Jenis Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Campak

Discussion in 'Health & Medical' started by Ani Nuraeni, Sep 13, 2017.

  1. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    163
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Campak adalah infeksi virus menular. Penyakit ini ditandai dengan batuk, demam, batuk, konjungtivitis dan ruam pada kulit. Penyakit ini bisa menular karena secara tidak sengaja menghirup cipratan ludah dari penderita campak.


    Pasien bisa menularkan infeksi ini dalam 2-4 hari sebelum timbulnya terjadi ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada. Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3 tahun sekali, terutama dengan anak-anak prasekolah dan anak-anak di masa kecil. Jika seseorang menderita campak, dia akan kebal terhadap penyakit ini selama hidupnya.

    Penyakit campak ini disebabkan oleh infeksi Molbivirus dan menular saat bersentuhan langsung. Campak juga mempengaruhi pasien mengalami gangguan pernafasan dengan gejala seperti demam dan ruam kulit merah. Secara umum, penyakit ini akan cenderung menyerang anak kecil, namun orang dewasa juga memiliki kemungkinan campak. Jadi, hindari beberapa makanan yang dilarang saat campak sedang sakit.

    Berikut ini beberapa makanan yang dilarang saat sakit campak :

    1. Susu

    Susu itu buruk dan akan berdampak negatif pada penderita campak, terutama di fase pemulihan. Susu akan menyebabkan cairan lendir di saluran udara meningkat dan akan memperburuk gejala orang dengan campak. Untuk mengganti nutrisi dalam susu, Anda bisa menggunakan jus buah, yang notabene tidak akan menimbulkan efek samping pada penderita campak.

    2. Minuman berkarbonasi

    Minuman berkarbonasi, bila dikonsumsi setiap hari, membuat lambung anda keropos dan akan memperparah iritasi akibat campak. Selain itu, minuman soda juga mengandung gula yang sangat tinggi. Soda minuman juga akan menyebabkan gejala mual dan muntah pada pasien menjadi lebih parah.

    3. Makanan dalam kemasan

    Bahan yang terkandung dalam makanan kemasan tidak begitu baik untuk kesehatan pernafasan, karena jika Anda menderita penyakit campak, infeksi saluran pernapasan atas dan bawah Anda terinfeksi. Makanan kemasan biasanya mengandung garam, minyak sayur, pemanis buatan dan pengawet.

    4. Makanan cepat saji

    Makanan cepat saji juga mengandung garam tinggi dan akan buruk untuk pencernaan, makanan instan juga akan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan membuat penderita campak kekurangan cairan yang mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit.

    5. Telur

    Salah satu gejala campak adalah gatal dan ruam pada kulit penderita, dan menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan terhadap beberapa beberapa makanan. Telur malah akan memperparah gejala gatal dan ruam pada kulit penderita. Telur memang mengandung protein yang sangat tinggi, tetapi telur juga akan memperburuk keadaan dari gatal di kulit penderita.

    Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan dapat di pahami.
     
  2. dodolperak

    dodolperak Member

    Joined:
    Aug 25, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  3. Edwin Tan

    Edwin Tan New Member

    Joined:
    Sep 14, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasi buat info nya bro,
    anak ane emang lagi kena campak
     
Loading...

Share This Page