#8 Ide Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Indonesia

Discussion in 'General Internet' started by Ari Kuncoro Mukti, Mar 24, 2017.

  1. Ari Kuncoro Mukti

    Ari Kuncoro Mukti Member

    Joined:
    Jul 29, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Anda hanya bisa ngeblog di blog berbahasa Indonesia karena terkendala kemampuan bahasa Inggris Anda? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dari blog tersebut karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut.

    Faktanya, penghasilan dari blog bahasa Indonesia tidak kalah dari blog berbahasa Inggris.

    Apa bisa menghasilkan uang dari blog untuk pemula? Apakah mungkin? Tidak ada yang tidak mungkin. Semua orang bisa sukses dari blog. Tidak peduli siapa sobat, apakah seorang pelajar, pengangguran, muda, tua, cewek, cowok. Asalkan bisa mengakses internet dan bisa menulis maka sukses dari blog tinggal masalah mau atau tidak mau.

    Pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mengalami peningkatan pesat, dan ini secara langsung memberikan peluang bagi banyak orang untuk mendapatkan uang dari internet. Kalau kita perhatikan, usaha online sudah menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Bagaimana tidak, beberapa pebisnis online yang saya kenal bisa memiliki penghasilan perbulan dengan jumlah yang bikin saya “menganga” – saking banyaknya. Tidak usah saya sebutkan angkanya, tapi jumlahnya berpuluh-puluh kali lipat dari gaji saya waktu masih kerja kantoran.

    Saya yakin sobat sudah sering denger kisah seorang blogger yang dapet gajian puluhan juta sampai ratusan juta perbulan hanya dari blog. Mungkin sobat menganggap blogger-blogger tersebut kerjanya cuma duduk di depan layar monitor terus uang datang dengan sendirinya.

    Memang benar perkerjaan seorang blogger itu cuma duduk di depan layar monitor, tapi uang yang mereka dapatkan nggak datang dengan sendirinya, melainkan hasil dari kerja kerasnya selama berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

    Sobat tentunya nggak perlu nunggu sampai sampai beberapa tahun supaya bisa ngasilin duit seperti saya. Satu tahun atau beberapa bulan saja menurut saya sudah bisa membuahkan hasil asal serius dan mau bekerja keras. Yang pasti nggak ada ceritanya baru belajar ngeblog terus besoknya langsung kaya raya.

    Mungkin kebanyakan dari kita akan tergiur ingin memulai bisnis onlinenya sendiri, padahal mereka belum tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Jika Anda adalah seorang internet marketer (pemasar online) yang ahli, mungkin untuk menghasilkan uang dari internet itu bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, beda ceritanya bila Anda masih pemula (newbie) di dunia online marketing. Jangankan mendapatkan uang, caranya aja masih bingung, sama seperti saya dulu hehehe.

    Topik ini memang sudah sering dibahas di berbagai media, baik itu media online ataupun media offline. Namun, menurut saya tetap saja masih banyak orang yang masih mencari dan terus menggali informasi tentang bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet. Tidak usah jauh-jauh, coba perhatikan time line teman-teman Anda di Facebook atau di Twitter, pasti banyak yang membicarakan topik ini. Bahkan ketika Anda sedang membaca artikel ini, Anda pasti sedang mencari informasi tentang cara mendapatkan uang dari internet.

    Baik, saya akan membahas beberapa jenis bisnis online yang bisa memberikan penghasilan. Beberapa dari yang saya bahas ini berdasarkan pengalaman saya, dan beberapa lainnya berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang juga berprofesi sebagai pengusaha online. Ok, berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang saya bangun.

    Cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula

    Di bawah ini adalah daftar 8 metode monetisasi paling populer yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

    Sebagian besar metode monetisasi di bawah ini sudah pernah saya lakukan, tapi ada beberapa yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

    Tapi yang jelas metode monetisasi di bawah ini adalah metode-metode yang sudah terbukti.

    1). Authority Blog

    Authority blog atau bisa disebut juga sebagai blog otoritas adalah jenis blog yang sangat cocok untuk sobat yang memiliki keahlian atau hobi yang bisa dibagikan ke orang banyak. Secara sederhana jenis blog ini merupakan sebuah blog yang fokus pada satu topik atau niche tertentu sesuai dengan hobi atau keahlian dari yang punya blog.

    Tujuan utama dari jenis blog ini adalah manjadi sumber informasi yang terpercaya dengan memberikan konten yang berguna dan bermanfaat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Karena konten yang disajikan begitu unik, original, serta berkualitas, jenis blog ini umumnya memiliki banyak pembaca setia.

    Menurut saya tidak harus. Sobat bisa membahas lebih dari satu topik asalkan topik tersebut masih berkaitan. Dan yang paling penting blog sobat harus memiliki satu topik utama. Contoh sederhana adalah blog saya ini. Blog ini sebenernya lebih ke blog personal dan saya bisa menulis apa saja, tapi saya memiliki satu topik utama, yaitu blogging.

    Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas, untuk memonetasi authority blog bisa menggunakan berbagai macam cara. Tapi meskipun begitu sobat tetap harus mencari cara yang benar-benar efektif.

    2). Memasarkan Jasa Atau Produk

    Ini artinya anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens anda. Saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, Diblog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan ya. Nah, si pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, Dia juga mendapatkan penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut, Sangat kreatif.

    3). Menawarkan Ruang Iklan Di Blog

    Sebuah blog yang memiliki traffik pengunjung besar biasanya lebih sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Pengalaman teman saya, ruang iklan mandiri di blog disewa dengan biaya Rp. 500 ribu - Rp. 1,5 juta untuk tiap iklan setiap bulannya, menurut saya itu lumayan.

    Yang wajib diperhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus sesuai dengan topik dari blog yang di bangun. Misalkan topik website anda tentang peluang usaha bisnis online, maka jenis iklan yang bisa anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche website tersebut.

    Sebanyaknya kita tidak menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche website kita karena ini akan membingungkan audiens dan biasanya konversinya jelek. Misalnya website anda tentang internet marketing, lalu anda memasang iklan dari adversiter yang mempromosikan produk penumbuh rambut.

    4). Mengikuti program afiliasi

    Bagi sobat yang belum punya produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.

    Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

    Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.

    5). Menyediakan program membership

    Program membership adalah salah satu metode monetisasi yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

    Tapi metode monetisasi ini sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan karena banyak blogger Indonesia maupun luar Negeri yang sudah membuktikannya.

    Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana sobat menyediakan konten premium di blog sobat dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

    6). Menjual Buku Sendiri

    Anda bisa menghasilkan uang dari blog Anda dengan menjual buku Anda, baik buku format cetak maupun digital (eBook). Buku cetak Anda ini bisa diterbitkan oleh penerbit lokal atau nasional, atau diterbitkan Anda sendiri (self-publishing).

    Di sisi lain, jika Anda menjual eBook, Anda tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku Anda atau mengeluarkan uang untuk menerbitkannya sendiri. Yang Anda lakukan adalah mengubah buku Anda dari MS Word ke format PDF. Metode pembayaran untuk eBook tersebut bisa melalui transfer uang ke akun bank Anda atau transfer dolar ke akun Paypal Anda.

    Apa pun format buku dan metode pembayarannya, buku yang hendak Anda jual haruslah berkualitas sehingga membantu pembaca blog Anda menyelesaikan masalahnya. Tentunya, Anda harus menyediakan waktu yang tidak sedikit untuk meriset, menulis, dan mengedit buku bermanfaat seperti itu.

    Secara pribadi, saya akan menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang dari 3 blog bahasa Indonesia saya. Untuk Blogodolar, saya berencana menjual sebuah ebook pada awal Desember 2014. Rilis buku untuk dua blog lain setelah bulan tersebut.

    7). Menjual Blog Anda

    Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu memantain blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.

    Menjual blog akan terasa sulit jika kita tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan teman yang bisa membantu menjual blog/ website. Pengalaman saya, menghubungi seorang broker atau pengantara akan sangat membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial. Dua dari website/blog affiliasi Amazon milik saya pernah terjual masing-masing $1000 dengan bantuan broker. Sebagian dari uang hasil penjualan website tersebut saya gunakan untuk modal membangun bisnis yang lain.

    8). Menjual Theme atau Plugin

    Untuk memperoleh uang, Anda bisa juga menjual theme atau plugin di blog Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membayar orang lain. Model theme dan plugin yang sering dijual blogger adalah:

    • Theme untuk AdSense, toko online, atau afiliasi Amazon
    • Plugin untuk membuat tabel responsif
    Keuntungan dari cara ini adalah uang langsung masuk kantong Anda. Adapun kelemahannya adalah Anda harus menginvestasikan uang yang relatif banyak jika Anda menggunakan jasa programer untuk membuatkan theme atau plugin Anda.

    Kesimpulan

    Jika bahasa Inggris menjadi kendala Anda, Anda jangan ragu untuk membuat blog bahasa Indonesia. Setidaknya ada 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia Anda.

    Meskipun demikian, jika Anda pemula, Anda harus fokus mencoba satu cara dulu agar hasilnya maksimal. Setelah itu, Anda melanjutkannya dengan mencoba cara lain sehingga sumber penghasilan Anda semakin banyak.

    Saran saya, jika memang sobat baru belajar ngeblog, maka jangan jadikan uang sebagai fokus utama. Soalnya saya yakin nggak butuh waktu lama sobat bakalan memutuskan untuk berhenti ngeblog.

    Untuk di awal-awal lebih baik fokus untuk belajar ngeblog dulu. Meskipun nggak menghasikan apa-apa, ngeblog masih memiliki banyak manfaat lain. Dari meningkatkan kemampuan menulis, jadi lebih melek teknologi, dan yang paling penting bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat.

    Referensi :
    http://arishahrukh.blogspot.com/2017/03/8-ide-cara-menghasilkan-uang-dari-blog-indonesia.html
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    awalnya bisa pasang ads sama afiliasi yang paling gampang
     
  3. Andri Uye

    Andri Uye Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    62
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Buat ane paling enak affiliasi gan. Tinggal pasang banner atau buat konten review terus tiba2 ada yg beli *happydancing*
     
  4. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,955
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Benar sekali om apa yang di jelaskan di atas.... sudah sangat sering sekali saya jumpai jika niatnya pertama di UANG maka paling lama 4 bulan udah nyerah, dan akhirnya tumbang.... yang paling penting belajarnya dulu...
     
  5. ariswin

    ariswin Member

    Joined:
    May 24, 2014
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Backlink di bersosial.com yahud gan
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ketika banyak konten masuk ke SERP google, maka jual apa aja di blog akan menghasilkan ko
     
Loading...

Share This Page