4 Perlakuan pada AC Mobil yang Akan Merusak Mobil Kita

Discussion in 'Otomotif' started by DokterMalta, Sep 14, 2017.

  1. DokterMalta

    DokterMalta New Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dari sekian banyak spare part mobil, AC mobil adalah bagian mobil yang paling rapuh dan mudah bermasalah. Masalah pada AC mobil akan menyebabkan hal-hal seperti :

    • AC mobil tidak dingin ataupun kurang dingin
    • AC mobil panas baik disertai angin maupun tidak
    • AC mobil bau (bau asem, bau bangkai, rokok, dan bau-bau lainnya)
    • AC mobil berisik
    • dan berbagai masalah pada AC mobil lainnya.


    [​IMG]

    Dari sekian banyak masalah tersebut, ternyata kerusakan pada AC mobil dapat merembet pada komponen lain mobil anda seperti sistem injeksi, mesin, kelistrikan, hingga kebakaran (yang tentu akan merusaka seluruh komponen mobil).

    Untuk mencegah terjadinya hal itu, sangat penting untuk menjaga agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik dan optimal. Namun sayangnya, berbagai perilaku buruk di dalam mobil justru menyebabkan rusaknya AC mobil tanpa disadari.

    Beberapa perilaku buruk tersebut di antaranya adalah :

    1- Merokok di dalam mobil ( baik itu saat AC menyala maupun tidak)
    Perilaku ini menyebabkan masalah AC mobil menjadi tidak dingin / kurang dingin. Juga menyebabkan munculnya bau rokok dan bau asem dari AC mobil.

    Pada beberapa kasus, perilaku ini juga menyebabkan AC mobil berisik akibat reaksi kimia asap rokok dan freon yang menciptakan lendir lengket di dalam kompresor dan evaporator.

    2- Parkir mobil sembarangan ( di bawah terik matahari )
    Perilaku ini menyebabkan freon AC mobil lama kelamaan berkurang kualitasnya sehingga tidak lagi mampu memberikan hawa dingin.

    3. Makan dan minum di dalam mobil

    Sebenarnya makan dan minum di dalam mobil boleh-boleh saja, namun pastikan kebersihan mobil (terutama lantai mobil) harus terjaga. Pastikan selalu rajin mencuci mobil dan juga cuci AC mobil untuk menghindari terjadinya pembentukan gel / lendir asam penyebab korosi pada kompresor dan evaporator serta kondensor. Gel / lendir ini tercipta dari remah makanan dan tumpahan cairan minuman yang masuk ke dalam saluran AC.

    4. Kebiasaan menaruh pengharum ruangan mobil terlalu dekat dengan blower AC
    Pengharum ruangan yang terlalu dekat dengan blower AC akan membuat aerosol pada pengharum akan mampu masuk ke dalam saluran AC. Hal ini akan membuat aerosol berubah menjadi gel yang berpotensi menyebabkan korosi pada AC mobil. Korosi pada AC mobil akan membuat masalah seperti AC mobil tidak dingin (akibat freon habis atau jumlahnya kurang) dan juga masalah AC mobil berisik karena terbentuknya gram-gram besi di dalam kompresor akibat korosi.

    Itulah beberapa perilaku yang secara umum dilakukan pemilik mobil dan menjadi sebab terjadinya masalah pada AC mobil kita.

    Semoga membantu

    Sumber : Blog Dokter Mobil
     
  2. dataeka

    dataeka Member

    Joined:
    Jan 18, 2015
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Gue sering nih kayak gini ahaha dan baru tahu kalau ini BIG NO. Untung sekarang pake yang gantungan wkwk kalau itug ak apa kan ya Den?
     
  3. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kebiasaan menaruh pengharum dekat AC sering ini saya lakukan. Oke mulai aku rubah ini kebiasaannya supaya AC mobil lebih awet
     
Loading...

Share This Page