC tidak dingin karena Running Kapasitor yang daya nya sudah kurang / habis
    Running dan Starting Kapasitor pada AC berfungsi sebagai penggerak motor pada Kompresor yang nantinya akan memompa freon pada unit indoor. Tentu saja jika kapasitor tidak bekerja sebagaimana mestinya, freon pada AC anda tidak akan berjalan dan akibatnya AC menjadi tidak dingin.

    5. AC tidak dingin disebabkan Ampere yang terlalu tinggi / mesin outdoor yang sudah terlalu tua
    Ampere kompresor yang terlalu tinggi akan menyebabkan kompresor AC menjadi cepat panas. Akibatnya kompresor AC anda akan menjadi lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhu kompresor. Proses pendinginan ruangan akan menjadi lebih lama atau tidak optimal.

    6. AC tidak dingin disebabkan Pressure kompresor lemah
    Jika terjadi masalah ini, AC akan berkurang dinginnya dikarenakan freon yang di pompakan oleh kompresor AC tidak optimal. Hal ini biasa terjadi pada kompresor AC yang sudah tua. Pressure kompresor yang lemah juga berdampak terhadap konsumsi listrik AC yang meningkat.

    7. Kompresor mati total sehingga AC tidak dingin
    Jika kompresor mati total, maka saat ac di gunakan tidak ada hawa dingin sama sekali dikarenakan kompresor yang bertugas untuk memompa freon tidak berfungsi

    8. Kapasitas AC tidak sesuai dengan besar dan beban ruangan
    Tiap-tiap AC memiliki kapasitas pendinginan yang berbeda tergantung PK AC tersebut. Besaran PK AC juga berbanding lurus dengan konsumsi listrik AC. Semakin besar ruangan tentu membutuhkan PK AC yang semakin besar.

    Beban ruangan harus diperhitungkan juga. Ruangan yang memiliki banyak barang atau dihuni oleh banyak orang juga membutuhkan PK AC yang lebih besar. Jika PK AC tidak sesuai atau kurang dari yang dibutuhkan, proses pendinginan juga akan berlangsung lebih lama.



    9. AC tidak dingin karena ruangan terpapar langsung sinar matahari atau sumber panas
    Pengertian dingin adalah ketiadaan panas atau kalor. Jadi jika ruangan anda terpapar langsung sinar matahari atau sumber panas lainnya, otomatis dingin yang anda rasakan juga berkurang. AC anda juga akan bekerja lebih berat dalam mendinginkan ruangan tersebut.

    Ada baiknya ruangan yang terpapar sinar matahari langsung dilapisi cat penahan panas pada bagian luarnya. Atau anda bisa mengakali dengan memasang tirai matahari / sun shade

    Sumber : service ac jakarta barat
     
  2. cahyononw

    cahyononw New Member

    Joined:
    Jun 22, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    listrik adam ketika ac nyala setelah 10 menitan apa efek ac yang kotor ya ?
     
  3. rafa04

    rafa04 New Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Selain AC tidak dingin, penyebab lainnya yang bisa dibilang mengganggu adalah AC yang bocor. Airnya bisa membanjiri lantai dan mengganggu kinerja di kantor.
     
  4. azet.technics

    azet.technics New Member

    Joined:
    Jun 24, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Kompresor nya jebol itu gan.

    Yoi gan, masalah ini lebih sering terjadi di banding ac tidak dingin gan. Keliatannya sepele, tapi sering bgt kejadiannya
     
  5. ostnandar

    ostnandar Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Oalah pantes ac rumah ga dingin. Pdhl suhu udh mentok
     
  6. 7hakapolar

    7hakapolar New Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    terlalu sering pake mode dry berpengaruh ga sama ac yang jadi kurang dingin.. ac split saya begitu soalnya.
     
  7. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Ternyata banyak juga ya penyebabnya, dan itu semua perlu teknisi langsung biar pasti ngerjainnya, kudu panggil teknisi ac aja deh buat drumah
     
  8. Terima kasih tipsnya gan, sangat membantu sekali
     
Loading...

Share This Page