5 Hal Yang Membuat Motor Agan Keluar Asap Hitam

Discussion in 'Otomotif' started by Lifesociety, Sep 16, 2017.

Tags:
  1. Lifesociety

    Lifesociety New Member

    Joined:
    Nov 22, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Langsung saja ke pembahasan ini tanpa bertele-tele lagi, motor yang ngeluarin asap hitam dari knalpot memang mengganggu. Biasanya bukan kita yang terganggu, tapi justru orang lain. Terus apa sih penyebab motor kita bisa keluar asap hitam ?

    Sebetulnya, motor 4 tak itu menghasilkan emisi berupa gas CO tapi karena proses pembakaran mesin bensin 4 tak mendekati pembakaran sempurna maka asap yang dihasilkan juga bening tidak ngebul putih ataupun hitam. jika kejadiannya seperti topik ini, maka ada yang salah dari proses pembakaran pada mesin motor anda. biasanya motor yang keluar asap hitam itu terjadi akibat campuran bensin yang istilahnya kaya, apa itu ?

    campuran kaya adalah sebuah kondisi dimana perbandingan volume bensin lebih banyak dari porsi normalnya. Biasanya sih mesin bensin punya perbandingan bahan bakar sekitar 14 banding 1 atau 14 molekul udara banding satu molekul bensin, jika perbandingannya turun pada angka 12 : 1 atau dibawahnya maka itu bisa diindikasikan sebagai campuran yang kaya.

    Jika campuran kaya itu masuk ke ruang bakar mesin, akibatnya pembakaran akan berlangsung secara tidak sempurna. karena ada beberapa molekul bensin yang terbakar secara terlambat ada pula yang bahkan tidak terbakar sehingga ketika kita hirup polusi ini maka akan tercium bau bensin yang tidak terbakar.

    Terkandungnya bensin didalam polusi gas buang inilah yang memicu adanya polusi yang kita kenal dengan gas NOx. Gas ini bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tapi juga berbahaya bagi lingkungan jadi jangan anggap remeh masalah ini.

    selain dari campuran bensin, masalah pembakaran yang tidak sempurna ini juga bisa muncul akibat busi yang terlalu kotor. Kotoran busi akan mengganggu api yang terpercik pada ujung busi sehingga akan menimbulkan masalah seperti mesin yang susah dihidupkan, brebet hingga ngebul.

    Khusus pada mesin injeksi, yang menggunakan perhitungan berbasis komputer masalah ini mungkin akan jarang ditemui. Tapi, jangan salah mesin injeksi juga bisa mendapatkan masalah ini jika ada kerusakan pada salah satu sensor injeksi. Contohnya sensor MAF, atau mass air flow. Sensor ini akan mendeteksi berapa masa udara yang masuk ke mesin, jika data dari sensor MAF tidak akurat maka suplai bensin juga menjadi tidak akurat. Sehingga akan ada dua kemungkinan, campuran menjadi miskin atau justru kaya.

    Lantas bagaimana cara mengatasinya ? untuk mengatasi hal ini bisa anda simak pada artikel berikut Penyebab Dan Cara Mengatasi Asap Hitam Motor. Semoga bermanfaat.
     
  2. wafa

    wafa Member

    Joined:
    Jun 4, 2015
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    thanks gan artikel nya berguna buat atasi motor hitam asapnya.
     
Loading...

Share This Page